Koleksi Boneka Anda Kotor? Begini Cara Mencuci Boneka Tanpa Perlu Pergi ke Laundry

Apakah anak-anak Anda suka bermain-main dengan boneka-bonekanya? Tidak ada yang salah dengan bermain boneka, hanya saja Anda harus berhati-hati, bonek yang tidak dirawat dengan baik malah bisa jadi sumber penyakit. Permukaan boneka yang halus dan lembut, mudah sekali menyebabkan debu menempel dan jika lembab jadi tempat berkembangbiaknya bakteri. Di sini akan kita bahas cara merawat boneka atau lebih tepatnya cara mencuci boneka. 

Cara Mencuci Boneka

Berikut beberapa cara mencuci boneka yang mungkin bisa Anda terapkan di rumah tanpa perlu dicuci di laundry.

Menggunakan Kain Basah

Jika boneka Anda hanya berdebu dan tidak terlalu kotor, atau boneka Anda terbuat dari bahan atau bulunya mudah rontok, perawatannya cukup diseka dengan kain yang telah dibasahi air hangat ke seluruh bagian boneka. Kemudian Anda dapat melakukan steaming dengan handsteamer. Selanjutnya Anda dapat memberikan parfum laundry secukupnya pada saat packing


Menggunakan Air

Untuk boneka yg sangat kotor, boneka dapat dicuci menggunakan mesin cuci atau cuci dengan tangan layaknya mencuci pakaian biasa. Namun mencuci boneka dengan mesin cuci harus dilakukan dengan sedikit hati-hati. Anda harus melihat terlebih dahulu label yg ada di boneka untuk tanda-tanda apakah bisa dicuci dengan mesin cuci atau tangan.

Persiapan dan bahan:

  • Kantung laundry (laundry bag ) atau sarung bantal putih polos.


Proses pengerjaan:

Anda dapat memasukan boneka ke dalam kantung laundry atau sarung bantal, kemudian Ikat kantung laundry/ bantalnya dengan rapat agar boneka tidak keluar dari kantung. Penggunaan kantung ini dimaksudkan agar boneka tidak rusak dan bulu boneka tidak rontok kemana-mana pada saat proses pencucian dengan laundry dilakukan.

Langkah selanjutnya adalah dengan memasukkan kantung laundry/ bantal yg telah berisi boneka ke dalam mesin cuci kemudian atur kecepatan mesin cuci pada kecepatan yang paling lambat/ pelan kemudian masukan deterjen. Untuk mencuci boneka, takaran deterjen yang dibutuhkan tidaklah sebanyak takaran deterjen untuk mencuci pakaian biasa. Gunakan kurang lebih seperempat takaran saja.

Bilas boneka yang telah dicuci dengan air bersih.  Anda tidak perlu menambakan softener/ pelembut ketika membilas boneka. Berdasarkan pengalaman, penggunaan softener/ pelembut malah merusak boneka dan membuat warna boneka menjadi luntur, jadi cukup dengan air bersih saja.

Setelah pembilasan, peras boneka dengan cara ditekan-tekan dengan tangan atau diinjak-injak untuk mengeluarkan sisa airnya.

Keringkan boneka yang baru dicuci dengan cara dianginkan atau jemur ditempat yg teduh. Bila anda ingin mengeringkan boneka dengan mesin pengering, gunakanlah mode pengeringan yang tidak terlalu panas.

Setelah kering, rapikan kembali bulu-bulunya dengan jari tangan, jangan menggunakan brush/sisir binatang yg dapat merusak boneka, menggunakan sisir datar (sisir laki) boleh asal menyisirnya tidak terlalu kencang dan hati-hati.

Finishing: Sebelum dipacking ke dalam plastik, pastikan apakah boneka benar-benar kering untuk menghindari bau lembab atau jamur. Semprotkan parfum laundry untuk membuat boneka lebih segar dan wangi.


Menggunakan steamer

Selain lebih aman dan cepat dari proses mencuci dengan air, boneka yg dicuci dengan dry clean juga tidak kalah bersih dengan boneka yg dicuci dengan air. Namun, kadang cara ini hanya membersihkan bagian luar boneka saja, untuk boneka yg tebal, bagian dalam boneka terkadang tidak dapat dibersihkan dengan cara ini.

Proses pengerjaan:

  1. Semprotkan kimia dry clean (PCE) ke seluruh bagian boneka, tunggu 3 menit lalu steam seluruh bagian boneka dengan steamer. 
  2. Setiap kali anda menggunakan tehnik dry clean untuk mencuci boneka, usahakan dalam melakukan steaming (menggunakan steamer) sedikit lebih lama. Ini untuk mematikan kuman yg ada didalam boneka dan membersihkan bagian dalam boneka.
  3. Finishing: Pada saat packing, berikan sedikit parfum untuk membuatnya menjadi fresh namun disemprotkan merata dari jauh agar tidak menggumpal di bulu boneka.


Menggunakan Baking Soda

Penggunaan backing soda ketika mencuci boneka, untuk membersihkan boneka yang bulunya sangat mudah rontok atau boneka yg sudah tua dan antik sangatlah tepat.

Persiapan dan bahan:

  • Kantung Kertas/Plastik.
  • Baking Soda. (Anda dapat mencari di toko bahan kue)


Proses pengerjaan:

Masukan boneka ke dalam kantung kertas. Jika Anda tidak memiliki kantung kertas, Anda dapat memasukannya ke dalam plastik packing laundry.

Masukkan baking soda secukupnya ke dalam kantung kertas/ plastik yang telah berisi boneka. Sesuaikan takaran dengan ukuran dan jangan terlalu berlebihan dan yang penting merata ke seluruh bagian.

Langkah selanjutnya adalah dengan menutup rapat kantung kertas/ plastik kemudian guncang-guncangkan selama beberapa saat untuk meratakan baking soda ke seluruh bagian boneka. Biarkan selama kurang lebih 15 menit agar baking soda bekerja, kemudian keluarkan boneka dari kantung laundry.

Bersihkan baking soda yang ada di boneka dengan tangan atau menepok-nepoknya lalu ambil kain basah dan seka rata seluruh bagian boneka untuk membersihkan baking soda yg menempel.

Setelah bersih anda boleh memberikan sedikit uap steamer ke seluruh bagian boneka untuk membersihkan bagian dalam. Namun yang perlu diingat adalah, pastikan baking soda sudah tidak satupun menempel lagi di bagian boneka hal ini dimaksudkan agar pada saat disteam, backing soda tidak menggumpal dan tidak memberikan efek reaksi kimia busa yang akan meninggalkan bercak putih ketika busanya kering.

Finishing: Pada saat melakukan packing boneka, berikan sedikit parfum untuk membuatnya menjadi wangi dan segar, namun disemprotkan merata dari jauh agar tidak menggumpal di bulu boneka.

Demikian artikel tentang cara mencuci boneka, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Koleksi Boneka Anda Kotor? Begini Cara Mencuci Boneka Tanpa Perlu Pergi ke Laundry"

Posting Komentar

Cara Pengajuan dan Syarat Kartu Kredit BCA Secara Online

Pada postingan sebelumnya, saya telah membahas Cara membuka rekening BCA secara online , dan kali ini kita akan membahas Cara pengajuan dan ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel