Lakukan Hal Ini Bila Kamu Mengunjungi Tempat Wisata Religi

Konten [Tampil]

Tips mengunjungi tempat wisata religi – Melakukan perjalanan wisata memang bisa dilakukan kemana saja dan kapan saja. Buat kamu yang gemar melakukan perjalanan traveling dan merasa sudah mengunjungi banyak tempat untuk melakukan perjalanan traveling, maka kini waktunya buat kamu melakukan perjalanan traveling ke tempat yang berbeda. Kini waktunya buat kamu melakukan perjalanan traveling ke tempat wisata lain yang jauh lebih menyenangkan.

Salah satunya kamu dapat mengunjungi tempat wisata religi. Kamu yang mungkin belum pernah ke tempat wisata religi, tidak ada salahnya kamu mencoba melakukan perjalanan wisata ke tempat wisata religi. Dengan mengunjungi tempat wisata religi  tentu tak hanya akan memberikan pengalaman yang berkesan, tapi juga akan membekaskan nilai spiritual buat kamu. 

Tak jarang bahkan beberapa travelers mengalami perubahan setelah melakukan perjalanan wisata ini. Setelah mengunjungi tempat wisata religi, beberapa dari traveller semakin merasa lebih dekat dengan penciptanya serta ada juga yang memiliki rasa toleransi beragama yang akan semakin besar karena tahu banyak tentang ibadah pemeluk agama lain. 

Lalu apa saja tips mengunjungi tempat wisata religi yang bisa kamu terapkan? yuk kita simak


Tips Mengunjungi Tempat Wisata Religi

Tips Mengunjungi Tempat Wisata Religi


Berikut ini merupakan tips mengunjungi tempat wisata religi yang dapat kamu terapkan;

Gunakan pakaian yang sopan

Untuk traveller yang mungkin sudah sering mengunjungi tempat wisata religi tentu sudah memahami untuk senantiasa datang dengan menggunakan pakaian yang sopan. Hal ini sudah menjadi aturan baku yang kamu wajib taati ketika datang ke tempat wisata religi.

Misalkan saat mengunjungi wisata religi berupa makam atau masjid, kenakan sarung dan pakaian takwa untuk pria dan kenakan gamis serta hijab untuk wanita. Dan buat kamu yang datang ke sejumlah kuil bersejarah di Thailand misalnya, kamu diwajibkan untuk mengenakan pakaian serba panjang saat berada di dalamnnya. Bahkan ketika kamu Wat Pho nantinya kamu harus melepas alas kaki saat melihat patung Budha tidur. Jadi akan lebih baik bila kamu mencari informasi selengkapnya tentang hal ini.


Cari informasinya, jangan lupa!

Cari informasi sebanyak – banyaknya mengenai destinasi wisata yang kamu kunjungi. Kamu bisa cari informasi mengenai wisata religi dari berbagai sumber seperti misalkan internet, buku atau yang lain. Tak ada salahnya juga jika kamu bertanya kepada petugas di lokasi tentang batasan – batasan wisata atas turis yang berkunjung dan apa saja yang perlu dilakukan serta apa saja yang perlu dihindari.


Hormati jemaat yang sedang beribadah

Kunci melakukan perjalanan wisata religi adalah taat dan toleransi. Jadi jangan hanya ingin dihormati tanpa kamu menghormati orang lain. Hormati orang lain maka nantinya kamu juga akan dihormati oleh orang lain. Misalkan mungkin kamu masih ingat dengan kontroversi perayaan Waisak di Candi Borobudur pada 2013 silam. Hal ini sebenarnya disebabkan oleh banyaknya turis atau wisatawan yang memaksa mengambil foto para biksu dari jarak dekat. Padahal para biksu ini sedang khusyuk berdoa dan seperti ini yang harus dihindari.


Jaga selalu kebersihan di tempat wisata

Menjaga kebersihan memang sudah menjadi suatu hal yang serius yang penting dilakukan. Di Indonesia sendiri sepertinya sudah menjadi rahasia umum soal minimnya tingkat kesadaran masyarakat membuang sampah pada tempatnya. Dan sebagai seorang traveler utamanya jika berkunjung ke tempat ibadah, ini adalah hal yang wajib kamu ikuti. Jaga selalu kesucian dan kebersihan tempat wisata religi yang tengah kamu sambangi.

Buat kamu yang memang tengah datang ke wisata religi, itulah sedikit informasinya buat kamu tentang tips wisata ke tempat wisata religi. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak