Tips Agar Tidak Tindihan/ di Erep-erep Ketika Tidur

Apa itu tindihan?

Tindihan merupakan suatu kondisi di mana pada saat kita tidur, seolah-olah ada kekuatan yang tidak kasat mata yang menindih tubuh kita hingga kita tidak bisa menggerakkan anggota badan kita, bahkan untuk sekedar bicara saja kita tidak bisa. Di beberapa daerah mungkin memiliki istilah lain, seperti di kampung saya menyebutnya erep-erep.


Agar tidak tindihan ketika tidur

tips agar tidak tindihan ketika tidur

Agar tidak mengalami tindihan pada saat tidur, ada beberapa hal yang dapat kalian lakukan, antara lain sebagai berikut:


1. Wudhu sebelum tidur

Bagi kalian yang muslim, dianjurkan untuk wudhu sebelum tidur, seperti disabdakan Rasulullah , “Barangsiapa tidur di malam hari dalam keadaan suci (berwudhu), maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berkata’ Ya Allah ampunilah hamba-Mu si fulan, karena ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci.” (HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar r.a).

Dengan berwhudlu sebelum tidur, tubuh kita senantiasa suci, dan didoakan malaikat. Malaikat akan sentiasa berdoa memohon perlindungan untuk umat muslim yang sentiasa berwudhu sebelum tidur.


Untuk non muslim, kalian bisa membersihkan diri sebelum tidur, cuci tangan, cuci muka dan mencuci kaki. Intinya membersihkan diri sebelum beranjak tidur



2. Jangan tidur larut malam

Dari pengalaman pribadi saya, kebiasaan berada di depan layar monitor dan tidur hingga dinihari membuat kita mudah terkena tindihan, terlebih saat leher kita sudah terasa tidak nyaman. Sekarang saya membatasi diri untuk beraktifitas maksimal jam 23.00 WIB. 

3. Bersihkan tempat tidur

Sebelum kalian beranjak tidur, tebahi dahulu tempat tidur kalian dengan sapu penebah khusus. Kepercayaan yang saya yakini, sebutir nasi di tempat tidur pun bisa membuat kalian mengalami tindihan. Selain itu dengan menebahi tempat tidur, konon, jika ada "kawan yang tidak kasat mata" yang suka usil, akan beranjak pergi dari tempat tidur kita.

4. Membaca doa sebelum tidur

Berlaku untuk kalian semua, tidak memandang agama yang kalian anut. Berdoa sebelum tidur dan memohon agar tidur kita selalu dijaga dari hal-hal yang tidak diinginkan. Saya pribadi berusaha untuk membiasakan diri membaca beberapa bacaan doa sebelum tidur, seperti:
  • Surat Al Fatehah 3 kali
  • Surat An Nas 3 kali
  • Surat Al Falaq 3 kali
  • Surat Al Ikhlas 3 kali
  • Ayat Kursi 3 kali
Alhamdulillah dengan mengamalkan membaca doa tersebut di atas sebelum tidur, saya sudah tidak pernah lagi mengalami tindihan ketika tidur. Boleh kalian coba praktekkan.

Belum ada Komentar untuk "Tips Agar Tidak Tindihan/ di Erep-erep Ketika Tidur"

Posting Komentar

Tips Agar Tidak Mengantuk Saat Menyetir Jarak Jauh

Tips Agar Tidak Mengantuk Saat Menyetir Mengantuk ketika sedang menyetir adalah hal yang lumrah, apalagi pada saat menempuh perjalanan jau...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel