Tak Ingin Perabotan Rumahmu Dirusak Rayap, Begini Cara Membasmi Rayap Dengan Ampuh

Kita seringkali dibuat kesal dengan kehadiran rayap di rumah kita. Makhluk yang berukuran kecil ini seringkali merusak perabotan rumah kita yang terbuat dari kayu. Walaupun tubuhnya kecil namun kemampuannya dalam merusak kayu jangan dianggap remeh. Rayap berkoloni dengan jumlah yang banyak, membuat rayap mampu menghabiskan atau memakan segala jenis perabotan seperti lemari, kursi, dan kusen pintu atau jendela yang terbuat dari kayu. 

Cara Mengusir Rayap

Cara Membasmi Rayap


Berikut ini merupakan cara mencegah dan mengatasi rayap dengan biaya murah dan mudah secara tradisional dan sederhana:

1. Air Kapur sirih

Untuk membasmi rayap dengan efektif, Anda dapat menggunakan air kapur sirih. Cara yang digunakan adalah dengan menyiramkan air kapur sirih pada kayu yang diserang, atau dapat juga langsung ke sarang rayap. Kulit rayap yang tipis dan lembut tidak mampu menahan sifat panas dari kapur.


2. Air Bekas Cucian Beras

Jangan salah, air bekas cucian beras dapat Anda manfaatkan untuk mengusir rayap meski sifatnya sementara. Perlu diingat bahwa air cucian yang digunakan adalah air pertama dari cucian beras. Caranya adalah dengan menyiramkan air tersebut ke sekeliling sarang rayap.


3.Minyak Tanah

Minyak tanah merupakan salah satu bahan bakar yang sempat populer sebelum hadirnya program pemerintah untuk konversi bahan bakar gas 3kg. Jika Anda mengalami kesulitan untuk mendapatkan minyak tanah, Anda dapat menggantinya dengan bahan bakar lain yaitu minyak solar di mana sifat dan baunya mirip dengan minyak tanah. Caranya yang dapat Anda lakukan yaitu dengan menyemprotkan minyak tanah atau solar pada kayu yang telah di serang rayap atau pada sarang-sarang rayap. Agar lebih ampuh dapat juga ditambahkan minyak serai sebagai pencampur minyak tanah. Anda juga dapat mencampur minyak tanah dengan kapur barus yang ditumbuk sampai halus.


4. Tembakau

Seperti dikutip dari sehatq.com, Tembakau dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit seperti nyeri, sembelit, encok, kejang, penawar racun dari gigitan reptil dan serangga beracun hingga sebagai stimulan pernapasan. Siapa sangka, ternyata tembakau ini juga ampuh untuk mengusir rayap.

Untuk membasmi rayap, cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan mencampur tembakau dan air kemudian didiamkan satu malam agar kandungan sari tembakau sepenuhnya keluar. Lalu semprotkan air campuran itu pada kayu yang diserang atau juga langsung ke sarang rayap.


5. Garam Dapur

Selain untuk keperluan masak, ternyata garam juga ampuh untuk menghadapi rayap. Caranya adalah dengan menaburkan garam di sarang rayap.  Cara ini mungkin kurang efektif karena garamnya hanya mengenai bagian permukaan sarang. Agar lebih efektif anda dapat mencampur garamnya dengan air dan tembakau. Diamkan selama satu malam lalu semprotkan atau siramkan di tempat-tempat yang ada rayapnya.


6. Termisida

Termisida merupakan bahan kimia yang sangat ampuh untuk mengusir rayap, namun penggunaan termisida ini sebaiknya Anda hindari. Anda dapat menggunakan termisida sebagai pilihan yang terakhir karena sangat beresiko mengganggu kesehatan kita. Cara yang dapat Anda lakukan yaitu  dengan menyemprotkannya ke sarang dan kayu-kayu yang diserang rayap. 


Demikian Cara Membasmi Rayap yang dapat Anda praktekkan, semoga bermanfaat.
Terima kasih

Belum ada Komentar untuk "Tak Ingin Perabotan Rumahmu Dirusak Rayap, Begini Cara Membasmi Rayap Dengan Ampuh"

Posting Komentar

Cara Menanam Lidah Buaya Untuk Rumahan dan Skala Perkebunan

Lidah buaya atau aloe vera merupakan tanaman yang masuk dalam famili xanthorrhoeaceae dan masuk genus aloe. Tanaman ini mudah ditemui di kaw...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel