Melawan dan Memutus Rantai Penyebaran Virus Corona Covid-19

Sudah empat bulan masyarakat Internasional dilanda kepanikan, sejak kemunculan virus Corona Covid-19 untuk pertama kalinya di Wuhan, China. Kebijakan lockdown secara ketat yang dijalankan pemerintah China sukses menekan penyebaran virus Corona Covid-19 ini.

Melawan dan Memutus Rantai Penyebaran Virus Corona Covid-19

Hal yang sebaliknya terjadi di berbagai negara di luar China, di mana terjadi peningkatan kasus Corona Covid-19. Sebut saja Italy, hingga tulisan ini dibuat, Italy menghadapi 700 kematian lebih dalam sehari akibat pandemi virus Corona ini.

Setiap negara memiliki kebijakan masing-masing untuk menekan penyebaran Corona. Demikian juga dengan Pemerintah Indonesia yang belum memutuskan untuk mengambil langkah lockdown karena mempertimbangkan segala aspek dan karakteristik penduduknya.

Melawan dan Memutus Mata Rantai Penyebaran Virus Corona Covid-19

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk melawan dan memutus mata rantai penyebaran virus Corona, seperti berikut ini:

1. Physical Distancing

Ditinjau dari sisi ilmu virologi, Corona Covid-19 adalah virus yang tidak dapat bertahan hidup jika tidak ada media untuk ditumpanginya. Untuk bisa tersebar, virus ini terbawa oleh droplet yang dihasilkan dari bersin, atau batuk penderita Covid-19. Radius terbang virus Corona Covid-19 ini pun tidak terlalu jauh, hanya sekitar 1 meter. Jadi untuk memutuskan rantai penyebaran virus Corona Covid-19 ini adalah dengan melakukan "jaga jarak" dengan orang lain, menghindari kerumunan orang banyak dan tetap tinggal di rumah.

2. Perilaku bersih diri

Untuk menghadapi Corona, para ahli kesehatan dari WHO atau institusi kesehatan lainnya menekankan pentingnya untuk selalu mencuci tangan dengan sabun, atau jika tidak memungkinkan, maka dianjurkan menggunakan hand sanitizer. Jika Anda habis bepergian dari luar rumah karena suatu hal yang teramat penting, maka jangan menyentuh apapun, segeralah untuk mandi, dan cuci baju Anda dengan segera.


3. Perkuat Stamina dan Imunitas Tubuh Anda

Tubuh kita memiliki antibodi yang berfungsi sebagai pertahanan ketika tubuh kita diserang virus atau bakteri jahat. Dengan menjaga stamina serta imunitas tubuh, saat kita terpapar virus Corona Covid-19 maka kemungkinan untuk sembuh akan sangat besar. Hentikan kebiasaan merokok, dan begadang hingga larut malam. Konsumsi vitamin E dan C secara rutin untuk melawan Virus Anti Sosial ini.

4. Tumbuhkan Pikiran Positif 

Jatuhnya ribuan korban meninggal akibat Virus Corona Covid-19 ini memang berdampak kepanikan luar biasa baik dari sisi ekonomi maupun sosial. Negara sekelas Amerika pun dilanda panic buying akibat virus Corona Covid-19 ini. Mulai saat ini tumbuhkan pikiran positif bahwa virus Corona Covid-19 ini harus dikalahkan. Setiap ucapan dan pikiran adalah doa, sugesti. Jika Anda berpikir positif, maka hasilnya adalah positif. Sebaliknya jika Anda berpikir negatif maka yang terjadi kemudian juga akan negatif.

Mari bergandengan tangan  menjaga jarak satu sama lain untuk bersama-sama melawan pandemi Virus Corona Covid-19 ini. Ikuti anjuran Pemerintah untuk tetap tinggal di rumah demi kesehatan Anda dan keluarga Anda.


Baca juga:
Bagaimana Cara Mengenali Ciri-Ciri, Gejala serta Pencegahan Virus Corona Covid-19


Belum ada Komentar untuk "Melawan dan Memutus Rantai Penyebaran Virus Corona Covid-19 "

Posting Komentar

Kejiwaan Terganggu, Inilah Dampak Negatif Internet Bagi Anak dan Remaja

Saat ini, Internet bukan suatu hal yang sulit diakses, dengan teknologi 5G yang membuat kecepatannya semakin meningkat. Karena saking mudahn...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel