Daftar Air Terjun Tertinggi Di Dunia, Air Terjun Coban Rondo Peringkat Berapa?

 Air terjun yang sering kita lihat atau bahkan kita kunjungi merupakan formasi geologi yang terbentuk dari arus air yang mengalir melewati suatu formasi bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian. Selain terbentuk secara alami, air terjun juga dapat dibuat manusia yang umumnya digunakan di taman sebagai hiasan. Beberapa air terjun terbentuk di lingkungan pegunungan dimana erosi kerap terjadi. 

Berikut ini merupakan 10 air terjun tertinggi di dunia :

Air terjun Angel Fall Venezuela

Daftar Air Terjun Tertinggi Di Dunia,


Air Terjun Santo Angel (Angel Falls)  di negara Venezuela. Merupakan aliran dari sungai A.S Caroni dengan ketinggian 979 meter. Berada di Canaima National Park, Taman Nasional terbesar ke-2 di Venezuela. 

Air terjun mengalir jatuh dari celah di dekat puncak gunung Auyán-tepu di tempat yang dikenal sebagai Devil Canyon. Angel fall dinobatkan sebagai air terjun tertinggi di dunia


Air Terjun Tugela 

Air terjun tertinggi di dunia


Air terjun ini berada di daerah KwaZulu Natal, Afrika Selatan. Merupakan aliran dari sungai Tugelas dengan tinggi 948 meter. Air terjun ini dikenal sebagai air terjun tertinggi kedua setelah angel falls.


Air Terjun Kukenaam 

Air terjun tertinggi di dunia
foto via britannica.com

Air terjun ini berada di daerah perbatasan Guyana dengan Venezuela. Air terjun ini merupakan aliran dari sungai Kukenaam dengan tinggi 656 meter.


Air Terjun Sutherland 

Daftar gunung tertinggi di Indonesia
foto via https://worldtoptop.com/sutherland-falls/


Sutherland Falls adalah air terjun yang ada di dekat Milford Sound di Taman Nasional Fiordland, Selandia Baru. Di antara daftar air terjun tertinggi di dunia, air terjun ini memiliki kemiringan yang curam. Air terjun terbagi ke dalam tiga jeram; bagian atas tingginya 229 meter,, bagian tengah - 248 meter dan yang lebih rendah - 103 meter (338 kaki), dengan total penurunan vertikal 580 meter  


Air Terjun Ribbon (Ribbon Fall)

Daftar Air Terjun Tertinggi Di Dunia
foto via https://www.worldwaterfalldatabase.com/


air terjun ini berada di Mariposa County California. Merupakan aliran dari sungai Creek dengan tinggi 491 meter.


Air Terjun Upper Yosemite 

Daftar Air Terjun Tertinggi Di Dunia,
Foto via nps.gov


Air terjun ini berada di  Yosemite National Park,  Sierra Nevada di California. Merupakan aliran dari sungai A.S Merced dengan tinggi 436 meter.


Air Terjun Gavarnie (La Cascade de Gavarnie)

air terjun paling tinggi di dunia
foto via world-of-waterfalls.com

Merupakan air terjun tertinggi di daratan Perancis. Air yang mengalir melalui air terjun ini merupakan aliran dari sungai Dave De Pau dengan tinggi 421 meter.


Air Terjun Takkakaw 

Daftar Air Terjun paling tinggi Di Dunia,
foto via world-of-waterfalls.com

Air terjun Takkakaw  ini memiliki ketinggian  380 meter, berada di Yoho National Park di Colombia. Air yang mengalir melalui air terjun ini merupakan aliran dari sungai A.S Yoho  


Air Terjun Silverstrand 

deretan air terjun tertinggi se dunia
foto via worldwaterfalldatabase.com


Air terjun ini juga berada di Taman nasional Yosemite di Mariposa County, California tapi di sisi bagian barat. Merupakan aliran dari sungai A.S Merced dengan tinggi 175 meter.


Air Terjun Staubach 

Daftar Air Terjun Tertinggi Di Dunia
foto via wordtoptop.com

Air Terjun Staubach ini memiliki ketinggian 297meter, berada di Lauterbrunnen, dataran tinggi Bernese, Swiss. Air yang mengalir melalui air terjun ini merupakan aliran sungai Staubach dengan tinggi 299 meter.

Demikian ulasan mengenai Daftar Air Terjun Tertinggi Di Dunia, semoga dapat menambah wawasan ya...

Belum ada Komentar untuk "Daftar Air Terjun Tertinggi Di Dunia, Air Terjun Coban Rondo Peringkat Berapa?"

Posting Komentar

Aki Mobil Mudah Rusak? Cari Penyebabnya dan Ikuti Beberapa Tips Merawat Aki Mobil Ini

Aki merupakan salah satu bagian penting untuk menggerakkan kendaraan yang menggunakan mesin,  baik itu sepeda motor maupun mobil. Tak banyak...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel