Cara Menentukan Investasi Yang Tepat Untuk Biaya Pendidikan Anak

Konten [Tampil]

Setiap orangtua sudah selayaknya mengetahui cara menentukan investasi yang tepat untuk biaya pendidikan anak-anaknya. Penting untuk menata masa depan anak yang lebih gemilang.


Cara Menentukan Investasi Yang Tepat Untuk Biaya Pendidikan Anak
Gambar oleh Steve Buissinne dari Pixabay

Beberapa cara menentukan investasi yang tepat untuk biaya pendidikan anak.

  • Ikut asuransi pendidikan. Asuransi ini adalah untuk proteksi pada pendidikan anak. Orangtua adalah pemilik asuransi dan wajib membayar premi dalam jumlah dan waktu sesuai dengan pilihan. Keuntungannya yaitu pemilik asuransi akan mendapatkan dana tiap kali anaknya masuk jenjang pendidikan baru baik itu SD, SMP, SMA, dan PT. Selain itu dana asuransi akan tetap diberikan pada anaknya jika pemiliknya (ayah atau ibunya)meninggal dunia dengan tanpa membayar premi lagi.  Namun dana yang diambil sebelum waktunya akan dikenakan pinalti, diharuskan membayar dalam jumlah tertentu.

  • Tabungan. Anda bisa menyimpan uang anda di tabungan di bank dengan memperoleh bunga berkisar 1 -2 % dan dipotong 15 % – 20 % tergantung total saldo anda.

  • Deposito. Ini hampir sama dengan uang di bank. Namun, jumlah bunganya lebih besar yaitu 6% pertahun. Syaratnya yaitu minimal membuka deposito Rp 8 juta dan anda tak bisa mengambil uang tersebut kapanpun anda inginkan. Sesuai dengan peraturan yang ditetapkan bank tersebut mengenai deposito.

  • Membeli properti seperti tanah atau rumah. Anda bisa membeli rumah atau tanah dengan perhitungan akan menjualnya lagi 10 tahun ke depan. Artinya, properti tersebut bisa anda beli ketika anak masih kecil, dan bisa menjualnya lagi ketika anak akan masuk Perguruan Tinggi.

  • Ikut reksadana. Reksadana adalah investasi yang mana uang anda akan dikelola sebuah perusahaan manajemen investas. Laporan perkembangan reksadana anda akan dikirim setiap satu atau beberapa bulan sekali.

Demikian informasi singkat mengenai Cara menentukan investasi yang tepat untuk biaya pendidikan anak. Semoga informasi diatas bermanfaat. 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak