Ternyata Ini Penyebab dan Dampak Negatif Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja

Pergaulan sebagai wujud interaksi sesama manusia

Tidak dapat dipungkiri bahwa manusia sebagai homo sapiens membutuhkan interaksi satu sama lain dalam sebuah aktivitas yang disebut sebagai pergaulan. Dengan pergaulan kita bersosialisasi satu sama lain, dengan tidak memandang jenis kelamin baik laki laki ataupun perempuan.

Namun, ada kalanya pergaulan yang dilakukan terkadang melampui batas batas norma yang ada di dalam masyarakat. Pergaulan bebas inilah yang seringkali membawa dampak negative terhadap para pelakunya.

Pelaku pergaulan bebas pada umumnya didominasi dari kalangan usia remaja. Di usia remaja, cenderung memiliki kesenangan untuk berkumpul dan bersosialisasi dengan teman temannya. Hal ini kemudian diperparah dengan mudahnya mengakses konten negative yang bertebaran di internet. Pergaulan di kalangan remaja ini kemudian menjadi semakin tidak terkontrol dan sebebas bebasnya.

Dampak Negatif Pergaulan Bebas

Penyebab Pergaulan Bebas

Berikut adalah beberapa hal yang menjadi penyebab terjadinya pergaulan bebas:

1.Faktor orang tua

Orang tua menjadi titik sentral utama dari meningkatnya pergaulan bebas ini karena fungsi Pendidikan dan pengawasan anak sejatinya melekat pada  diri orang tua. Bahwa Pendidikan tidak hanya menjadi tugas guru di sekolah tetapi juga tugas orang tua dalam mendidik anaknya di sekolah. Orang tua yang sibuk ketika mencari nafkah cenderung melalaikan dalam memberi perhatian dan kasih sayang terhadap anak sehingga anak pun kemudian mencari pelampiasan di luar rumah dan terjerumus ke dalam pergaulan bebas.

2.Faktor lingkungan sekitar

Lingkungan yang rusak dan tidak sehat cenderung dapat mendorong anak untuk melakukan pergaulan bebas dan melakukan hal-hal yang negatif karena kurangnya wawasan dan fungsi kontrol dari orang tua.

3.Pengaruh konten negatif internet

Melimpahnya konten negatif yang bertebaran di internet memberikan kontribusi sangat tinggi terhadap perkembangan anak hingga pada akhirnya terjerumus melakukan pergaulan bebas. Sekalipun Kominfo sudah menerapkan filtering internet sehat, konten negatif tersebut masih bisa diakses dengan mudah.

4.Kurangnya wawasan dan pendidikan terkait kesehatan reproduksi

Membicarakan kesehatan reproduksi seringkali dianggap tabu untuk didiskusikan di rumah maupun di sekolah. Sehingga akhirnya rasa ingin tahu anak remaja tersebut menyebabkan dirinya untuk mencari tahu sendiri tanpa bimbingan orang tua.

5. Pemahaman agama yang minim serta lunturnya adat ketimuran

Pengetahuan agama bukan jaminan bahwa seseorang tidak terjerumus untuk melakukan tindakan negatif tetapi pengetahuan agama akan membentengi seseorang untuk berbuat yang tidak baik. Di samping itu adat dan budaya ketimuran yang selama ini melekat dalam diri kita juga semakin luntur dan  tergerus oleh perkembangan jaman. Sopan santun, ramah tamah, dan etika menjadi hal yang langka di masyarakat kita.

Dampak Negatif Pergaulan Bebas

Berikut adalah dampak negatif dari pergaulan bebas

1. Kehamilan di luar nikah

Dampak negatif dari pergaulan bebas yang paling umum dan sering terjadi adalah kehamilan di luar nikah. Ketika hal ini terjadi maka remaja tersebut akan berusaha mencari cara untuk melakukan aborsi untuk menggugurkan kandungannya. Yang miris, umumnya aborsi dilakukan oleh seseorang yang tidak memiliki kompetensi di bidang kesehatan atau memiliki ijin yang terkait. Hal ini menimbulkan permasalahan kesehatan pada diri si remaja tersebut seperti sulit mendapatkan keturunan ketika menikah sampai resiko kematian.

Selain aborsi, ketidak siapan remaja dalam menghadapi kehamilan di luar nikah seringkali memicu cekcok dengan pasangannya, dan tidak jarang karena si pasangan gelap mata sehingga memicu tindak pidana pembunuhan,  karena belum siap untuk menghadapi kehamilan tersebut.

 2. Tingginya angka drop out/ putus sekolah

Putus sekolah merupakan dampak negatif pergaulan bebas. Remaja yang malas belajar karena terpengaruh oleh ajakan temannya untuk sekedar nongkrong atau aktifitas yang tidak bermanfaat lainnya.

3. Angka kriminalitas tinggi

Pendidikan yang rendah, kemiskinan, pengaruh obat obatan terlarang merupakan dampak negative pergaulan bebas yang pada akhirnya memicu tingginya angka kriminalitas. 

4. Meningkatnya penyakit sosial di masyarakat

Meningkatnya penyakit sosial merupakan dampak negatif pergaulan bebas yang tidak bisa kita pungkiri. Berkurangnya rasa empati dan belas kasih akibat watak dan egoisme yang tinggi yang lebih mementingkan diri sendiri dan cuek dengan keadaan di sekitarnya, tidak peduli asalkan senang, sifat hedonisme, dan melakukan segala macam cara buruk untuk mendapatkan apa yang diinginkan.


5. Masalah kesehatan secara global

Merebaknya penyakit menular seperti HIV/AIDS, Hepatitis, dan penyakit kelamin merupakan dampak negatif pergaulan bebas yang diakibatkan merosotnya nilai nilai moral di masyarakat dan kurangnya pengetahuan di bidang kesehatan..

Demikian ulasan terkait beberapa penyebab dan dampak negatif pergaulan bebas. Semoga dapat memberikan manfaat dan menambah pengetahuan kita semua.


Belum ada Komentar untuk "Ternyata Ini Penyebab dan Dampak Negatif Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja"

Posting Komentar

Meminta Sumbangan Pembangunan Masjid Di Tengah Jalan, Tidak Adakah Cara Yang Lebih Baik?

Artikel ini saya buat sebagai sikap kritis saya atas maraknya penggalangan dana untuk pembangunan masjid yang dilakukan di tengah jalan. Say...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel