Cara dan Persyaratan Masuk STAN Terbaru

STAN (Sekolah Tinggi Akutansi Negara) menjadi salah satu sekolah tinggi kedinasan yang diincar para siswa lulusan SMA karena kepopulerannya. Karena dengan masuk STAN, kelak lulusannya digadang-gadang dapat masuk di jajaran Kementrian Keuangan, dan Bea Cukai di mana kedua tempat tersebut "cukup basah". Sehingga tidak heran bila STAN merupakan primadona bagi para siswa lulusan SMA.

Cara dan Persyaratan Masuk STAN Terbaru
Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, foto via tempo.co

Persyaratan masuk STAN

Terdapat ribuan pelamar yang mengikuti ujian masuk STAN setiap tahunnya. Bagi kalian yang ingin mengikuti tes dan ingin masuk perguruan tinggi STAN, berikut ini persyaratan masuk STAN:

Alur pendaftaran secara online:

  1. Registrasi di portal BKN, sscasn.bkn.go.id
  2. Mengisi formulir di website spmb.pknstan.ac.id
  3. Kunci data catat kode MVA (mandiri virtual account, nomer rekening tujuan pembayaran)
  4. Melakukan Pembayaran melalui Bank Mandiri
  5. Cetak kartu ujian dengan mengakses portal sscasn.bkn.go.id
  6. Biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah). Biaya tersebut sudah termasuk untuk biaya pelaksanaan seleksi kemampuan dasar dan sudah diatur oleh Pemerintah Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara.
  7. Pendaftar tidak pernah dinyatakan lulus pada pengumuman SPMB PKN STAN pada tahun-tahun sebelumnya

Yang harus kalian perhatikan, kalian hanya diperbolehkan mendaftar pada satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga. Apabila diketahui, kalian mendaftar lebih dari satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga, maka kalian tersebut akan dinyatakan gugur. Pastikan kembali kalian hanya mendaftar di salah satu dari 8 sekolah Kedinasan.

Dokumen yang harus disiapkan untuk registrasi

Untuk mendaftar di portal sscasn.bkn.go.id, kalian harus siapkan beberapa berkas dokumen seperti berikut ini:

  1. Kartu Identitas, yaitu KTP, Kartu Keluarga (KK), Surat Keterangan Pengganti KTP
  2. Pas Foto, dengan latar belakang merah, menggunakan kemeja putih polos, untuk perempuan yang berjilbab menggunakan jilbab putih polos
  3. Ijazah/Rapor, bagi calon lulusan 2019 menggunakan ijazah sebelumnya. Bagi calon lulusan 2020, sementara menggunakan nilai rapor semester 1 s.d. 5
  4. Bagi yang mendaftar Program Afirmasi, harus menyiapkan dokumen tambahan berupa KTP orang tua, ijazah SD dan SMP, akta kelahiran, dan kartu keluarga (KK)

Cara Mengisi Data Formulir di Portal PKN STAN

Jika dokumen yang diperlukan sudah lengkap, Kalian dapat mengisi data formulir di portal PKN STAN, caranya adalah sebagai berikut:

  1. Registrasi di portal BKN, dengan mendaftarkan akun kemudian mengisi formulir pendaftaran.
  2. Mengisi Formulir, infornasi data kesehatan, pilihan spesialis, menyimpan data, mengunci data, dan mendapatkan kode billing berupa Mandiri Virtual Account (MVA)
  3. Melakukan pembayaran dan mengecek status pembayaran
  4. Mencetak kartu ujian
Demikian tahapan cara dan syarat yang harus dipersiapkan untuk kalian bisa masuk PKN STAN. Persiapkan diri kalian sebaik mungkin karena untuk bisa masuk ke PKN STAN tentunya tidak mudah, karena kalian harus bersaing dengan ribuan kandidat lainnya dari 34 propinsi di Indonesia.

Sumber: detik finance

Belum ada Komentar untuk "Cara dan Persyaratan Masuk STAN Terbaru"

Posting Komentar

Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Lewat SAMSAT, Indomaret, Tokopedia dan Aplikasi Online

Membayar pajak adalah kewajiban bagi setiap warga negara tanpa kecuali, karena dengan pajak itulah negara bisa membangun sarana dan prasaran...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel