Tau Sama Tau, Trik Nakal Oknum Sales Yang Biasa Dilakukan Ketika di Lapangan

Dari judul artikel' Trik Nakal Oknum Sales Yang Biasa Dilakukan Ketika di Lapangan, saya tidak menggeneralisir bahwa semua sales itu nakal, ada sales yang lurus juga. Namun, kebanyakan sales itu nakal. Bahkan ada beberapa orang yang menyebut kalau "Sales itu Maling"
Lalu trik seperti apa yang biasa dilakukan sales, sehingga membuatnya dijuluki "nakal", yuk kita simak.

Trik Nakal Oknum Sales


Nitip CN (Credit Note)

Credit Note atau orang biasa menyebutnya CN, merupakan "jasa" yang diberikan perusahaan kepada seseorang, lantaran dianggap berjasa meng-goal-kan produk yang dimiliki perusahaan dalam sebuah transaksi pengadaan barang. Umumnya transaksi ini dilakukan dalam sebuah proyek/ tender. Nah sebagai ucapan terima kasih, perusahaan memberikan fee berupa sejumlah nominal, atau jumlah sekian persen dari nilai barang.

Modus sales adalah dengan mengurangi jatah yang seharusnya diterima oleh perantara tersebut. Gambaran sederhananya seperti berikut;  "Bapak ada titipan dari perusahaan 30% sebagai tanda terima kasih perusahaan untuk Bapak, tapi saya nitip 5% ya pak"

Manipulasi Bon Hotel

Manipulasi bon hotel biasanya dengan "membeli" bon hotel dari resepsionis. Misal si sales dari kantornya dapat jatah menginap di hotel bintang 3 ketika tugas luar kota. Nah agar si sales masih punya lebihan buat sekedar beli oleh-oleh buat keluarganya di rumah, maka trik yang dilakukan adalah dengan men-downgrade jatah menginapnya ke hotel kelas melati yang murah meriah, nerimo tidur pakai kipas angin, kemudian dia cari hotel bintang 3, ndeketin resepsionis dan minta dibuatkan bon hotel dan ngasih imbalan sekedarnya ke resepsionis tersebut.

Jaman jahiliyah dahulu, saya pernah melakukan trik yang lebih ekstrem, ketika tugas dinas luar kota di Palembang selama seminggu, saya tidak menginap di hotel, tapi kost !! Saya bisa mendapatkan bon hotel dengan memberikan sekedar uang rokok untuk resepsionis. Jangan ditiru karena ini tidak baik, pasti ada balasannya.

Dan benar, ketika saya membuka usaha sendiri, anak buah saya banyak ngadalin saya !!

Menawarkan produk kompetitor

Menawarkan produk kompetitor biasanya dilakukan ketika customer membutuhkan produk di mana perusahaan sebenarnya memilikinya, namun karena dorongan ingin mendapatkan keuntungan pribadi yang lebih besar, maka si sales ini justru menawarkan produk milik perusahaan lain yang mungkin dapat memberikan keuntungan pribadi yang lebih besar untuk si sales. Biasanya hal ini dilakukan oleh sales yang sudah mencapai target perusahaan, jadi dia bisa melakukannya dengan tenang tanpa ada beban target yang harus dicapai.

Saya sendiri belum pernah melakukan hal ini, tapi cukup tau lah dengan habit kawan-kawan di lapangan. Bagaimana mau melakukan wong target bulanan saja berat untuk mencapainya :D


Korupsi diskon

Modus korupsi diskon mirip dengan nitip CN. Bedanya jika CN diberikan kepada perantara sedangkan diskon diberikan kepada End User. Biasanya dilakukan sales kepada customer yang tidak terlalu membutuhkan atau memperhatikan invoice.

Misalkan diskon maksimal yang ditetapkan perusahaan sebesar 30% namun customer hanya diberikan diskon 25%. Selanjutnya si sales lapor ke perusahaan kalo si Anu dikasih diskon maksimal.

Sebenarnya masih banyak lagi trik-trik nakal oknum sales ketika di lapangan, sambil cek ombak nanti akan saya update lagi artikelnya.

Belum ada Komentar untuk "Tau Sama Tau, Trik Nakal Oknum Sales Yang Biasa Dilakukan Ketika di Lapangan"

Posting Komentar

Cara Mengenali Ciri Fisik, Penyebaran dan Siklus Nyamuk Penyebab DBD

Pada tulisan sebelumnya kita telah membahas tentang  7 Cara Mudah dan Sederhana Agar Tidak Digigit Nyamuk , dan kali ini kita akan mengupas ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel