Pengalaman Bekerja Sebagai Montir di Perusahaan Hak Pengusahaan Hutan/ HPH

Pengalaman bekerja sebagai montir di perusahaan Hak Pengusahaan Hutan ini saya miliki kurang lebih 22 tahun silam, dan saya akan membagikannya untuk kalian. Barangkali ada hal-hal positif yang dapat kalian ambil dari pengalaman saya ini. Saya mau cerita dikit;

Pengalaman Bekerja Sebagai Montir di Perusahaan


Apakah Perusahaan Hak Pengusahaan Hutan/ HPH itu?

Perusahaan HPH merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Forestry, kehutanan dan memiliki ijin untuk memanfaatkan sumber daya hutan. Kalau kalian mungkin pernah dengar istilah Ilegal Logging, maka perusahaan HPH ini kebalikannya, mereka merupakan perusahaan Legal Logging. Mereka punya ijin untuk menebangi pohon yang ada di hutan-hutan Kalimantan, Sumatra, dan Papua. Tapi tidak sembarangan, karena setelah menebang pohon mereka akan menanamnya kembali, Istilahnya HTI, Hutan Tanaman Industri, dengan sistem TPTJ, Tebang Pilih Tanam Jalur, 

Proses rekrutmen di Perusahaan HPH

Bermula ketika saya lulus STM jurusan Listrik tahun 1998, bertepatan dengan tergulingnya kepemimpinan Bapak Pembangunan, sekaligus The Smilling General Soeharto, saya terbang ke Kalimantan Barat, tepatnya di Kabupaten Ketapang.

Saya lulus dengan predikat NEM Tertinggi Nomer 2(dua) se kabupaten, dan dua minggu sebelum menerima ijasah sekaligus piagam dari pak Bupati, saya sudah berada di Kalimantan Barat untuk bekerja.

Saya bisa bekerja di Perusahaan HPH ini, sebutlah namanya PT. Alas Kusuma Grup, adalah hasil "nepotisme", tinggal masuk kerja aja, tanpa tes fisik, tertulis maupun psikotes. Kebetulan kakak ipar saya adalah Manajer Camp di Alas Kusuma.

Di Alas Kusuma, saya ditempatkan di Camp Lato, saya nggak tau berapa jaraknya dari kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Pastinya saya pernah berangkat dari Ketapang jam 09.00 pagi, sampai ke camp jam 19.00 malam.

Job desk Montir di Perusahaan HPH

Kalau di paklaring surat pengalaman kerja, di situ tertulis jabatan saya sebagai Pembantu Mekanik. Lokasi bengkel dari camp tempat saya tinggal tidak begitu jauh, hanya dibatasi sungai. Berangkat kerja jam 07.00 pagi tapi umumnya baru mulai pegang mobil jam 8-an.

Sesuai jobdesk, tugas saya membantu mekanik senior memperbaiki mobil operasional perusahaan. Rata-rata pakai Hardtop, atau Daihatsu Hiline pick up. Sesekali bantuin "bengkel sebelah" yang kebanyakan berisi kendaraan trailler pengangkut kayu, atau kalau lagi senggang ngobrol di bengkel bubut atau bengkel las.

Gaji Montir di Perusahaan HPH

Di PT. Alas Kusuma Grup, saya menerima gaji sebesar Rp.200ribu selama 3 bulan masa training, dan terus naik secara bertahap. Makan dan tempat tinggal sudah ditanggung perusahaan, jadi walaupun gaji saya kecil, namun tetap utuh dan bisa mengirimkannya ke oang tua di kampung. (Tahun 1998 ya, jangan disamakan dengan sekarang)

Jam kerja dan hari kerja di perusahaan HPH

Hari kerja dari Senin sampai minggu, jadi tidak ada hari libur, kecuali hari raya keagamaan. Tapi walaupun dikasih liburpun juga buat apa, wong kerjaan juga santai dan tidak bisa ke mana-mana, sepanjang mata memandang hanya ada hamparan hijau pepohonan.

Untuk jam kerja normal, 8 jam sehari, sama seperti di perusahaan lain

Pemenuhan kebutuhan bawah perut di perusahaan HPH

Oh noooo, saya nggak mau bahas, saya nggak mau kena semprit sama mbah google karena bahas hal begituan. 

Demikian sedikit pengalaman bekerja sebagai montir di perusahaan HPH yang dapat saya bagikan. Mungkin ada di antara kalian yang hendak bekerja di perusahaan HPH, kurang lebih seperti ini gambarannya.

Belum ada Komentar untuk "Pengalaman Bekerja Sebagai Montir di Perusahaan Hak Pengusahaan Hutan/ HPH"

Posting Komentar

Tips Agar Tidak Tindihan/ di Erep-erep Ketika Tidur

Apa itu tindihan? Tindihan merupakan suatu kondisi di mana pada saat kita tidur, seolah-olah ada kekuatan yang tidak kasat mata yang meni...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel