8 Tips dan Trik Menggunakan AC Agar Awet dan Hemat Listrik

AC saat ini tidak lagi menjadi barang mewah, perangkat pendingin udara ini telah menjadi kebutuhan bagi sebagian masyarakat. Terlebih bagi mereka yang tinggal di kota besar, dengan kondisi cuaca yang panas akibat minimnya ruang terbuka hijau, maupun pepohonan yang telah berganti menjadi bangunan beton.

Penggunaan air conditioner ini di satu sisi membuat kita nyaman, karena suhu di dalam ruangan menjadi lebih dingin, namun di sisi lain, penggunaan air conditoner ini membuat tagihan listrik menjadi bengkak.

Tips dan Trik Menggunakan AC

Tips dan Trik Menggunakan AC

Nah berikut ini adalah tips dan trik menggunakan air conditoner agar awet dan hemat listrik:

1. Setelan temperatur

Berdasarkan buku panduan, setelan temperatur yang optimal adalah 2–3°C di bawah suhu ruangan. Dengan kondisi suhu rata-rata  umumnya di Indonesia yang berkisar 27–30°c, maka idealnya temperatur AC dapat Anda setel pada kisaran 25°C pada siang hari.

Kebanyakan orang salah kaprah dengan menyetel temperatur hingga 16°C untuk mendapatkan suhu ruangan yang benar-benar dingin. Perilaku seperti ini hanya akan membuat kompresor AC bekerja lebih keras lagi, sehingga lebih boros listrik.

2. Gunakan timer

Dengan memanfaatkan fitur timer yang ada pada AC Anda, maka selain hemat listrik, Anda juga akan terbebas dari kedinginan pada saat bangun tidur di pagi hari. Ada beberapa merk AC yang memiliki fitur yang dapat menaikkan temperatur ruangan secara otomatis sebesar 1°C setiap 2 jam sekali.

3. Rutin membersihkan filter indoor AC dan grill outdoor AC

AC terdiri dari 2 bagian utama, indoor dan outdoor. Bagian outdoor adalah bagian di mana kompresor AC bekerja untuk mendinginkan udara. Sedangkan bagian indoor bertanggung jawab mensirkulasikan udara yang telah didinginkan dengan menghisap udara dari ruangan, mendinginkannya, dan menghembuskan kembali udara yang telah didinginkan.

Dengan berjalannya waktu dan pemakaian, indoor dan outdoor AC akan kotor karena debu yang terhisap. Hal ini akan memperberat kerja kompresor AC, sehingga tidak jarang air akan menetes dari indoor AC, dan terjadi pengembunan pada saluran pipa AC.

Nah untuk menghindari mampetnya filter indoor AC, maka kita harus rajin untuk membersihkannya. Demikian juga dengan outdoor AC yang juga harus Anda bersihkan secara rutin. Anda dapat menghubungi layanan servis AC yang banyak bertebaran di sekitar tempat tinggal Anda untuk membersihkan indoor dan outdoor AC Anda, dan melakukan pengecekan agar AC Anda tetap bekerja optimal.

4. Setelan mode

Umumnya perangkat AC Anda dilengkapi 3 mode setelan, auto, cool, dry. Mode auto akan membuat AC bekerja secara otomatis. Mode cool merupakan mode pendinginan yang disarankan bila ruangan tidak terkena cahaya matahari secara langsung, serta tidak ada udara dari luar yang masuk ke dalam ruangan. Mode cool cocok digunakan pada musim kemarau, sedangkan mode dry cocok digunakan pada musim hujan. Mode dry ini akan menghasilkan udara yang dingin dan kering, sehingga udara dalam ruangan tidak lembab.

5. Perhatikan ukuran ruangan

Menggunakan AC yang memiliki kapasitas kecil, daya PK lebih rendah untuk ruangan yang luas, tidak akan efektif untuk mendinginkan ruangan. Perhatikan ukuran ruangan Anda ketika memilih AC, sesuaikan dengan kemampuannya.

6. Pertimbangkan fitur Air Purifier

Ketika membeli AC, pertimbangkan untuk membeli AC yang memiliki fitur air purifier. Beberapa merk seperti sharp, sudah dilengkapi dengan teknologi plasmacluster yang akan membersihkan udara dari bakteri dan jamur.

7. Pertimbangkan fitur inverter 

AC yang dilengkapi dengan teknologi inverter ketika dinyalakan akan lebih smooth, tidak menimbulkan lonjakan tegangan sesaat ketika kompresor bekerja. Listrik tidak "njeglek" dan peralatan elektronik Anda tidak cepat rusak karenanya.

8. Jangan buka jendela ketika AC menyala

Ya, tentu, membuka jendela ketika AC menyala, walaupun sebentar, akan mengakibatkan udara dari luar ruangan yang lebih panas masuk ke dalam ruangan, sehingga membuat kerja AC lebih berat untuk mendinginkan udara tersebut.

Nah demikian tadi Tips dan Trik Menggunakan AC Agar Awet dan Hemat Listrik yang bisa Anda lakukan di rumah.


Sumber: id.quora.com/Randi Saputra

Belum ada Komentar untuk "8 Tips dan Trik Menggunakan AC Agar Awet dan Hemat Listrik"

Posting Komentar

Cara Mengenali Ciri Fisik, Penyebaran dan Siklus Nyamuk Penyebab DBD

Pada tulisan sebelumnya kita telah membahas tentang  7 Cara Mudah dan Sederhana Agar Tidak Digigit Nyamuk , dan kali ini kita akan mengupas ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel