7 Cara Google Melindungi Privasi Penggunanya, Apa Sajakah?

Siapa tidak mengenal google? Perusahaan mesin pencari raksasa yang bermarkas di Mountain View California ini bukan perusahaan ecek-ecek yang dibangun dengan asal asalan. Mesin pencari yang digawangi oleh Larry Page dan Sergey Brin ini mampu mengalahkan yahoo, saudara tuanya di kopetisi mesin pencarian.

Cara Google Melindungi Privasi


Cara Google melindungi privasimu

Sebagai perusahaan besar, tentunya google tidak main-main dalam menjalankan bisnisnya, karena kesalahan sedikit bisa menyebabkan perusahaan besar ini digugat dengan nilai yang fantastis. Berikut ini 7 cara yang dilakukan google dalam melindungi data privasi penggunanya;

1. Menjaga password penggunanya tetap aman

Salah satu caranya dengan menggunakan fitur password manager, yaitu dengan mengingat dan menyimpan  password yang kalian buat untuk seluruh akun kalian. Dengan menggunakan fitur pemeriksaan kata sandi, cukup sekali klik akan diketahui apakah password yang kalian buat masih lemah atau sudah kuat, atau sudah pernah menggunakan password tersebut di beberapa situs.

2. Membiarkan google menghapus data kalian secara otomatis

Google memiliki fitur penghapusan otomatis untuk Riwayat Lokasi, Aktivitas Web & Aplikasi, dan Riwayat YouTube, yang memungkinkan kalian untuk memilih agar Google secara otomatis dan terus-menerus menghapus aktivitas dan riwayat lokasi kalian  setelah 3 bulan atau 18 bulan.

Kalian juga dapat mengontrol data apa yang disimpan di akun kalian dengan kontrol on / off yang mudah di Akun Google kalian, dan bahkan menghapus data kalian berdasarkan tanggal, produk, dan topik.

3. Mode Penyamaran

Dengan menggunakan mode penyamaran (Incognito), apapun aktitas online yang kalian lakukan tidak akan direkam oleh google, sehingga orang lainpun tidak akan bisa melacak berdasarkan history penjelajahan di komputer yang kalian gunakan.

4. Google Assistant

Google Assistant dapat digunakan sebagai kontrol privasi. Kalian dapat menggunakan perintah lisan
 "Hai Google, hapus semua yang saya katakan minggu lalu" untuk menghapus aktivitas Asisten dari Akun Google kalian, atau "Hai Google, itu bukan untuk kamu," untuk memberi tahu Asisten untuk melupakan apa yang didengarnya jika Asisten menanggapi sesuatu yang sebenarnya bukan pertanyaan atau permintaan. Dan untuk mempelajari bagaimana Google menjaga data pribadi kalian secara aman, tanyakan saja, "Hai Google, bagaimana Anda menjaga data saya aman?"


5. Chrome, browser penjelajah yang aman

Kalian akan terlindungi secara otomatis dari iklan jahat dan memperingatkan kalian sebelum kalian mengunjungi situs berbahaya atau mengunduh file yang mencurigakan. Google akan memperingatkan kalian jika nama pengguna dan kata sandi kalian telah dikompromikan dalam pelanggaran yang dikenal saat kalian mengunjungi sebuah situs.

6. Periksa pengaturan privasi di seluruh aplikasi dan perangkat kalian

Lakukan Pemeriksaan Privasi dan kalian akan dibantu google untuk memandu kalian melalui pengaturan privasi utama langkah demi langkah.

7. Kontrol iklan apa yang kalian lihat dari Google

Google tidak pernah menjual informasi pribadi kalian kepada siapa pun dan memberi kalian transparansi, pilihan, serta kontrol atas bagaimana informasi Kalian digunakan.  Google bertanggung jawab untuk menjaga data Anda tetap pribadi dan aman.

Belum ada Komentar untuk "7 Cara Google Melindungi Privasi Penggunanya, Apa Sajakah?"

Posting Komentar

Kisah Perjuangan "Joko Songo" Yang Gugur Dalam Menghadapi Tentara Belanda di Karanganyar

Lahirnya Badan Perjuangan Kelaskaran Dengan meletusnya Revolusi Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945 lahirlah bermacam-macam bada...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel