Cara Mengukur pH Tanah Menggunakan pH meter, Kertas Lakmus dan Kunyit

Kita sering mendengan kata pH, apakah yang dimaksud dengan pH ? pH merupakan ukuran tingkat keasaman atau kebasaan yang dimiliki larutan suatu benda, yang diukur menggunakan satuan atau skala  pH (p adalah symbol dari powerp atau pangkat  sedangkan H adalah symbol dari  ion hydrogen).

Penggunaan iIstilah pH ini pertama kali diperkenalkan oleh seorang peneliti kimia yang berasal dari Denmark bernama Soren Peder Lauritz Sorensen (S. P. L. Sørensen) pada tahun 1909. Hingga kemudian, pengukuran pH ini banyak diaplikasikan dalam bidang yang terkait dalam kehidupan dan industri seperti kedokteran, ilmu pangan, ilmu biologi, dan khususnya di bidang pertanian yang juga sering di sebut dengan pH tanah. Tujuannya adalah untuk mengukur tingkat keasaman tanah atau lahan yang akan kita tanam.

Terdapat beberapa cara untuk mengukur pH tanah; antara lain menggunakan alat  pH meter, atau mengunakan kertas lakmus untuk membaca warna keasaman, dan ada juga yang menggunakan cara tradisional yaitu dengan menggunakan buah atau tumbuhan yang sensitive terhadap keasaman seperti kunyit atau kunir. 

Nah karena pengukuran menggunakan pH meter harus mengeluarkan biaya yang lumayan mahal, maka banyak petani yang menggunakan  cara untuk mengukur pH tanah dengan menggunakan  kertas lakmus dan cara tradisional yaitu  menggunakan kunyit atau kunir. Tak lain karena cara tersebut lebih ekonomis, meskipun hasilnya yang terbaca tidak seakurat menggunakan pH meter. Tapi untuk hasil yang lebih sempurna,  menggunakan  pH meter sangat dianjurkan karena hasilnya akan lebih presisi.

Cara mengukur pH tanah
Digital pH meter, foto: mt.com


Cara mengukur pH Tanah

Berikut beberapa cara mengukur pH tanah:


Mengukur pH Menggunakan pH meter:

Unutk mengukur pH tanah menggunakan pH meter maka alat dan bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut:

  1. pH meter
  2. Air mineral
  3. Gelas
  4. Sampel tanah(Ambil sampel tanah dari beberapa tempat dalam lahan yang akan digarap pada tepi,ujung.dan  tengah dari lahan .campurkan secara merata).


Cara pengukuran:

  1. campurkan tanah dengan air dengan perbandingan 50:50
  2. masukkan dalam gelas dan aduk sampai rata
  3. diamkan sesaat sampai air dengan tanah terpisah atau mengendap
  4. masukkan ujung pH meter  ke dalam air tersebut dan baca hasilnya.


Mengukur pH Menggunakan kertas lakmus

Untuk mengukur pH tanah menggunakan kertas lakmus maka alat dan bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut:

  1. kertas lakmus  (biasanya bisa dibeli di toko kimia atau apotik)
  2. air mineral
  3. gelas
  4. sampel tanah (ambil sampel tanah dari beberapa  tempat dalam lahan yang akan digarap pada tepi ujung dan tengah dari  lahan,campurkan  secara merata)

Cara pengukuran:

  1. campurkan tanah dengan air, dengan perbandingan 50:50
  2. masukkan dalam gelas aduk sampai rata
  3. diamkan sesaat sampai air dan tanah terpisah atau mengendap
  4. masukkan ujung kertas lakmus kedalam air tersebut,angkat tunggu beberapa saat hingga ujung kertas berubah warna kemudian cocokkan warna sesuai petunjuk pada table.

Mengukur pH Menggunakan kunyit:

Mengukur pH Menggunakan kunyit ini ini tidak seefektif  menggunakan  ph meter atau kertas lakmus karena kita tidak bisa tahu angka kadar keasaman dari hasil pengukuran. Pengukuran pH meter menggunakan kunyit ini hanya bertujuan untuk mengetahui lahan kita apakah kadar keasamannya tinggi atau tidak, oleh sebab itu mengukur pH dengan menggunakan alat pH meter sangat dianjurkan.

Baiklah, berikut cara pengukurannya:

Untuk mengukur pH tanah menggunakan kunyit maka alat dan bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut:

  1. kunyit dibelah atau dipotong menjadi dua
  2. sampel tanah yang diambil dari lahan yang akan digarap (harus sedikit basah)
  3. masukkan kunyit yang sudah di belah tadi ke dalam sampel tanah tadi, kemudian tunggu beberapa saat 
  4. lihat perubahan warna pada kunyit yang sudah dibelah tersebut, jika warnanya berubah menjadi pudar atau pucat maka maka tanah tersebut cenderung kadar keasamannya tinggi. Jika warnanya tidak berubah berarti pH tanahnya netral dan jika berubah menjadi biru itu menunjukkan kadar keasamannya rendah. Tapi kita tidak bisa tahu berapa angka kadar pH nya, 

ok selamat mencoba.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengukur pH Tanah Menggunakan pH meter, Kertas Lakmus dan Kunyit"

Posting Komentar

Dompet Digital Terbaik di Indonesia, Siapa Yang Paling Populer?

Dompet digital adalah aplikasi penyimpanan uang digital yang dapat digunakan untuk membayar transaksi secara online. Tanpa uang dan kartu fi...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel