Kena Gosip di Kantor? Ini Cara Ampuh Menghadapi Gosip di Kantor

Cara ampuh menghadapi gosip di kantor. ya memang gosip itu tidak mengenal tempat, tak terkecuali juga terjadi di lingkungan kantor. Masalah rumah tangga, etos kerja yang buruk, hingga kasus seputar kantor yang memalukan akan  menjadi obrolan hangat sambil makan siang bersama rekan-rekan sekantor.


Cara ampuh menghadapi gosip di kantor
Foto oleh Yaroslav Shuraev dari Pexels

Kalau gunjingan itu terjadi diluar kantor, kita bisa bersikap acuh atau bahkan tak menanggapinya. Tetapi kalau hal itu terjadi di lingkungan kantor atau lingkungan kerja akan membuat kita mempunyai beban fikiran, meski telinga panas karenanya. Tetapi jika kita tidak merasa bersalah seperti yang dituduhkan maka janganlah punya rasa takut ataupun gentar. Percayalah semua pasti selalu ada ahirnya. Perasaan takut yang timbul biasanya akan selalu dibarengi dengan melemahnya sikap. nah untuk menjaga supaya tidak ada gosip di kantor atau lingkungan kerja maka profesionalitas kerja haruslah tetap terjaga.

Lalu bagaimana seharusnya sikap kita dalam menghadapi berita-berita miring itu (gosip). Nah di bawah ini adalah Cara ampuh menghadapi gosip di kantor, langsung saja

Kalau tidak salah janganlah punya perasaan takut. Karena kalau kita tidak merasa bersalah tetapi punya perasaan takut itu  cuma akan membuat kita menjadi grogi dan serba salah, maka hilangkanlah perasaan takut anda

Jangan emosional, Kita boleh marah dan tersinggung dengan tuduhan yang tidak mendasar itu, tetapi usahakan untuk selalu dapat menahan emosi. Karena orang-orang tengah menyorot tingkah laku kita, dan sedikit saja kesalahan yang kita buat akan dapat memperuncing keadaan. Memang ini akan merasa tidak adil buat kita, tetapi siapapun bahkan presiden sekalipun tidak akan mampu meredakan amuk masa dalam sesaat. Sikap yang paling baik adalah bersikap tenang, tak banyak bicara, tetapi terus memantau keadaan.

Selesaikan masalah namun jangan mengabaikan pekerjaan, Semakin cepat kita dapat menguraikan persoalan maka hasilnya akan semakin baik, ini demi membangun nama baik kita kembali. Telusuri masalah tersebut tentunya dengan sikap yang tenang dan hening hingga kita bisa menguraikan masalah itu dengan orang-orang yang terkait. Namun disela-sela kesibukan merehabilitasi nama baik, janganah sekalipun mengabaikan pekerjaan rutin kita, karena disinilah profesionalitas kita diuji.

Pilih nara sumber yang tepat, Mencari teman bicara yang bisa menampung keluhan kita adalah jalan terbaik, jika merasa sudah putus asa dalam menghadapi kasus ini sendirian. Tetapi berhati-hatilah dalam memilih teman bicara. Pastikan bahwa dia adalah orang yang bersimpati kepada kita atau setidaknya orang yang bersikap netral. Akan lebih baik lagi jika ia tergolong ‘sesepuh’ atau orang bijak di lingkungan kantor. Mintalah saran dan nasihat untuk langkah kita selanjutnya, dukungan dari orang-orang tertentu yang cukup disegani di kantor, akan sangat besar pengaruhnya untuk memulihkan nama baik kita.

Jangan bersikap antipati terhadap si penggosip, jika anda telah mengetahui pasti siapa yang meniupkan gosip-gosip tersebut maka bersikaplah dengan dewasa. Demi menguburkan gosip tentang kita, janganlah memperlakukan mereka dengan sikap ramah yang berlebihan, sebab itu justru akan dapat merusak kewibawaan kita. Namun sebaliknya pula, janganlah bersikap keras dan ekstrim kepada mereka, karena sikap tersebut akan menambah spirit mereka dalam bergosip.

Bersikaplah seolah-olah tidak terjadi sesuatu, tetap sopan,senyum dan tatap mata mereka secara langsung saat kita berbicara, ketenangan kita dalam menghadapinya akan melelahkan mereka untuk bergosip dan bergosip lagi.

Yang perlu diingat adalah kita harus mempertimbangkan situasi, karakter dan gaya komunikasi dari masing-masing orang yang terlibat. Apa pun langkah-langkah yang Anda ambil, tindakan Anda haruslah tetap dalam jalur profesional, sopan,dan diplomatis.

Demikian Cara ampuh menghadapi gosip di kantor, semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi kita dan orang banya.


Belum ada Komentar untuk "Kena Gosip di Kantor? Ini Cara Ampuh Menghadapi Gosip di Kantor"

Posting Komentar

Aki Mobil Mudah Rusak? Cari Penyebabnya dan Ikuti Beberapa Tips Merawat Aki Mobil Ini

Aki merupakan salah satu bagian penting untuk menggerakkan kendaraan yang menggunakan mesin,  baik itu sepeda motor maupun mobil. Tak banyak...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel