Cara Memperbaiki Pressure Switch Otomatis Pompa Air

Merepotkan memang ketika otomatis pompa air yang kita gunakan tidak bekerja sebagai mana mestinya, yang biasanya tinggal putar keran lalu air akan mengalir sendiri, tanpa harus repot-repot menghidup matikan saklar listrik.


Cara Memperbaiki Pressure Switch Otomatis Pompa Air

Cara Memperbaiki Pressure Switch Otomatis Pompa Air
Otomatis Pompa Air, foto via jakartapompa.com


Kerusakan pada otomatis pompa air biasanya di tandai dengan bunyi yang berasal dari kipas pompa, yang terus menerus bekerja walau sebenarnya tidak ada lagi keran yang terbuka, nah hal ini menyebabkan kamu harus memutus aliran listrik ke pompa secara manual untuk mematikan kinerja dari pompa air.

Lalu apa sih yang menjadi penyebab dari kerusakan itu?  sebelum masuk ke sana ada baiknya sebagai tambahan pangetahuan kamu, mari kita cari tahu dahulu bagaiman sebenarnya pompa air otomatis bekerja.

Cara Memperbaiki Otomatis Pompa Air yang rusak

Pompa air otomatis bekerja berdasarkan tekanan, komponen yang bertanggung jawab terhadap pengaturan tekanan ini bernama pressure swich, komponen ini terdapat di antara saluran penghisap dan saluran keluar air. Komponen ini bekerja berdasarkan tekanan, di mana ketika saluran keluar tertutup maka tekanan dari luar akan lebih besar yang memaksa pegas di pressure switch untuk menutup saluran dan ketika keran terbuka maka tekanan dari dalam yang akan menjadi lebih besar sehingga pegas akan membuka saluran yang memungkinkan air untuk mengalir.

Ya lebih kurang seperti mekanisme pintu yang hanya bisa di buka dari dalam dan di tutup dari luar. Jadi jika mesin air terus berbunyi meski tidak ada keran yang terbuka bisa jadi kerusakan ada pada bagian ini. Namun ada baiknya sebelum itu cek dahulu sambungan pada pipa, bisa saja terdapat sambungan yang mengalami kebocoran, jika memang ini terjadi kamu bisa langsung mengganti pipa yang mengalmi kebocoran tanpa perlu menyentuh mesin air tersebut.

Nah jika tidak ada pipa yang bocor maka berarti masalahnya terdapat di pressure swicth itu sendiri, jika memang hal ini yang di terjadi, maka biasanya hal yang kamu hadapi adalah pompa yang hidup mati secara terus menerus ketika keran di tutup.

Hal ini di akibatkan oleh perbedaan tekanan, di mana air yang keluar lebih sedikit dari air yang di hisap oleh pompa, yang mengakibatkan pressure switch akan terbuka dan menutup sehingga memicu saklar on dan off pada mesin untuk hidup dan mati terus menerus.

Cara mengatasinya adalah dengan menyetel ulang pressure switch, kamu bisa membuka bagian ini, terdapat sebuah baut yang menempel pada pegas, tinggal putar saja baut tersebut dari tekanan rendah ke tekanan kuat, lakukan penyetelan hingga pompa tidak lagi hidup dan mati terus menerus.

Belum ada Komentar untuk "Cara Memperbaiki Pressure Switch Otomatis Pompa Air"

Posting Komentar

Cara Pengajuan dan Syarat Kartu Kredit BCA Secara Online

Pada postingan sebelumnya, saya telah membahas Cara membuka rekening BCA secara online , dan kali ini kita akan membahas Cara pengajuan dan ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel