Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli, Macam dan Ciri-Ciri Demokrasi

Konten [Tampil]

Demokrasi merupakan sebuah sistem pemerintahan yang memberikan kesempatan bagi rakyat untuk memiliki kedaulatan atas suatu negara yang dijalankan oleh para pemerintah yang ada di negara tersebut. Demokrasi berasal dari bahasa Yunani yang berarti “demos” (rakyat) dan “kratein” (Kekuasaan atau pemerintahan). Dalam demokrasi, kekuasaan atau pemerintahan berasal dari rakyat.

Sejak zaman Yunani kuno, demokrasi telah digunakan sebagai sistem pemerintahan. Pada saat itu, rakyat secara keseluruhan turut aktif secara langsung untuk membicarakan persoalan-persoalan pemerintahan. Demokrasi ini dikenal sebagai demokrasi langsung. Setelah era zaman Yunani kuno, demokrasi telah menjadi sistem pemerintahan yang lebih umum digunakan. Pada zaman renaissance, demokrasi bangkit dari tidurnya karena adanya perasaan ketidaksukaan terhadap sistem pemerintahan oligarki, dan keinginan untuk menghadirkan persamaan hak.

Beberapa tokoh seperti John Locke, Montesquieu dan J.J Rousseau memperjuangkan lahirnya demokrasi. Perkembangan selanjutnya menunjukkan bahwa demokrasi semakin dibutuhkan menjadi sistem pemerintahan dari banyak negara di dunia karena berhasil menyentuh ruang-ruang kefitrahan manusia sehingga bisa diterima di tengah-tengah masyarakat.

Budaya demokrasi adalah salah satu penerapan dari nilai-nilai demokrasi. Ini merupakan jaminan bahwa perubahan yang terdapat dalam demokrasi akan tetap mengarah kepada tujuan dalam mewujudkan sebuah masyarakat dan negara yang demokratis.

Secara umum, pengertian demokrasi adalah serangkaian sistem yang terdapat dalam pemerintahan dengan melibatkan rakyat pada sistem pemerintahannya. Meskipun demikian, pengertian demokrasi memiliki banyak tafsiran menurut para ahli dalam demokrasi.

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli 

Berikut beberapa pengertian demokrasi menurut para ahli:

Pengertian demokrasi menurut Abraham Lincoln

Demokrasi adalah sebuah rangkaian sistem yang memposisikan pemerintahan itu berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Dalam sistem demokrasi, para pemegang kekuasaan tertinggi adalah rakyat, yang mempunyai hak, kesempatan dan suara yang sama untuk dapat mengatur dan mengontrol segala kebijakan yang ada di pemerintahan melalui keputusan mayoritas.


Pengertian demokrasi menurut Hans Kelsen.

Hans Kelsen menjelaskan bahwa pengertian demokrasi adalah sebuah sistem pemerintahan yang pada setiap keputusan yang diambil oleh pemerintah, baik secara langsung ataupun tidak langsung, didasarkan atas hasil kesepakatan mayoritas yang telah dipilih melalui pemilihan umum.


Pengertian Demokrasi

3. Pengertian demokrasi menurut Sidney Hook

Sidney Hook berbicara tentang pengertian demokrasi adalah suatu sistem pemerintahan yang dimana pada setiap keputusan yang diambil oleh pemerintah dengan secara langsung ataupun tidak langsung itu didasarkan atas hasil kesepakatan bersama yang diberikan secara bebeas untuk rakyat dewasa.

4. Pengertian demokrasi menurut H. Harris Soche

H. Harris Soche menyatakan bahwa pengertian demokrasi adalah sebuah sistem pemerintahan rakyat, karena yang namanya kekuasaan pemerintahaan itu melekat kepada diri rakyat atau orang banyak dan hak bagi setiap rakyat atau orang banyak untuk dapat mempertahankan dan bisa mengatur serta dapat melindungi dari adanya sebuah paksaan yang berasal dari badan atau orang lain yang diserahkan tugas untuk memerintah.

5. Pengertian demokrasi menurut Ranny

Ranny menyatakan bahwa pengertian demokrasi adalah sebuah sistem pemerintahan yang senantiasa diorganisasikan dan ditata itu berdasar atas adanya prinsip-prinsip dari kedaulatan rakyat, konsultasi, dialog, kesamaan politik dan didasari atas adanya peraturan yang berasal dari mayoritas

6. Pengertian demokrasi menurut Hannry B. Mayo

Hannry B. Mayo telah menerangkan bahwa pengertian demokrasi adalah sebuah kebijaksanaan yang sifatnya umum dimana telah ditetapkan karena dasar mayoritas oleh setiap wakil yang diawasi secara efektif oleh rakyat didalam setiap pemilihan yang didasari atas sebuah prinsip kesamaan politik dan dilakukan didalam suasana yang menjunjung tinggi kebebasan berpolitk

7. Pengertian demokrasi menurut Merriam, Webster Dictionary

Menurut Merriam, bahwa pengertian demokrasi adalah suatu pemerintahan oleh rakyat dimana secara khusus oleh mayoritas dan pemerintahan yang pada kekuasaan tertinggi akan tetap dijalankan oleh rakyat baik tidak langsung maupun langsung dengan melalui sistem perwakilan yang biasanya dijalankan dengan melalui pemilu secara bebas, dilakukan secara periodik dan rakyat umum pada khususnya untuk bisa mengangkat sumber otoritas politik dan tak adanya perbedaan kelas-kelas yang dilatarbelakangi oleh keputusan yang semena-mena atau atas dasar keturunan.

8. Pengertian demokrasi menurut Abdul Ghani Ar Rahhal.

Abdul Ghani Ar Rahhal menyatakan bahwa pengertian demokrasi adalah suatu kekuasaan oleh rakyat yang dimana rakyat menjadi sumber kekuasaan. Ia mengungkapkan bahwa Plato itu orang yang pertama dalam mengungkapkan teori demokrasi, dimana pada sumber kekuasaannya itu merupakan sebuah keinginan yang tunggal dan bukan majemuk.

9. Pengertian demokrasi menurut C.F. Strong

Menurut C.F. Strong mengungkapkan bahwa pengertian demokrasi adalah sebuah sistem pemerintahan yang didalamnya mayoritas anggota dewan yang berasal dari masyarakat yang turut aktif ikut didalam politik dengan didasari atas sistem perwakilan yang akan menjamin pemerintah untuk pada akhirnya bisa mempertanggungjawabkan segala aktivitas mayoritas tersebut.

10. Pengertian demokrasi menurut Yusuf Al-Qordhawi

Yusuf Al-Qordhawi menuturkan bahwa pengertian demokrasi adalah sebuah wadah bagi setiap masyarakat untuk dapat memilih seseorang untuk dapat menjadi pengatur dan pengelola kepentingan pada masyarakat dimana untuk pimpinannya bukan orang yang dibenci, segara peraturannya bukan yang masyarakat tak dikehendaki dan masyarakat punya hak untuk meminta pertanggungjawaban kepada penguasa jika pemimpin tersebut melakukan kesalahan. AKan tetapi masyarakat juga tidak berhak memecatnya ketika menyelewengkan, masyarakat juga tak dapat dibawa kedalam sistem budaya, politik, sosial atau ekonomi yang tak disukai dan tak dikenali.

11. Pengertian demokrasi menurut Koentjoro Poerbopanoto

Koentjoro Poerbopanoto menuturkan bahwa pengertian demokrasi adalah sebuah sistem pemerintahan yang dimana posisi rakyat harus ikut turut aktif bergabung dalam pemerintahan negara.

12. Pengertian demokrasi menurut Charles Costello

Charles Costello mengungkapkan bahwa sebuah sistem didalam politik sosial dan pemerintahan dengan kekuasaan yang terdapat pada pemerintah akan tetapi dibatasi oleh hukum dan juga merupakan kebebasan pada setiap warga negara yang bertugas untuk melindungi seluruh hak-haknya.

13. Pengertian demokrasi menurut Samuel Huntington

Samuel Huntington menekankan bahwa pengertian demokrasi adalah demokrasi dapat hadir jika para pembuat keputusan yang terkuat didalam sebuah sistem itu dipilih melewati pemilu yang jujur, adill dan berkala serta dapat menerapkan adanya kebebasan dalam bersaing untuk setiap calon yang memiliki tujuan untuk dapat memperoleh suara.

14. Pengertian demokrasi menurut Maurice Duverger

Maurice Duverger menyatakan bahwa pengertian demokrasi adalah suatu cara pemerintah yang dimana terdapat suatu golongan yang menjadi diperintah dan ada yang memerintah ataukah tidak dapat dipisahkan.

15. Pengertian demokrasi menurut Prof. Mr. Muhammad Yamin

Prof. Mr. Muhammad Yamin menerangkan bahwa pengertian demokrasi adalah sebuah dasar yang ada didalam pembentukan pemerintahan dan posisinya berada didalam atau masyarakat pada sebuah kekuasaan untuk bisa memerintah dan mengatur supaya dapat dikendalikan dengan sah pada setiap warga negara.

16. Pengertian demokrasi menurut International Commision of Jurist 

Menurut International Commision of Jurist disebutkan bahwa demokrasi adalah sebuah sistem pemerintahan yang didalamnya terdapat hak didalam membuat keputusan politik yang mesti diselenggarakan oleh rakyat melalui para wakil yang sudah terpilih didalam sebuah proses pemilu.

17. Pengertian demokrasi menurut Affan Ghafar

Affan Ghafar mengungkapkan bahwa Pengertian demokrasi adalah terbagi dalam 2 hal yakni demokrasi normatif ialah suatu demokrasi yang umumnya itu diwujudkan oleh negara-negara. Sedangkan pada demokrasi empirik ialah sebuah demokrasi yang wujudnya hanya ada didunia politik.

18. Pengertian demokrasi menurut Yeni R. Lukiswara dan Sumarno Ap

Kedua tokoh ini menerangkan bahwa demokrasi adalah suatu pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

Macam-macam Demokrasi

Berdasarkan dari beberapa pengertian demokrasi yang ada diatas maka kita bisa menelusuri macam-macam demokrasi yakni sebagai berikut:

  1. Demokrasi pancasila ialah suatu sistem demokrasi yang selalu terpusat pada aspirasi, kepentingan dan dari suara rakyat serta mempunyai jiwa dan dasar dari paham pancasila atau nilai-nilai luhur dari pancasila yang dimana bersumber pada setiap tata nilai sosial budaya.

  2. Demokrasi liberal adalah suatu sistem demokrasi yang berupaya terus dalam menekankan untuk memberikan kebebasan pada manusia agar mempunyai kepentingan manusia dan kekuasaan didalam pemerintahan yang sudah dibatasi oleh aturan atau undang-undang.

  3. Demokrasi terpimpin adalah suatu sistem demokrasi yang ingin senantiasa mengarahkan kepada pimpinan tunggal.

  4. Demokrasi proletas adalah suatu sistem demokrasi ingin untuk menyejahterakan rakyat dengan segala sesuatunya telah dikuasai dan ditetapkan oleh negara serta tak mengenal adanya kelas masyarakat.

  5. Demokrasi totaliter adalah suatu sistem demokrasi yang memiliki tujuan utama dalam menghalalkan segala cara.

  6. Demokrasi titular adalah sebuah sistem demokrasi yang senantiasa bercampur dengan gaya modern dan gaya lama.

  7. Demokrasi formal adalah suatu sistem demokrasi yang berupaya menempatkan persamaan kedudukan pada setiap orang didalam politik dengan tak menyertakan upaya didalam menghilangkan dari kesenjangan ekonomi.

  8. Demokrasi Material adalah suatu sistem demokrasi yang diciptakan atas dasar persamaan sosial dan ekonomi.

  9. Demokrasi campuran merupakan suatu demokrasi yang berupaya menciptakan adanya kesejahteraan rakyat dengan menempatkan semua orang kepada hak yang sama.


Ciri-ciri Demokrasi

Berdasarkan macam-macam demokrasi yang dipaparkan diatas maka kita bisa menemukan ada beberapa ciri-ciri demokrasi yakni sebagai berikut:

  1. Mempunyai jaminan kekuasaan yang telah disepakati bersama.
  2. Mempunyai jaminan atas kemerdekaan pada setiap warga negara untuk dapat beroposisi dan berkumpul.
  3. Mempunyai sebuah jaminan HAM.
  4. Mempunyai kekuasaan atas pemerintahan yang telah dikendalikan oleh rakyat dengan melewati utusan-utusan yang telah dipilih rakyat.
  5. Mempunyai persamaan atas kedudukan dan perlakuaan kepada seluruh warga negara yang ada didalam hukum.


Prinsip-prinsip Demokrasi

Kemudian adapun terdapat beberapa prinsip-prinsip demokrasi yang mesti kita ketahui yakni sebagai berikut:

  1. Adanya suatu jaminan HAM atau Hak asasi manusia
  2. Adanya persamaan dihadapan hukum
  3. Konstitusi atau aturan akan membatasi kekuasaan yang dimiliki oleh pemerintah.
  4. Munculnya sebuah kebebasan pers
  5. Kebebasan untuk mengeluarkan pendapat dan berserikat atau berkelompok
  6. Munculnya pemilu yang jujur, adil dan bebas dimana sesuai dengan apa yang menjadi aspirasi rakyat.
  7. Peradilan yang dilaksanakan dengan jujur dan adil serta tidak ada keberpihakan.

Demikianlah informasi mengenai pengertian demokrasi menurut dari para ahlinya, semoga informasi tentang pengertian demokrasi dapat memberikan manfaat dalam meningkatkan wawasan mengenai pengertian demokrasi.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak