Super Irit, Daihatsu Ayla 1 Liter pertalite Untuk Jarak 21.1 km, Ini 10 Tips Hemat BBM!

Serius, bukan hoax, angka rasio BBM 1:19.4 km merupakan rekor paling irit sepanjang saya mengemudikan kendaraan. Dengan titik keberangkatan dari Purwoasri, Kabupaten Kediri menuju ke Kawasan Industri Gunung Gangsir, Pandaan, Kabupaten Pasuruan.

tips hemat bbm
Si Merah ganti oli di bengkel langganan

Daihatsu Ayla yang saya kendarai sukses mencatat rekor konsumsi per 1 liter pertalite untuk jarak 19,4 km. Memang sih, angka ini masih jauh di bawah team test drive-nya Ayla yang tembus 1:24, tapi so far saya cukup puas.

Sebelumnya saya pernah menghitung konsumsi BBMnya Mobilio, namun hanya tembus di 1:15. Tapi itu mobilio ya, MPV 7 seat, CC-nya juga beda, gedean mobilio, jadi saya nggak akan bandingkan dengan Ayla yang mungil tapi lincah ini dengan mobilio.


Tips menghemat BBM Kendaraan

Lalu apa sih tips supaya hemat BBM? Yuk kita simak penjelasan di bawah

1. Mulai mengemudi dengan nyaman

Injak gas pelan-pelan ketika mulai membawa kendaraan, naikkan kecepatan dengan smooth

2. Stabilkan kecepatan kendaraanmu

Jangan asal bejek pedal gas, pertahankan kecepatan. Kalau mau lari di speed 60km/jam ya udah stabilkan di kecepatan tersebut. Sering memainkan pedal gas akan membuat mobilmu boros.

3. Perhatikan putaran mesin

Putaran mesin ideal adalah sekitar 3000 RPM untuk mobil bensin, dan 1500-2000 RPM untuk mobil diesel, jangan terlalu tinggi, dan jangan pula terlalu rendah

4. Sesuaikan kecepatan dengan posisi persneling gigi

Untuk mobil-mobil keluaran terbaru, sudah dilengkapi dengan indikator Eco Drive. Itu jangan dijadikan pajangan tok. Mengemudi dengan cara eco drive bisa menghemat BBM hingga 20%. Pada saat kalian pindah gigi perhatikan indikator eco drive, di Ayla berupa lampu LED berwarna hijau. Mungkin di mobil-mobil yang lebih bagus, berupa indikator digital yang terintegrasi di panel MID (Multi Information Display) speedometer.

5. Cek tekanan ban

Perhatikan ban mobil kalian apakah terlihat kempes atau masih cukup tekanannya. Standar tekanan ban mobil untuk ban depan sekitar 32-34, dan untuk bagian ban belakang 30-32 Psi. Jika ban mobil kalian kurang angin, mobil dibawa juga nggak enak kan?

6. Perhatikan barang bawaan

Yang harus kalian perhatikan adalah, semakin banyak bawaan kalian, semakin berat beban yang ditanggung mobil kalian, maka imbasnya mobil kalian akan semakin boros

7. Perhatikan medan jalanan

Ketika kalian nemu jalanan menanjak, gunakan momentum kecepatan untuk mendorong mobil kalian di tanjakan. Sebaliknya jika kalian bertemu jalanan yang menurun, gunakan engine brake untuk membantu pengereman.

8. Nyalakan AC seperlunya

Ketika jalanan masih pagi dan lengang, matahari belum terlalu panas, dan kecepatan mobil sedang, AC boleh dimatikan. Hal ini akan membuat putaran mesin menjadi lebih ringan, kaena pulley mesin dan pulley kompresor AC saling berhubungan. Namun ketika kalian berada di jalan tol dengan kecepatan tinggi, AC tak perlu dimatikan. Mematikan AC dan membuka jendela pada saat mobil berada dalam kecepatan tinggi akan membuat hambatan laju udara semakin besar, sehingga mobil akan mengkonsumsi lebih banyak BBM.


9. Jaga jarak dengan kendaraan di depan

Dengan menjaga jarak dengan kendaraan di depan, maka kalian akan punya cukup ruang untuk melakukan pengereman dengan bertahap, sehingga ketika akan melaju kembali, mobil masih memiliki momen kecepatan.

10. Rawat mobilmu

Ini yang paling penting, kalian sudah menerapkan eco driving tapi kalau mobilmu penyakitan, ya sama aja bodong. Lakukan penggantian saringan udara, ganti oli, tune up dan perawatan rutin lainnya secara berkala untuk memastikan mobilmu tetap sehat.

Nah, demikian tadi tips hemat bbm berdasarkan pengalaman pribadi menggunakan Daihatsu Ayla. Mobilmu beda merk? jangan kuatir, tips ini bisa kalian lakukan dengan mobil apa pun.

Update: Dalam perjalanan sejauh 380 kilo, saya berhasil tembus rasio bensin 1 liter untuk 21.1 kilometer !!

Okay, semoga bermanfaat ya

Belum ada Komentar untuk "Super Irit, Daihatsu Ayla 1 Liter pertalite Untuk Jarak 21.1 km, Ini 10 Tips Hemat BBM!"

Posting Komentar

Cara Mengenali Ciri Fisik, Penyebaran dan Siklus Nyamuk Penyebab DBD

Pada tulisan sebelumnya kita telah membahas tentang  7 Cara Mudah dan Sederhana Agar Tidak Digigit Nyamuk , dan kali ini kita akan mengupas ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel