10 cara aman dan efektif untuk mengobati perut kembung

Perut kembung dapat dialami oleh siapa saja, dari bayi hingga lanjut usia pernah mengalami perut kembung. Perut kembung terjadi karena adanya udara atau gas yang berlebih pada saluran pencernaan . Tentunya kondisi ini mengakibatkan perasaan yang tidak nyaman karena perut terasa nyeri dan membesar. Berikut ini 10 cara aman dan efektif untuk mengobati perut kembung:

10 cara aman dan efektif untuk mengobati perut kembung

Baca juga: Yang Harus Dihindari Setelah Mencuci Tangan di Area Publik

1. Lakukan pijatan pada perut

Pijatan pada perut dapat membantu memperlancar pergerakan sistem pencernaan saat mencerna makanan.

2. Kompres perut

Lakukan kompres air panas pada perut dengan menggunakan air panas atau bantal elektrik. Anda juga dapat menggunakan botol air plastik yang diisi menggunakan air panas.

3. Dibawa berjalan-jalan

Saat perut anda kembung, Anda dapat berjalan-jalan ringan untuk meringankan otot-otot usus. Dengan berjalan maka maka akan membantu kerja usus dalam mengeluarkan gas yang terperangkap di saluran pencernaan.

4. Melakukan kentut atau sendawa

Anda dapat mencari tempat yang sepi untuk mengeluarkan gas yang ada di saluran pencernaan Anda dengan kentut atau bersendawa. Jika di dalam kamar, Anda juga dapat melakukan posisi menungging untuk membantu mengeluarkan gas di dalam saluran pencernaan Anda.

5. Minum teh pepermint

Teh pepermint mengandung mentol yang bersifat antipasmodik (reaksi otot) sehingga meningkatkan fungsi sistem pencernaan, sehingga dapat menyembuhkan perut kembung dengan cepat. Teh pepermint dapat merangsang sekresi asam pencernaan dan membantu mengeluarkan gas.

6. Makan pisang

Pisang mengandung potasium yang dapat membantu mengurangi perut kembung yang Anda alami

7. Minum Ekstrak Jahe

Jahe mengandung senyawa gingerol dan shogaol yang dapat membantu mengurangi peradangan usus. Jahe merupakan tanaman obat yang mudah dijumpai di sekitar kita.

8. Minum Minuman Probiotik

Minuman probiotik mengandung bakteri baik seperti lactobacillus yang dipercaya dapat mengurangi kembung di perut. Anda dapat membeli minuman probiotik di warung-warung atau gerai-gerai konvenience store di sekitar tempat tinggal Anda.

9. Minum Air Lemon

Air lemon berkhasiat membantu menstimulasi saluran pencernaan. Sistem pencernaan yang berfungsi dengan baik akan membantu mengurai makanan dengan lebih baik, menyerap lebih banyak nutrisi, dan mencegah perut kembung.

10. Hindari makanan yang berpotensi meningkatkan gas dalam lambung

Makanan yang meliputi kacang-kacangan, kol, bawang, brokoli, jamur, kembang kol, dan makanan yang terbuat dari gandum bisa meningkatkan gas di lambung yang dapat menyebabkan kembung.

Belum ada Komentar untuk "10 cara aman dan efektif untuk mengobati perut kembung"

Posting Komentar

Kisah Perjuangan "Joko Songo" Yang Gugur Dalam Menghadapi Tentara Belanda di Karanganyar

Lahirnya Badan Perjuangan Kelaskaran Dengan meletusnya Revolusi Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945 lahirlah bermacam-macam bada...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel