Bromo, Semeru, Tengger, Pilihan Asyik Wisata Alam dan Budaya di Jawa Timur

Berwisata ke gunung suci. Setelah mendengar kalimat itu, pasti banyak orang yang bertanya tanya apakah gunung suci dan di manakah letaknya. Gunung Bromo merupakan gunung yang disebut suci oleh Suku Tengger (penduduk asli Bromo). 

Bromo merupakan salah satu tujuan wisata yang ada di Indonesia. Letaknya pada 4 wilayah yakni 4 daerah di Jawa Timur membuat Bromo menjadi tempat yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan. Ketinggian Bromo mencapai 2.392m dpl. Di Gunung Bromo terdapat  kaldera atau lautan pasir yang luasnya mencapai 10 kilometer persegi. Di samping gunung Bromo juga terdapat Gunung Batok.

Bromo, Semeru, Tengger, Pilihan Asyik Wisata Alam dan Budaya di Jawa Timur

Tidak ada salahnya untuk mengunjungi Gunung Bromo ini. Petualangan baru juga akan didapatkan.  Diawali dari Cemoro Lawang, pengunjung akan dibuat terpesona dengan hamparan pasir yang terbentang layaknya gurun di Mesir.  Tapi kita tidak akan merasakan hawa panas gurun ketika berada disini. Setelah menyebrangi samudra pasir, barulah kita berhadapan dengan Gunung Bromo yang berdampingan dengan Gunung Batok. Gunung Bromo memang merupakan gunung yang aktif, tapi tidak masalah untuk kita mendaki di sana. Cara mendakinya tidak begitu susah, meskipun memang melelahkan. Cukup menaiki 245 anak tangga, kita sudah bisa sampai di puncak Bromo. Rasa lelah sudah terbayar dengan pemandangan indah yang kita lihat dari puncak.

Bromo Tengger Semeru adalah satu-satunya kawasan konservasi di Indonesia yang mempunyai keunikan berupa lautan pasir seluas 5.270 hektar, dengan ketinggian ± 2.100 meter dari permukaan air laut. Gunung ini mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 m dari utara-selatan dan ± 600 m dari timur-barat.

Jika anda berada dilautan pasir anda akan menemukan tujuh buah pusat letusan dalam dua jalur yang silang-menyilang yaitu dari timur-barat dan timur laut-barat daya. Dari timur laut-barat daya inilah muncul Gunung Bromo yang termasuk gunung api aktif yang sewaktu-waktu dapat mengeluarkan asap letusan dan mengancam kehidupan manusia.

Anda juga dapat menyaksikan sunrise dalam wisata ini dengan duduk manis di Gunung Penanjakan, yaitu gunung yang paling tinggi disekitarnya sehingga ada dapat menyaksikan bagaimana matahari mulai muncul dan menyinari bumi.

Setelah itu anda akan menikmati hamparan pasir yang sangat luas sehingga terasa seperti lautan pasir. Anda juga dapat menyaksikan kawah Gunung Bromo yang masih aktif dan sewaktu-waktu akan meletus. Lumayan buat menantang nyali kita. Perjalanannya dapat anda nikmati dengan jalan kaki atau dengan kuda-kuda gagah yang sudah disediakan di sana. Dan dalam perjalanan anda akan menemukan pure (tempat ibadah agama hindu) tertua disana.

Banyak sekali keunikan yang anda dapatkan disana, mulai dari keramahan Suku Tengger (penduduk asli), kegiatan yang sering mereka lakukan (Upacara Kasada) dan lain sebagainya.
Dari keunikan itulah sehingga banyak wisatawan turis maupun nusantara beramai-ramai mengunjungi wisata Bromo Tengger Semeru.

Belum ada Komentar untuk "Bromo, Semeru, Tengger, Pilihan Asyik Wisata Alam dan Budaya di Jawa Timur"

Posting Komentar

Cara Menanam Lidah Buaya Untuk Rumahan dan Skala Perkebunan

Lidah buaya atau aloe vera merupakan tanaman yang masuk dalam famili xanthorrhoeaceae dan masuk genus aloe. Tanaman ini mudah ditemui di kaw...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel