Mengenal Logo Kode Recycle Plastik Dan Kemampuan Daur Ulangnya

Banyak masyarakat awam yang menyama-ratakan perlakuan terhadap plastik, dan menganggap semua kemasan plastik adalah sama dan aman untuk digunakan. Seperti menggunakan botol kemasan air mineral yang digunakan berulang-ulang. Kebiasaan seperti ini harus diluruskan karena tidak semua kemasan plastik dapat digunakan berulang-ulang.

Logo Kode Recycle Plastik 

Nah, untuk mengenali kemasan plastik dan kemampuan daur ulangnya, Anda dapat melihat pada bagian bawah botol, di situ Anda akan menemukan kode segitiga recycle dengan penomeran di dalamnya. Kita akan membahas satu per satu arti kode recycle tersebut, yuk kita simak;


mengenal logo kode recycle plastik


Angka 1; PET or PETE (Polyethylene Terephthalate)

Plastik ini bertanda bernomor 1 yang biasanya terletak pada bagian bawah botol. Plastik jenis ini tidak boleh digunakan berulang-ulang atau hanya sekali pakai.

Kode botol plastik plastik Angka 1 dapat Anda temukan pada botol soda, botol air, botol bir, wadah saus, botol obat kumur, dan kemasan selai 


Angka 2; HDPE (High Density Polyethylen)

HDPE (High Density Polyethylen) HDPE banyak ditemukan sebagai kemasan makanan dan obat yang tidak tembus pandang. Plastik ini berlogo segitiga bernomor 2.Sama seperti jenis plastik sebelumnya, plastik ini direkomendasikan hanya untuk sekali pakai.

Botol plastik HDPE dapat Anda temukan pada botol susu, wadah cairan pembersih rumah tangga, botol jus, botol sampo, kotak sereal, botol deterjen, botol oli motor, botol deterjen, botol jus, dan botol sabun mandi. Plastik ini dianggap aman dan memiliki risiko rendah pencucian


Angka 3; PVC (Polyvinyl Cloride)

PVC (Polyvinyl Cloride) PVC sering digunakan pada produk mainan anak, bahan bangunan, dan kemasan pada produk makanan. Plastik ini berlogo segitiga nomor 3.

Plastik PVC terdapat pada botol sampo, kemasan makanan bening, botol minyak goreng, peralatan medis, berbagai macam jenis pipa, dan jendela.


Angka 4; LDPE (Low Density Polyethylene)

LDPE (Low Density Polyethylene) dengan kode 4 dapat didaur ulang dan baik untuk barang-barang yang memerlukan fleksibelitas tetapi kuat. Plastil LDPE bisa dibilang tidak dapat dihancurkan, tetapi baik untuk tempat makanan karena sulit bereaksi secara kimiawi dengan makanan yang dikemas dengan bahan ini.

Plastik LDPE dapat Anda temukan pada  botol, tas belanja, pakaian, karpet, makanan beku, tas roti, dan beberapa makanan yang mudah dibungkus


Angka 5; PP (Polypropylene)

PP (Polypropylene) adalah pilihan terbaik untuk bahan plastik terutama untuk yang berhubungan dengan makanan dan minuman seperti tempat penyimpanan makanan, botol minum dan terpenting botol minum untuk bayi. Karakteristiknya adalah transparan, tidak jernih atau berawan dan cukup mengkilap. Polypropylene lebih kuat dan ringan dengan daya tembus uap yang rendah, ketahanan yang baik terhadap lemak, stabil terhadap suhu tinggi.

Botol PP dapat Anda temukan pada  wadah yoghurt, gelas cup, botol kecap, botol sirup, dan botol obat-obatan.


Angka 6; PS (Polistirena)

PS (Polistirena) PS merupakan plastik yang hanya digunakan sekali pakai.  Plastik PS ditemukan dalam compact disc (CD), karton telur, nampan daging, piring dan cangkir sekali pakai.


Angka 7; OTHER

Untuk jenis plastik other ini ada 4 jenis, yaitu: SAN (Styrene Acrylonitrile), ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene), PC (Polycarbonate) dan Nylon. Other (biasanya Polycarbonate) bisa didapatkan ditempat makanan dan minuman seperti botol minum olahraga, suku cadang mobil, alat-alat tumah tangga, komputer dan plastik kemasan.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Logo Kode Recycle Plastik Dan Kemampuan Daur Ulangnya"

Posting Komentar

Meminta Sumbangan Pembangunan Masjid Di Tengah Jalan, Tidak Adakah Cara Yang Lebih Baik?

Artikel ini saya buat sebagai sikap kritis saya atas maraknya penggalangan dana untuk pembangunan masjid yang dilakukan di tengah jalan. Say...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel