1 Dollar Berapa Rupiah, Kurs Rupiah Hari Ini, Mengenal Berbagai Mata Uang Asing

1 Dollar berapa rupiah

1 Dollar Berapa Rupiah

Untuk menjawab pertanyaan 1 dollar berapa rupiah, maka jawabannya adalah fluktuatif. Nilai mata uang rupiah terhadap dollar hari ini belum tentu sama dengan nilai mata uang rupiah terhadap dollar. Banyak sekali faktor yang menentukan fluktuasi nilai mata uang rupiah terhadap dollar.

Untuk mengetahui berapa kurs dollar terhadap rupiah HARI INI Anda dapat melihat pada tabel kurs di bawah ini:


Faktor yang mempengaruhi fluktuasi nilai kurs mata uang

Seperti telah disebutkan di atas bahwa nilai tukar mata uang  bersifat fluktuatif. Nilai tukar mata uang yang menguat akan menyebabkan meningkatnya nilai ekspor negara tersebut, sehingga lebih mahal, dan sebaliknya, impor dari negara lain lebih murah.

Seperti dikutip dari seputarforex.com, berikut merupakan faktor-faktor berpengaruh terhadap pergerakan nilai tukar mata uang antara dua negara:

1. Perbedaan Tingkat Inflasi Antara Dua Negara

Jika suatu negara memiliki tingkat inflasi yang secara konsisten rendah, maka akan lebih kuat nilai tukar mata uangnya jika dibandingkan dengan  negara yang memiliki tingkat inflasi yang lebih tinggi. Dengan demikian, daya beli mata uang tersebut relatif lebih besar dibandingkan dengan negara lain.

2. Perbedaan Tingkat Suku Bunga Antara Dua Negara

Faktor suku bunga, inflasi, dan nilai tukar sangat erat kaitannya. Dengan mengubah tingkat suku bunga, bank sentral suatu negara dapat mempengaruhi inflasi dan nilai tukar mata uang. Suku bunga yang lebih tinggi akan menyebabkan permintaan mata uang negara tersebut meningkat. Investor domestik dan luar negeri akan tertarik dengan return yang lebih besar. Namun ketika yang terjadi adalah inflasi yang tinggi, maka investor akan keluar, hingga bank sentral menaikkan suku bunganya lagi. Sebaliknya, ketika bank sentral menurunkan nilai suku bunga, maka akan cenderung memperlemah nilai tukar mata uang negara tersebut.

3. Neraca Perdagangan

Neraca perdagangan di antara dua negara berisi semua pembayaran dari hasil jual beli barang dan jasa negara tersebut. Defisit neraca perdagangan suatu negara terjadi, bila negara tersebut membayar lebih banyak ke negara partner dagangnya dibandingkan dengan pendapatan yang diperoleh dari negara partner dagang.

Dalam hal ini negara tersebut membutuhkan lebih banyak mata uang dari negara partner dagang, sehingga menyebabkan nilai tukar mata uang negara tersebut terhadap negara partnernya melemah. Sebaliknya,  neraca perdagangan suatu negara dinyatakan surplus, ketika nilai tukar mata uang negara tersebut menguat terhadap negara partner dagang.

4. Hutang Publik (Public Debt)

Proyek-proyek untuk kepentingan publik dan pemerintahan dibiayai dari neraca anggaran domestik suatu negara. Jika anggaran mengalami defisit maka public debt menjadi membengkak. Tingginya Public debt akan menyebabkan kenaikan inflasi.

Defisit anggaran bisa ditutup dengan menjual bond pemerintah atau mencetak uang. Keadaan bisa memburuk bila hutang yang besar menyebabkan negara tersebut default (gagal bayar) sehingga peringkat hutangnya turun. Public debt yang tinggi jelas akan cenderung memperlemah nilai tukar mata uang negara tersebut.

5. Ratio Harga Ekspor Dan Harga Impor

Nilai tukar mata uang negara cenderung menguat jika harga ekspor meningkat lebih cepat dari harga impor. Permintaan akan barang dan jasa dari negara tersebut naik yang berarti permintaan mata uangnya juga meningkat. Sebaliknya, harga impor yang naik lebih cepat dari harga ekspor.

6. Kestabilan Politik Dan Ekonomi

Para investor tentu akan mencari negara yang memiliki kinerja ekonomi bagus dan stabilnya kondisi politik suatu negara. Negara yang kondisi politiknya tidak stabil akan cenderung beresiko tinggi sebagai tempat berinvestasi. Keadaan politik akan berdampak pada kinerja ekonomi dan kepercayaan investor, yang pada akhirnya akan mempengaruhi nilai tukar mata uang negara tersebut.

Mengenal berbagai mata uang asing

Untuk kode Mata Uang yang digunakan adalah sebagai berikut:


AUD ; Australian Dollar / Dollar Australia

AUD (Dolar Australia) adalah singkatan mata uang untuk dolar Australia (AUD), mata uang untuk Persemakmuran Australia. Dolar Australia terdiri dari 100 sen dan sering disajikan dengan simbol $, A $, atau AU $. Dolar Australia juga merupakan mata uang untuk negara-negara Pulau Pasifik di Nauru, Tuvalu dan Kiribati.

CAD ; Canadian Dollar / Dollar Kanada

CAD, dijuluki "loonie", adalah singkatan mata uang atau simbol mata uang yang digunakan untuk menunjukkan dolar Kanada. Satu dolar Kanada terdiri dari 100 sen dan sering disajikan sebagai C $ untuk membedakannya dari mata uang lain dalam mata uang dolar, seperti dolar AS. CAD adalah mata uang resmi Kanada dan dianggap sebagai mata uang acuan, artinya banyak bank sentral di seluruh dunia menyimpan dolar Kanada sebagai mata uang cadangan.

CHF : Confoederatio Helvetica / Switzerland Franc

CHF adalah singkatan mata uang untuk mata uang Swiss, franc Swiss. Singkatan "CHF" berasal dari nama Latin negara itu, "Confoederatio Helvetica," dengan "F" singkatan dari "franc." Franc Swiss secara resmi diakui sebagai mata uang Swiss pada bulan Mei 1850, ketika menggantikan beberapa mata uang yang dikeluarkan oleh berbagai kanton.

Swiss terdiri dari 26 kanton yang berbeda - atau negara anggota - dan ada empat bahasa resmi: Jerman, Prancis, Italia, dan Romansh. Franc Swiss adalah salah satu dari beberapa karakteristik pemersatu negara; itu juga hukum di Kerajaan Liechtenstein. Konstitusi Federal Swiss tahun 1848 menetapkan bahwa hanya pemerintah federal yang diizinkan mengeluarkan uang, dan franc diperkenalkan dua tahun kemudian.

Ada total 72,255 triliun Swiss franc yang beredar rata-rata pada tahun 2016, menurut Bank Nasional Swiss.

DKK ; Danish Krone / Krone Denmark 

DKK adalah kode mata uang di pasar valuta asing (valas) untuk krone Denmark. Krone adalah mata uang resmi Denmark serta provinsi Greenland dan Kepulauan Faroe. Krone terbagi menjadi 100 øre dan dipatok ke euro. Tanda mata uang adalah kr, seperti pada kr100, artinya 100 kroner (jamak).

EUR, Euro

EUR adalah kode mata uang yang digunakan dalam industri umum untuk mewakili euro, mata uang resmi untuk 19 dari 28 anggota Uni Eropa (UE). Akan ada 27 negara di UE ketika Inggris meninggalkan UE sebagai hasil referendum Brexit


GBP, British Pound Sterling

GBP adalah kependekan dari British pound sterling, mata uang resmi Britania Raya dan wilayah yang menjadi kekuasaanya termasuk; Wilayah Luar Negeri Inggris Georgia Selatan, Kepulauan Sandwich Selatan, dan Wilayah Antartika Britania dan dependensi mahkota Inggris Raya Pulau Man dan Kepulauan Channel. Zimbabwe juga menggunakan pound. Banyak mata uang lainnya dipatok ke pound Inggris, termasuk pound Kepulauan Falkland, pound Gibraltar, pound Saint Helenian, pound Jersey (JEP), pound Guernsey (GGP), pound Manx, Skotlandia. dan Irlandia Utara.

HKD, Hong Kong Dollar

HKD adalah singkatan untuk dolar Hong Kong, mata uang resmi Hong Kong, yang merupakan salah satu mata uang paling diperdagangkan secara global. HKD digunakan di Hong Kong dan wilayah tetangga Macau, yang mata uangnya, Pataca, dipatok dengan dolar Hong Kong.

JPY, Japanesse Yen

JPY adalah singkatan mata uang atau simbol mata uang untuk yen Jepang (JPY), mata uang untuk Jepang. Yen terdiri dari 100 sen atau 1000 rin dan sering disajikan dengan simbol yang terlihat seperti huruf kapital Y dengan dua garis mendatar di tengah. Yen awalnya diperkenalkan oleh pemerintah Meiji sebagai langkah untuk memodernisasi negara secara ekonomi.

NOK/ Norwegian Krone

Krone Norwegia (NOK) adalah mata uang resmi Norwegia dengan regulasi dan sirkulasi yang dikendalikan oleh bank sentral negara itu, Bank Norges. Bank mengeluarkan total delapan seri uang kertas, termasuk Oktober 2018, mengeluarkan 50 krone dan 500 krone baru. Konsumen masih dapat menggunakan uang kertas 50-krone dan 500-krone dari seri sebelumnya hingga 18 Oktober 2019.

Krone Norwegia, atau kroner untuk istilah jamak, dibagi lagi menjadi 100 øre. Kata krone diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai mahkota. Koin datang dalam denominasi 1, 5, 10, dan 20 krone dan uang kertas muncul dalam denominasi 50, 100, 200, 500, dan 1.000 kroner. Kode mata uang untuk NOK adalah "ISK," dan simbol mata uang adalah "kr."

NZD, New Zealand Dollar

Dolar Selandia Baru (NZD) adalah mata uang Selandia Baru. NZD terdiri dari 100 sen dan sering diwakili oleh simbol $ atau NZ $ untuk membedakannya dari mata uang lain yang berbasis dalam dolar. Uang itu juga digunakan di Kepulauan Cook, Niue, Tokelau, dan Kepulauan Pitcairn. Dolar Selandia Baru sering sering disebut sebagai kiwi karena burung nasional ditemukan dicap pada koin satu dolar.

SAR, Saudi Arabiya Riyal

SAR adalah singkatan mata uang untuk Saudi Riyal, yang merupakan mata uang resmi Arab Saudi. Saudi Riyal terdiri dari 100 halala atau 20 ghirsh, dan sering disajikan dengan simbol SR. Riyal Saudi dipatok ke Dolar AS pada sekitar 3,75 SR.

SEK, Swedish Krona

SEK adalah kode mata uang untuk krona Swedia, mata uang untuk Swedia. Krona Swedia terdiri dari 100 ore dan sering disajikan dengan simbol kr. Krona, yang berarti "mahkota" dalam bahasa Inggris, juga dikenal di Swedia sebagai "spänn" atau "kosing." Swedia tidak memiliki upah minimum, tetapi kronanya tetap kuat.


SGD, Singapore Dollar

SGD adalah kode mata uang untuk mata uang Singapura, dolar Singapura. Kode ini digunakan di pasar mata uang, juga dikenal sebagai pasar valuta asing, yang merupakan pasar keuangan terbesar di dunia dan memiliki volume rata-rata harian lebih dari US $ 5 triliun.

Dolar Singapura, yang dilambangkan dengan S $, terdiri dari 100 sen. Denominasi dolar Singapura termasuk uang kertas dua, lima, 10, 20, 50, 100, 1.000, dan 10.000, serta koin 5, 10, 20, dan 50 sen serta koin S $ 1.

USD, United States Dollar

USD adalah singkatan untuk Dolar A.S., mata uang resmi Amerika Serikat dan utama di dunia.


Kredit:
https://www.investopedia.com/

Belum ada Komentar untuk "1 Dollar Berapa Rupiah, Kurs Rupiah Hari Ini, Mengenal Berbagai Mata Uang Asing"

Posting Komentar

Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Lewat SAMSAT, Indomaret, Tokopedia dan Aplikasi Online

Membayar pajak adalah kewajiban bagi setiap warga negara tanpa kecuali, karena dengan pajak itulah negara bisa membangun sarana dan prasaran...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel