Adab dan doa masuk rumah

Adab dan doa masuk rumah

Islam sebagai agama Rahmatan Lil 'alaamin memiliki tuntunan yang sangat lengkap untuk dilaksanakan segenap muslim, dengan selalu mencontoh perilaku dan suri tauladan Nabi Muhammad SAW. Demikian juga bagaimana beliau mencontohkan adab masuk rumah.

doa masuk rumah


Mungkin terlihat sepele, hingga masuk rumah pun ada adab yang harus dijalankan, namun demikianlah indahnya kehidupan dalam agama Islam, hingga hal sekecil apapun sudah ada tuntunannya. 

Berikut ini adalah adab dan doa masuk rumah;

1. Mengetuk pintu tidak terlalu keras

Janganlah mengetuk pintu terlalu keras karena dapat mengganggu penghuni rumah. Tentunya tidak nyaman ketika kita sedang beristirahat ada orang yang menggedor pintu rumah dengan keras. Jika memang terdapat bel, maka pencetlah bel dengan tenang dan tidak berulang-ulang agar tidak mengganggu penghuni rumah.

2. Ucapkan salam

Ucapkan salam saat hendak masuk ke dalam rumah. Penghuni rumah akan segera mengetahui ada orang di luar rumah saat mendengarkan ucapan salam, atau Anda juga dapat berdehem dan bersuara dengan sepatu atau sendal yang digunakan. Pada intinya memberitahukan kepada penghuni rumah bahwa ada orang sedang berada di luar rumah.

Tiap salam yang kita ucapkan adalah doa, sehingga saat penghuni rumah membalas salam Anda, maknanya adalah saling mendoakan, dan mempererat silaturahmi serta mendapatkan limpahan berkah dari Allah SWT.

3. Membaca doa masuk rumah

Bacaan doa masuk rumah:

بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا ، وَعَلَى اللهِ رَبَّنَا تَوَكَّلْنَا

“Bismillahi walajnaa wa bismillahi kharajnaa wa-alallaahi rabbina tawak-kalnaa”

Arti doa masuk rumah:

"aku masuk dan keluar rumah, dengan menyebut nama Allah, serta kepada-Nya sebagai  Tuhan (pengatur alam semesta raya) aku berserah diri."

4. Mendahulukan kaki kanan

Ketika selesai membaca do'a di atas, masuklah ke dalam rumah dengan mendahulukan kaki kanan, sesuai yang dituntunkan oleh baginda Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.eliau,

Dengan selalu mengikuti tuntunan beliau, semoga kita dimasukkan ke dalam golongan umatnya.

Do'a Keluar Rumah

Tidak hanya saat kita masuk ke dalam rumah, ketika kita hendak keluar rumah pun kita dianjurkan untuk berdoa. Tujuannya agar kita senantiasa dilindungi selama kita berada di luar rumah serta mendapatkan keberkahan atas apa yang kita lakukan di luar rumah. Oleh karenanya, membaca do'a keluar rumah sangat dianjurkan untuk kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Agar mengetahui lebih lanjut bagaimana bacaan, arti serta sunnah yang sebaiknya dilakukan sebelum keluar rumah silahkan klik di sini


Belum ada Komentar untuk "Adab dan doa masuk rumah"

Posting Komentar

Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Lewat SAMSAT, Indomaret, Tokopedia dan Aplikasi Online

Membayar pajak adalah kewajiban bagi setiap warga negara tanpa kecuali, karena dengan pajak itulah negara bisa membangun sarana dan prasaran...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel