Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Putarannya Lambat

Hal paling menyenangkan ketika cuaca terik adalah mendinginkan diri atau mungkin kamu lebih suka menyebutnya ” ngadem ” di dekat kipas angin, namun akhir akhir ini kamu merasa kipas angin kamu tidak sekuat seperti ketika pertama beli. Yang dulu berputar kencang sekarang hanya sepoi-sepoi. Apa itu akhir dari kipas angin kamu, ya tentu tidak, kamu perlu mengetahui bahwa ada cara memperbaiki kipas angin yang putaranya lambat seperti yang di alami kipas anginmu. Nah berikut kita kan jabarkan apa saja faktor yang membuat kipas angimu berputar lambat dan bagaiman cara memperbaikinya.


Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Putarannya Lambat

Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Putarannya Lambat

Memperbaiki Kipas Angin Yang Putarannya Lambat yang pertama adalah keringnya pelumas pada as rotor yang menyebabkan rotor menjadi lengket dengan bearing sehingga menghambat putaran dari rotor. Kekeringan ini di sebabkan panas dari pemakaian yang cukup lama. Lalu bagaimana mengatasinya? ya tinggal tambahkan pelumas saja berupa oli gemuk( minyak gemuk, grease) pada bagian rotor, mudah kan.

Bagian kedua dari cara memperbaiki kipas angin yang putarannya pelan adalah nilai dari kapasitor. Hal ini agak sulit untuk diketahui memang jika hanya dengan melihat body kapasitor, karena yang rusak bukan bodi dari kapasitor namun nilai dari kapasitor yang berkurang, di dalam kapasitor terdapat cairan yang berguna untuk menyimpan daya listrik, sehingga dapat mengendalikan keluar masuknya arus listrik.

Penggunaan kipas pada putaran yang maksimal secara terus menerus akan mengakibatkan cairan dari kapasitor menjadi kering dan nilainya pun berkurang. Solusinya adalah mengganti kapasitor dengan nilai yang semisal 2,5uF dengan yang sama dan bukan dengan nilai yang lebih kecil atau lebih besar.


Kipas angin tidak berputar

Bgian ketiga dari cara memperbaiki kipas angin yang putarannya lemah adalah dengan cek termostat. Jangankan berputar cepat, jika termostat bermasalah akan mengakibatkan lemahnya putaran hingga akhirnya tidak berputar sama sekali. Cara terbaik adalah dengan mengganti termostat dengan yang baru.

demikian cara memperbaiki kipas angin yang berputar pelan atau lambat semoga dapat membantu dalam mengatasimasalahmu.

Belum ada Komentar untuk "Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Putarannya Lambat"

Posting Komentar

Dompet Digital Terbaik di Indonesia, Siapa Yang Paling Populer?

Dompet digital adalah aplikasi penyimpanan uang digital yang dapat digunakan untuk membayar transaksi secara online. Tanpa uang dan kartu fi...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel