Bacaan Doa Ketika hujan dan Manfaat Hujan Untuk Kehidupan Manusia

Hujan adalah berkah, bukan musibah

Hujan merupakan proses alam yang pembentukannya berasal dari sirkulasi yang berawal dari pemanasan bumi, yang kemudian mengakibatkan terjadinya penguapan dan pembentukan awan hujan, dan menjadi hujan.



Bacaan Doa Ketika hujan dan Manfaat Hujan Untuk Kehidupan Manusia

Seringkali sebagian orang mengeluh ketika hujan turun, karena merasa terganggu aktifitasnya, tanpa mereka menyadari bahwa hujan sebenarnya adalah berkah yang sedang diturunkan untuk umat manusia.

Jika kemudian terjadi banjir, maka itu adalah ulah manusia sendiri yang salah dalam mengelola sumber daya alam, bukan salah hujan. Sudah sepatutnyalah kita berdo'a ketika turun hujan, sebagai ungkapan rasa syukur kita terhadap karunia Allah Subhanahu Wata'ala.

Bacaan doa ketika hujan

Ketika turun hujan ada sebuah doa yang selayaknya kita panjatkan agar mendapatkan manfaat, seperti yang disunahkan sejak zaman Nabi Muhammad SAW.

Doa ini sesuai dengan Hadis Riwayat Al Bukhari nomor 1032 yang berbunyi:

إِنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلمكَانَ إِذَا رَأَى الْمَطَرَ قَالَ اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً 

"Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan, "Allahumma shoyyiban nafi'an" [Ya Allah turunkan lah pada kami hujan yang bermanfaat]

Dari hadis tersebut, diambil doa yang dapat diucapkan saat turun hujan yakni:

اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً
Allahumma shoyyiban nafi'an

Artinya:
"Ya Allah, turunkan hujan yang bermanfaat (untuk makhluk hidup: manusia, tumbuhan, dan hewan).

Manfaat hujan

Hujan memberikan kita banyak sekali manfaat, baik yang kita sadari atau tidak kita sadari. Dikutip dari ilmugeografi.com, ada beberapa manfaat dari hujan bagi kehidupan manusia antara lain sebagai berikut:

Menyuburkan tanaman

Hujan memberikan kesuburan terhadap tanaman. Hal ini merupakan fakta yang tidak dapat dibantah dengan dalil ilmu apapun, karena tumbuh- tumbuhan sangat membutuhkan air untuk tumbuh dan berkembang. Karena air akan berperan sebagai media yang sangat dibutuhkan bagi tumbuh- tumbuhan untuk tumbuh dengan subur.

Air yang cukup diterima oleh tumbuhan akan menyebabkan tumbuhan tersebut tumbuh subur dan juga mudah berkembang. Jadi tidak mengherankan bila saat musim penghujan tiba maka kita melihat tumbuh- tumbuhan akan lebih subur dibandingkan ketika musim kemarau tiba. Dan kita juga bisa melihat bahwa ketika musim penghujan tiba maka lingkungan di sekitar kita menjadi lebih hijau serta lebih subur dibandingkan sebelumnya.


Persediaan air minum

Manfaat lain dari hujan adalah sebagai salah satu penyedia air minum. Meskipun kita telah mengetahui bahwasannya air minum biasanya diambil dari sumber air yang ada di dalam tanah atau dari daerah pegunungan, namun ternyata air minum juga bisa disediakan dari air hujan. Namun air hujan yang akan dijadikan air minum ini perlu diolah terlebih dahulu agar bersih dan juga terhindar dari berbagai macam penyakit.

Selain itu kandungan kadar asam yang terkandung di dalam air hujan juga perlu diturunkan supaya bisa aman dikonsumsi oleh perut manusia. Pemakaian air tanah dapat kita hemat dengan cara mengolah air hujan menjadi air minum, sehingga persediaan air tanah akan cukup digunakan untuk waktu yang lebih lama.


Sebagai sumber perekonomian sebagian masyarakat

Bagi sebagian masyarakat, momen turunnya hujan dapat dimanfaatkan untuk menambah penghasilan. Ada berbagai cara yan dilakukan seperti misalnya profesi ojek payung, taksi, ataupun bagi orang- orang yang menjual beberapa perlengkapan hujan. Dengan demikian orang- orang ini akan mendapatkan penghasilan lebih ketika musim hujan datang.

Selain profesi- profesi yang telah disebutkan di atas, ada pula beberapa penjual makanan yang laris apabila berjualan di musim penghujan. Misalnya adalah penjual makanan- makanan serba hangat. Penjual makanan hangat akan lebih banyak mendapatkan penghasilan ketika musim hujan tiba. Karena biasanya orang- orang akan mencari makanan yang serba hangat ketika hujan sedang turun.


Mendukung keberhasilan dalam bercocok tanam

Hujan memiliki manfaat yang tidak kalah pentingnya dengan cara bercocok tanam. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa pertumbuhan tanaman dan kesuburannya sangat bergantung kepada air. Dan hujan pun menurunkan air yang akan membuat tanaman- tanaman tersebut menjadi subur. Oleh karena itulah hujan juga akan menyuburkan tanaman- tanaman termasuk juga tanaman yang ditanam oleh para petani. Sebagian besar masyarakat di Indonesia mempunyai  profesi sebagai petani, dengan demikian hujan akan sangat menguntungkan petani. Petani tidak perlu repot- repot  membeli air untuk menyirami tanaman karena sudah ada hujan yang turun.


Sumber tenaga listrik

Curah hujan yang melimpah hujan dapat dimanfaatkan secara tidak langsung sebagai sumber tenaga listrik. Dengan curah hujan yang tinggi, maka akan menghasilkan debit air yang tinggi pula. Kita dapat membangun Pembangkit Listrik Mikro Hidro untuk skala kecil, dan PLTA untuk skala yang lebih besar lagi.


Menghemat air tanah

Seperti di jelaskan pada poin sebelumnya di atas bahwa hukan bermanfaat untuk menghemat dalam penggunaan air tanah. Kita semua tahu banyak sekali fungsi yang diperoleh dari air hujan. Oleh karena air hujan ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, maka kita akan dapat menghemat penggunaan air tanah. Kita dapat memakai air hujan untuk menyirami tanaman dan tidak menggunakan air tanah. Kemudian kita bisa mengolah air minum dari air hujan dan menghemat penggunaan air tanah. Selain itu kita juga bisa memanfaatkan air hujan untuk hal- hal lainnya sebagai alternatif penggunaan air tanah.


Menjaga kelangsungan hidup manusia

Air sangat dibutuhkan keberadaannya untuk masnusia dan dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal. Demikian pula hujan. Untuk itu tidak dapat kita pungkiri bahwa hujan yang turun merupakan suatu berkah dari Allah Subhanallahu Wata'ala. Dan itu memanglah benar. Salah satu berkah yang dapat dirasakan oleh manusia bahwa keberadaan hujan ini adalah untuk menjaga kelangsungan hidup manusia.


Memperbaiki kualitas udara

Salah satu problematika di perkotaan adalah tingginya pencemaran udara, yang disebabkan oleh partikel partikel jahat yang disumbang dari asap kendaraan bermotor, dan aktifitas industri. Selain berimbas pada efek gas rumah kaca, juga mengakibatkan turunnya kualitas udara yang dihirup manusia.

Dengan adanya hujan maka kondisi udara yang tercemar tadi akan ternetralisir. Seperti halnya ketika udara di sekitar kita tercemar oleh banyak sekali debu, maka ketika menyiram dengan air maka debu- debu tersebut akan hilang dan kembali bersih.


Belum ada Komentar untuk "Bacaan Doa Ketika hujan dan Manfaat Hujan Untuk Kehidupan Manusia"

Posting Komentar

Jangan Pernah Membeli Ketika Anda Ditawari Promo Tebus Murah Indomaret Alfamart

Sekilas Anda melihat judul artikel ini terkesan provokatif. Ya, saya memang sedang memprovokasi Anda untuk tidak membeli produk yang sedang ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel