Bagaimana Cara Ginjal Bekerja? Apa Yang Terjadi Jika Tubuh Kita Kurang Cairan?

Ginjal merupakan organ tubuh yang berbentuk gepeng, pejal, dan mirip seperti kacang merah, dan menjadi salah satu organ yang terpenting dalam tubuh. Ginjal memiliki panjang kira-kira empat inci,  terletak di kiri dan kanan tulang punggung di dekat pinggang. Ginjal membuang zat-zat yang tidak berguna dari tubuh kita. Bagi tubuh, membuang zat-zat yang tidak diperlukan dan tidak dapat digunakan adalah sama pentingnya dengan mengambil zat-zat yang diperlukannya. Ginjal juga mengatur kadar air dan bahan-bahan lain dalam darah.

Cara Ginjal Bekerja
Anatomi ginjal, foto via pinterest


Pada bagian luar setiap ginjal, kapiler-kapiler darah membentuk lipatan-lipatan kecil yang merupakan bola yang ditutup oleh selaput yang halus. Dalam setiap ginjal terdapat kurang lebih 1.500.000 glomeruli yang berbentuk seperti bola-bola kecil. Darah yang mengalir melalui ginjal dalam setiap menitnya adalah yang terbanyak jika dibandingkan dengan yang mengalir melalui organ-organ tubuh lain. Glomeruli membiarkan masuk sebagian cairan yang mengandung larutan bahan-bahan yang paling halus melalui selaputnya.

Cairan yang melalui selaput inilah yang disebut urine atau air seni. Air seni dikumpulkan dalam dinding yang berbentuk piala yang menutupi setiap glomerulus. Sebuah saluran yang sangat halus yang disebut tubulus menyalurkan air seni dari piala-piala tersebut.

Ketika air seni mengalir melalui tubuli yang halus itu, sel-sel pelapisnya sibuk menukarkan bahan-bahan antara darah dan air seni. Zat-zat yang diperlukan oleh tubuh dibawa kembali ke dalam darah. Dengan jalan demikian badan tidak kehilangan zat gula.

Sebagian besar air yang ada dalam tubuli juga kembali masuk ke dalam darah. Dengan demikian ginjal membantu menjaga tubuh agar tubuh mempunyai kelembaban yang cukup. Ketika seseorang  mengeluarkan banyak berkeringat atau tidak cukup banyak minum air, maka ginjal akan mengembalikan lebih banyak cairan ke dalam darah, sehingga produksi air seni juga berkurang. Tubuli ginjal juga membantu mengatur kadar asam dalam darah.

Semua tubuli yang halus itu berkumpul dalam bagian dalam dari setiap ginjal, dan membuka ke dalam sebuah kantong lekukan ginjal. Kemudian air seni mengalir ke bawah melalui dua buah saluran yang disebut ureter yang menghubungkan kedua ginjal dengan kandung kemih.

Belum ada Komentar untuk "Bagaimana Cara Ginjal Bekerja? Apa Yang Terjadi Jika Tubuh Kita Kurang Cairan?"

Posting Komentar

Cara Menanam Lidah Buaya Untuk Rumahan dan Skala Perkebunan

Lidah buaya atau aloe vera merupakan tanaman yang masuk dalam famili xanthorrhoeaceae dan masuk genus aloe. Tanaman ini mudah ditemui di kaw...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel