3 Cara Sederhana Untuk Mencegah Batu Ginjal dan Opsi Penyembuhan Batu Ginjal

Ketika seseorang mengidap batu ginjal, kita bisa merasakan betapa sakitnya, hingga mereka yang pernah mengalami sakit batu ginjal tidak akan pernah mau mengalaminya lagi. Kita perlu bersyukur,  ada langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk membantu mencegah batu ginjal yang sering menyerang pada saluran kemih ini.

3 Cara Sederhana Untuk Mencegah Batu Ginjal

Tips mencegah batu ginjal

1. Banyak minum air.

Yang harus selalu Anda ingat adalah, dehidrasi merupakan salah satu penyebab utama batu ginjal. Apalagi saat cuaca sedang panas, dehidrasi akan lebih mudah terjadi. Untuk itu Anda harus meningkatkan asupan cairan ke dalam tubuh Anda.

Minumlah setidaknya setengah liter cairan, satu hingga dua jam sebelum kegiatan di luar ruangan. Atau secara keseluruhan, minum setidaknya 2 liter setiap hari. Tanda-tanda dehidrasi termasuk kelelahan, kehilangan nafsu makan, kulit memerah, intoleransi panas, pusing, air seni berwarna gelap dan batuk kering.

2. Batasi asupan natrium 

Dengan membatasi asupan natrium akan mengurangi jumlah kalsium dalam air seni Anda, yang pada gilirannya akan mengurangi kecenderungan terbentuknya batu kalsium. Anda mungkin dapat melakukannya dengan berhenti menambahkan garam tambahan ke makanan Anda. Cara lain untuk membatasi natrium adalah dengan menghindari daging olahan, makanan yang asin (sup biasa, kotak atau kaleng, campuran mie atau nasi) dan camilan asin.

3. Mengkonsumsi lebih banyak jeruk, 

Konsumsi makanan yang kaya akan sitrat, termasuk jeruk, melon, lemon dan limau.

Batu ginjal juga lebih umum terjadi pada mereka yang memiliki riwayat keluarga, atau mereka yang sudah memilikinya.

Seorang ahli urologi bernama Manoj Monga, MD, FACS,  dia menekankan pentingnya hidrasi yang tepat dan diet yang sehat. "Batasi makanan yang tinggi protein, termasuk daging, telur dan ikan, serta makanan siap saji dan cepat, yang sering mengandung banyak garam," katanya.

Cara Mengetahui Anda menderita batu ginjal

Sayangnya, ada beberapa tanda bahwa batu ginjal terbentuk. Biasanya, Anda tidak tahu sampai batu ginjal mulai bergerak. Ketika ini terjadi, seseorang biasanya mengalami rasa sakit di punggung bagian atas yang dapat turun ke perut bagian bawah.

Hal yang menggembirakan adalah ketika batu ginjal muncul, Ada berbagai pilihan perawatan yang dapat Anda plih untuk mengatasi penyakit batu ginjal ini. Sebuah batu kecil dapat hadir selama bertahun-tahun tanpa memiliki gejala apa pun. Dan ketika ketidaknyamanan mulai terjadi, ada obat-obatan yang dapat diresepkan dokter untuk memungkinkan batu itu lewat secara alami.

Bagaimana menangani penyakit batu ginjal?

Agar obat-obat ini bekerja, harus ada diagnosis dini, kata Dr. Monga. Untuk batu yang lebih besar, ia melakukan berbagai prosedur bedah yang aman termasuk:
  1. Shock wave lithotripsy - prosedur rawat jalan yang menggunakan gelombang suara untuk menghancurkan batu ginjal menjadi bagian-bagian yang lebih kecil yang kemudian menyebar dengan sendirinya.

  2. Ureteroskopi - prosedur rawat jalan di mana ruang lingkup dimasukkan melalui ureter (pembukaan melalui mana urin lewat) dan laser digunakan untuk memecah batu; fragmen dikeluarkan dalam keranjang kecil, meskipun beberapa mungkin melewati urin.

  3. Nefrolitotomi perkutan - prosedur rawat inap yang melibatkan membuat sayatan kecil (sekitar satu inci) di punggung melalui mana batu yang lebih besar atau kurang dapat diakses dihilangkan;
Jika Anda memiliki gejala batu ginjal, konsultasikan dengan dokter Anda. Ada banyak cara untuk menemukan menyembuhkannya.


Belum ada Komentar untuk "3 Cara Sederhana Untuk Mencegah Batu Ginjal dan Opsi Penyembuhan Batu Ginjal"

Posting Komentar

Kisah Perjuangan "Joko Songo" Yang Gugur Dalam Menghadapi Tentara Belanda di Karanganyar

Lahirnya Badan Perjuangan Kelaskaran Dengan meletusnya Revolusi Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945 lahirlah bermacam-macam bada...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel