Cabut Berkas/ Mutasi Kendaraan, Proses Balik Nama Kendaraan dan Persyaratannya

Mengingat banyaknya pertanyaan yang muncul di video yang saya upload di channel edukasi kreatif, tentang proses balik nama kendaraan, maka saya akan membahas mengenai proses mutasi kendaraan, dan proses balik nama kendaraan. Apa saja persyaratan untuk mutasi dan balik nama kendaraan? Yuk kita simak.

Dokumen persyaratan cabut berkas/ Mutasi STNK

Dilansir dari Indonesia.go.id, berikut ini adalah dokumen yang harus Anda bawa untuk melengkapi proses pencabutan berkas STNK alias mutasi:
  • BPKB asli dan fotokopi
  • STNK asli dan fotokopi
  • Kwitansi jual beli kendaraan yang ditandatangani penjual dan dibubuhi materai Rp. 6000. Jika Anda tidak mempunyai kwitansi jual beli ini, Anda dapat membuatnya sendiri. Pengalaman saya pribadi saat mengurus balik nama kendaraan, tidak dipermasalahkan oleh petugas di kantor Samsat. Anda akan memerlukan kwitansi asli dan fotokopi
  • Siapkan juga kwitansi kosong yang sudah ditandatangani penjual.
  • KTP asli atas nama pemilik baru beserta fotokopinya.
  • Faktur/Form A asli dan fotokopi

Langkah mencabut berkas STNK:

Anda bisa mengunjungi Kantor Samsat asal BPKB diterbitkan atau tempat di mana plat nomor kendaraan Anda didaftarkan.

  • Serahkan BPKB dan KTP kepada petugas loket mutasi.
  • Cek fisik kendaraan. Loket cek fisik kendaraan umumnya dibuka jam 07.30 WIB. Setelah petugas melakukan pengecekan fisik kendaraan, petugas akan memberikan Anda hasil gesekan nomor rangka dan nomor mesin. 
  • Serahkan hasil cek fisik dan dokumen-dokumen yang sudah dipersiapkan ke petugas mutasi di loket. Petugas akan melakukan pemeriksaan sebelum melegalisir dan memberikan cap di atas berkas-berkas fotokopi tersebut. 
  • Setelah petugas melakukan legalisir, maka hasil cek fisik kendaraan dan berkas-berkasmu akan dikembalikan. Waktu yang dibutuhkan untuk proses pengecekan ini sebenarnya tidak lama, tapi jika antrian sedang banyak, maka kamu harus sabar mendapat giliran. Lebih baik untuk datang pagi-pagi supaya antrian tidak panjang.
  • Setalah Anda dipanggil, Anda akan diarahkan  nuntuk menuju loket cek fiskal. Anda akan diminya mengisi formulir yang sudah disediakan. Setelah formulir diisi, Anda akan diminta menunggu untuk dipanggil lagi.
  • Setelah Anda dipanggil di loket cek fiskal, selanjutnya Anda akan diarahkan ke kasir untuk melakukan pembayaran biaya,  Jika ada pajak kendaraan yang tertunda atau belum terbayarkan maka harus diselesaikan.
  • Kemudian, Anda akan diarahkan ke bagian mutasi. Pada tahapan ini, datangilah loket pendaftaran untuk meminta formulir mutasi sekaligus balik nama. Kemudian petugas di loket ini akan meminta semua berkas Anda yang telah dilegalisir tadi. Setelah dicek petugas dan semua berkas dinyatakan oke, maka kamu diminta mengisi formulir yang telah disediakan. 
  • Setelah Anda mengisi formulir dengan benar sesuai format yang disediakan, maka petugas akan memberikan tanda terima pembayaran pendaftaran mutasi senilai Rp75.000-Rp250.000. 
  • Setelah melakukan pembayaran, Anda akan diberikan bukti pembayaran berupa kwitansi dua rangkap. Satu rangkap untuk Anda serahkan kepada petugas bersama dengan berkas-berkas yang sudah dilegalisir, kemudian satu rangkap lainnya Anda simpan untuk dibawa kembali pada saat pengambilan berkas. 
  • Jadwal pengambilan berkas umumnya 5 hari hingga 7 hari kemudian.

Proses pengambilan berkas mutasi kendaraan.


Anda bisa mendatangi kantor SAMSAT setempat pada hari yang telah ditentukan untuk pengambilan berkas mutasi kendaraan, dengan membawa tanda bukti pembayaran mutasi kendaraan.
Datangi tempat pelayanan mutasi, kemudian serahkan tanda terima dan tunggulah beberapa saat hingga Anda dipanggil petugas. Setelah Anda dipanggil dan berkas diserahkan, maka petugas akan mengarahkan Anda menuju loket fiskal untuk membayar Rp. 10.000 dan menerima tanda terima pembayarannya.


Proses balik nama kendaraan

Ketika berkas mutasi sudah di tangan Anda, datang ke kantor SAMSAT tujuan. Untuk menghindari antrian disarankan untuk datang pagi-pagi sekali.

Untuk lebih jelasnya, anda bisa menyaksikan secara keseluruhan video yang saya buat berikut ini:


Belum ada Komentar untuk "Cabut Berkas/ Mutasi Kendaraan, Proses Balik Nama Kendaraan dan Persyaratannya"

Posting Komentar

Tips Agar Tidak Tindihan/ di Erep-erep Ketika Tidur

Apa itu tindihan? Tindihan merupakan suatu kondisi di mana pada saat kita tidur, seolah-olah ada kekuatan yang tidak kasat mata yang meni...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel