Adab dan Tata Cara Berdoa, Waktu Serta Tempat Yang Baik Untuk Berdoa

Konten [Tampil]
Berdoa merupakan salah satu bentuk komunikasi antara manusia dengan pencipta-Nya, dengan memohonkan suatu permintaan dengan harapan dapat dikabulkan. Namun untuk berdoa sendiri, ada adab dan tata cara berdoa yang harus dipenuhi. Berikut ini merupakan Adab dan Tata Cara Berdoa, Waktu Serta Tempat Yang Baik Untuk Berdoa,


Adab berdoa


Tata Cara Berdo'a 


1. Menghadap kiblat 

Hal ini sesuai dengan sebuah hadist  yang menyatakan "Rasulullah datang ketempat wuquf di Arafah dan ia menghadap kiblat lalu terus menerus berdo'a sehingga tenggelam matahari"

2. Membaca Hamdalah atau pujian, Istighfar dan Shalawat 

Ada salah seorang Sahabat Nabi berkata : "Ketika Nabi Muhammad saw duduk di masjid, tiba-tiba datang seorang laki-laki masuk, lalu ia shalat. Setelah selesai ia membaca doa,'Allahummaghfirlii warhamnii'. Maka waktu itu Rasulullah pun berkata, wahai kawan, engkau terburu-buru. Jika Engkau shalat, duduklah dahulu kemudian bacalah puji-pujian kepada Allah. Karena dia yang memiliki pujian itu, lalu Engkau baca shalawat kepadaku kemudian baru berdo'a .

Kemudian datang seorang yang lain setelah shalat ia memuji Allah dan membaca shalawat untuk Nabi Muhammad saw. dan setelah itu Nabi bersabda, Berdo'alah akan dipenuhi."

3. Dengan suara lembut dan rasa takut. 

Firman Allah SWT yang berbunyi, "Berserulah (Berdo'a) kepada Tuhanmu dengan merendahkan diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orangorang yang melampaui batas. Dan janganlah engkau berbuat kerusakan dibumi sesudah (Allah SWT ) memperbaikinya, dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak diterima) dan harap (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik." (Q.S. Al A'raf : 55-56)

4. Yakin akan dipenuhi 

Di dalam berdoa kita harus memiliki keyakinan dan berprasangka baik kepada Allah, seperti hadist berikut ini : "Sesungguhnya Allah 'Azza wa Jalla berfirman : Aku akan mengikuti prasangka hamba-Ku kepada-Ku. Dan Aku selalu menyertainya apa bila ia berdoa kepada-Ku.

A. Waktu terbaik untuk berdo’a 

  1. Di antara azan dan Iqamat. 
  2. Menjelang datangnya waktu shalat dan sesudahnya. 
  3. Di saat sepertiga malam yang terakhir. 
  4. Di sepanjang hari jum'at 
  5. Di antara waktu Dzuhur dan Ashar, serta di antara waktu Ashar dan Maghrib 
  6. Ketika Khatam membaca Al-Qur'an 
  7. Di saat turun hujan. 
  8. Ketika melakukan Tawaf. 
  9. Ketika menghadapi musuh di medan perang. 
  10. Dalam berdo’a sebaiknya mengulang hingga 3 (tiga) kali. 

B. Tempat-tempat yang baik untuk berdo'a 

  1. Di depan dan di dalam Kabah. 
  2. Di masjid Rasulullah saw. 
  3. Di belakang makam Nabi Ibrahim as. 
  4. Di atas bukit Safa dan Marwah. 
  5. Di Arafah, di Muzalifah, di Mina dan di sisi jamarat yang tiga. 
  6. Di tempat-tempat yang mulia lainnya seperti Masjid atau Mushalla.
Demikian, Adab dan Tata Cara Berdoa, Waktu Serta Tempat Yang Baik Untuk Berdoa, semoga dapat menambah khasanah keilmuan kita semua, Aamiin

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak