Blog ini disponsori oleh :

Quotex Broker : Platform Investasi Cerdas Untuk Orang Cerdas 

Tips Menghadapi Wawancara Kerja, Persiapan dan Yang Harus Dilakukan Saat Interview Pekerjaan

Menghadapi interview dari pihak perusahaan yang kita incar wajar kalau sedikit kuatir. Tetapi dengan persiapan yang matang, percayalah pasti mampu untuk mengatasi permasalahan itu. Tidak usah panjang lebar semua pasti sudah tahu interview atau wawancara kerja.

Tips Menghadapi Wawancara Kerja
Foto oleh Tima Miroshnichenko dari Pexels

Tips Menghadapi Wawancara Kerja

Di bawah ini adalah sedikit tips yang mungkin bisa bermanfaat atau langkah-langkah yang dapat di lakukan supaya mendapatkan hasil yang diharapkan :

  1. Membuat perencanaan, kerjakan PR kecil yaitu selidiki terlebih dahulu perusahaan yang kita incar. Jika memungkinkan selidiki juga orang-orang yang akan di temui saat interview kerja. Tinjau kembali pengalaman kerja dan giring juga diri kita sesuai kebutuhan perusahaan.

  2. Latihan, umumnya kita menghadapi sejumlah pertanyaan yang biasa di ajukan. Tidak ada salahnya untuk melatihnya kembali. Bila perlu, catat jawaban-jawaban jika itu membantu presentasi lebih efisien.

  3. Kontak mata, pertahankan kontak mata dengan pewawancara. Tunjukkan kita sangat menginginkan pekerjaan tersebut.

  4. Bersikap positif, Hindari komentar-komentar negatif misalnya tentang mantan atasan di perusahaan Anda yang dulu.

  5. Siapkan busana, urusan penampilan sangat penting lho. Secara tidak langsung cara berbusana menunjukkan kepribadian diri kita. Bila berbusana baik pastinya akan dinilai secara baik pula. Tidak perlu busana yang mewah yang penting rapi dan serasi.

  6. Fokuskan jawaban dan prestasi kerja pada posisi yang di incar.

  7. Bujuk si pewawancara agar menceritakan tentang perusahaannya, Tunjukkan ketertarikan kita. Sodorkan pertanyaan-pertanyaan sugestif, semisal ‘Mengapa membuka lowongan kerja untuk posisi tersebut’ atau ‘seberapa sering posisi tersebut diisi karyawan baru’.

Demikian tips menghadapi wawancara kerja yang dapat kalian praktekkan.  Dengan menerapkan tips di atas, kalian akan semakin terbiasa menghadapi wawancara, sehingga tidak akan canggung apalagi grogi ketika menghadapi wawancara kerja

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak