7 Cara Mudah dan Sederhana Agar Tidak Digigit Nyamuk

Untuk kita yang tinggal di Indonesia, dengan iklim tropis sepanjang tahun tentu tidak asing lagi dengan keberadaan nyamuk. Lain halnya bila bila kita tinggal di Islandia, di sana sama sekali tidak ada nyamuk. Satu-satunya nyamuk yang ada di Islandia adalah hasil tangkapan seorang peneliti, yang kemudian di simpan ke dalam sebuah toples. Tapi kita sedang tidak membahas  soal nyamuk di Islandia sekarang. Kita akan membahas bagaimana caranya agar nyamuk ogah mendekati kita.

Cara Agar Tidak Digigit Nyamuk


7 Cara Sederhana Agar Tidak Digigit Nyamuk  

Berikut ini adalah tips sederhana agar nyamuk tidak mendekati kita, yang dilansir dari kompas.com

1. Nyalakan kipas angin

Hembusan angin yang dihasilkan oleh kipas angin akan membuat nyamuk sulit untuk sekedar hinggap di tubuh kita. Pesawat penumpang yang beratnya ber ton ton aja kalau ada hembusan angin cross wind  tidak berani mendarat karena beresiko terjadi kecelakaan. Sama halnya dengan nyamuk, dengan tubuhnya yang mungil tentu akan kesulitan mendarat di tubuh kita jika ada hembusan angin yang menerpanya.

2. Jangan banyak berkeringat

Konon nyamuk menyukai kita karena ada zat kimia tertentu yang dilepaskan tubuh saat berkeringat. Ini mungkin yang agak susah, karena setiap kita beraktifitas tentunya dapat memicu keluarnya keringat. Nah, agar tidur malam kita tidak terganggu sama nyamuk, maka kalau tidur ya tidur saja, jangan banyak beraktifitas ketika di atas tempat tidur (baca: jangan banyak bergoyang ketika di atas tempat tidur).

3. Memakai pakaian berwarna terang

Percaya atau tidak, nyamuk menyukai warna gelap, jadi agar kita tidak didekati nyamuk dan menjadi korbannya, maka pakailah pakaian yang berwarna terang. Kalau bisa jangan ada pakaian yang digantungkan di kamar, apalagi yang berwarna gelap.

4. Kurangi produksi CO2 yang berlebihan

Nyamuk mendeteksi mangsanya melalui karbondioksida (CO2) yang dihasilkan si mangsa. Ketika detak jantung meningkat, tubuh akan mengeluarkan lebih banyak CO2 dari proses respirasi. Olahraga, minum alkohol, makan makanan pedas, stres, banyak bergerak bisa meningkatkan laju metabolisme dan berimbas pada peningkatan produksi CO2. 

Agar tidak menjadi target serangan nyamuk, usahakan untuk menghindari hal yang bisa memicu produksi CO2 berlebihan, terutama di jam rawan nyamuk

5. Jangan ada genangan

Nyamuk menyukai genangan untuk berkembang biak. Untuk mengurangi populasi nyamuk, maka langkah yang dapat kita lakukan adalah mencegah timbulnya genangan. Jangan lupa membersihkan tempat penampungan air, bak mandi, kolam, tong sampah, sampai pot tanaman secara rutin.

6. Gunakan minyak esensial

Ada beberapa orang yang tidak merasa nyaman menggunakan obat nyamuk berbahan kimia, dari sensasi rasa panas hingga timbul alergi. Anda dapat menyiasatinya dengan menggunakan minyak esensial. Beberapa minyak yang bisa digunakan sebagai obat nyamuk alami di antara minyak kayu putih, minyak peppermint, minyak serai, dan minyak tea tree.

7. Menanam tanaman anti nyamuk

Beberapa jenis tanaman seperti serai, lavender, marigold, dan kemangi menghasilkan aroma yang tidak disukai nyamuk. Walaupun tanaman ini tidak bisa mengusir seluruh nyamuk,  namun setidaknya keberadaan tanaman tersebut bisa mencegah nyamuk datang dan menjadikan Anda sebagai mangsanya.  

 

Belum ada Komentar untuk "7 Cara Mudah dan Sederhana Agar Tidak Digigit Nyamuk "

Posting Komentar

Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Lewat SAMSAT, Indomaret, Tokopedia dan Aplikasi Online

Membayar pajak adalah kewajiban bagi setiap warga negara tanpa kecuali, karena dengan pajak itulah negara bisa membangun sarana dan prasaran...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel