Cara Memperbaiki Dispenser Yang Airnya Tidak Dingin Lagi

Kita umumnya menjumpai kerusakan pada dispenser, entah berupa berupa kebocoran, suhu airnya tidak panas, atau jika dispensernya memiliki fitur pilihan air dingin namun tidak fungsi pendinginan air tidak berjalan semestinya.  Tapi tentu tiap masalah yang di hadapi akan berbeda cara mengatasinya, satu dengan yang lain.

Cara Memperbaiki Dispenser Yang Airnya Tidak Dingin Lagi


Jadi pada kesempatan kali ini kita akan mengupas mengenai cara memperbaiki dispenser berdasar tipe kerusakan yang di hadapi. Tanpa berpanjang kata lagi mari kita lanjutkan.

Kebocoran pada dispenser biasanya di tandai dengan keluarnya air pada bagian bawah dispenser. Nah untuk memperbaiki dispenser yang mengalami kebocoran adalah dengan cara mengetahui terlebih dahulu bagian mana yang mengalami kebocoran.

Kecenderungan kebocoran terdapat pada selang di dalam dispenser, bisa berupa selang yang berlubang atau sambungan selang ke keran yang yang longgar/ kurang kencang. Tentu saja hal ini akan menyebapkan air mengalir keluar. Jika kebocoran terjadi  pada selang, maka kamu bisa menggantinya dengan selang yang baru.

Kamu bisa juga menggunakan selotip untuk memperbaiki kebocoran pada selang, namun menurut saya kurang efektif karena selang dispenser menggunakan bahan karet elastis, terlebih selotip akan kehilangan daya rekat ketika terkena air.

Lalu bagaimana dengan masalah yang di hadapi jika air yang keluar tidak panas, atau cara memperbaiki dispenser yang tidak dingin lagi? Nah untuk hal yang ini biasanya ada kaitannya dengan umur dari komponen, lepas atau longgarnya  sambungan kelistrikan.

Karena itu jika air yang di hasilkan tidak panas atau dingin maka kamu bisa cek bagian kelistrikanya dahulu. Kamu dapat menggunakan tespen untuk melihat apakah ada aliran listrik yang mengalir di tiap sambungan, atau menggunakan multitester, dengan begitu kamu akan mudah untuk mengambil langkah selanjutnya.

Nah bagaimana jika terdapat bagian yang berkarat?, ya artinya kamu harus menggantinya dengan yang baru. Kamu dapat mencari part pengganti di toko-toko yang menjual komponen elektronik atau peralatn kelistrikan dengan harga yang tidak terlalu mahal. 

Lalu bagaimana jika tidak ada sambungan yang lepas, juga tidak ditemukan bagian yang berkarat? Ada kemungkinan sensor suhu/ termostat pengatur suhu bermasalah, atau mungkin ada komponen yang sudah mati, pada sirkuit kontrolnya, kamu dapat membawa dispensermu ke tempat servis elektronik, karena bagian ini memerlukan penanganan yang lebih jeli. Hal ini di sebabkan yang dihadapi adalah kerusakan pada komponen yang lebih kecil.

Demikian pembahasan tentang Cara Memperbaiki Dispenser Yang Airnya Tidak Dingin Lagi, semoga bermanfaat 


Sumber:
aquaidwatercoolers.co.uk


Belum ada Komentar untuk "Cara Memperbaiki Dispenser Yang Airnya Tidak Dingin Lagi"

Posting Komentar

Cara Pengajuan dan Syarat Kartu Kredit BCA Secara Online

Pada postingan sebelumnya, saya telah membahas Cara membuka rekening BCA secara online , dan kali ini kita akan membahas Cara pengajuan dan ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel