Pengertian Unsur Hara Pada Tanaman dan Jenis-Jenis Unsur Hara

Unsur hara adalah suatu unsur  yang menjadi  asupan makanan bagi tanaman,untuk menjadi tumbuh besar. Tanaman  menyerap karbon yang ada di udara yang berkadar rendah, dibantu oleh air dan sinar matahari, diserap oleh klorofil dan diubah menjadi organik untuk pertumbuhan dan metabolisme tanaman.

Terdapat beberapa kandungan unsur hara yang sangat di butuhkan oleh tanaman seperti ; Oksigen (O2), Carbon (CO ) ,Hidrogen (H2), Nitrogen (N2),  Fosfor (P), Kalium (K), Sulfur (S), Kalsium (Ca), Seng (Zn), Besi (Fe), Mangan (Mn), Magnesium (Mg) , Boron (B),  Tembaga (Cu), klor (Cl) , Molibdenum (Mo). Dan ada beberapa unsur tambahan yang juga diperlukan tanaman yaitu Natruim (Na), Silikon (Si), Kobal (Co)   

Setiap unsur tersebut mempunyai  fungsi masing-masing,dan setiap jenis tanaman membutuhkan asupan yang berbeda-beda.  Kita harus mengetahui fungsi dan karakter dari unsur  hara  tersebut, apakah tanaman kita kelebihan  unsur atau kekurangan unsur .Unsur hara pada dasar nya di bagi dua yaitu unsur  hara makro dan mikro.

Jenis-jenis Unsur Hara

Pengertian Unsur Hara Pada Tanaman dan Jenis-Jenis Unsur Hara


Berikut ini adalah jenis-jenis unsur hara

A. Unsur hara makro

Unsur hara makro yaitu unsur hara yang dibutuhkan dalam jumlah yang  banyak oleh tanaman.

Yang termasuk dalam unsur  hara makro adalah:

1. Nitrogen (N2)

Berfungsi untuk merangsang pertumbuhan daun dan batang,apabila  tanaman kekurangan unsur ini maka akan kelihatan daunnya agak kekuningan,daun nya tidak lebar dan kaku,daun tua kering dan mati,pertumbuhan batang lambat.apabila kelebihan unsur Nitrogen daunnya terlalu hijau dan batangnya dan akarnya  tidak kuat.untuk megatasi kekurangan NITROGEN biasanya dilakukan penambahan pupuk UREA, NPK, ZA dan pupuk  daun.


2. Fosfor (P)

Berguna untuk melancarkan metabolisme tanaman, merangsang pertumbuhan sel, bunga dan buah pada tanaman. Apabila asupan Fosfor tidak mencukupi maka pada tanaman buah tidak banyak berbuah , cepat tua dan gugur. Dan bila kelebihan unsur  ini kemungkinan  untuk penyarapan unsur tambahan lain akan terganngu, namun dari segi fisik tanaman tidak tampak. Untuk mengatasi kurangnya asupan fosfor dapat dilakukan dengan menambahkan pupuk kimia sp36, MKP, NPK dan pupuk daun.


3. Kalium (K)

Berpegaruh pada daya tahan tanaman terhadap penyakit, meningkatkan kwalitas biji dan buah, merangsang pembentukan karbohidrat dan protein, memperkuat batang dan buah agar tidak mudah gugur. Bila tanaman mengalami kekurangan unsur kalium maka tanaman akan mudah terserang penyakit,ujung daun menguning, dan kering timbul bercak coklat pada tepi daun. Untuk mengatasi kekurangan unsur Kalium yaitu dengan menambahkan pupuk kimia KCI, MKP, NPK, dan pupuk daun


4.Kalsium (C)

Kalsium berfungsi sebagai pembentukan klorofil pada daun. Unsur ini sangatlah penting untuk tanaman untuk menunjang penyerapan makanan oleh klorofil, dan juga untuk menyerap air. Kekurangan asupan unsur ini dapat  mengakibatkan pertumbuhan tunas dan daun muda tidak normal, daun keriput,  kaku  dan menguning pada tepi daun.  Bila asupan unsur  ini berlebihan maka penyerapan dan pembentukan klorofil akan berpengaruh pada pertumbuhan tanaman, tanaman menjadi lambat tumbuh. Untuk megatasi masalah kekurangan kalsium biasanya dilakukan penambahan  Kalsium Karbonat  (Ca)


5.Magnesium (Mg)

Manesium juga berperan untuk pembentukan daun buah, merangsang enzim Carboxy peptisida dan pyrophosphates  organic. Kekurangan unsur  magnesium dapat terlihat adanya bintik-bintik kuning pada bagian tengah daun. Kelebihan asupan unsur magnesium tidak akan tampak pada fisik tanaman. Untuk mengatasi kekurangan magnesium yaitu dengan menambahkan kapur dolomite (Mg)


6. Sulfur (S) /Belerang.

Sulfur berperan untuk merangsang pertumbuhan akar, membentuk enzim warna pada buah seperti wortel, apel , cabe, jagung dan sebagainya. Kekurangan sulfur berdampak pada daun dan buah tumbuh lambat dan berwarna pudar. Cara mengtasinya adalah dengan menambahkan Phonska (S), pupuk kimia ZA ,dan pupuk daun.


B. Unsur hara mikro.

Unsur  hara mikro adalah  unsur yang juga sangat dibutuhkan oleh tanaman tetapi dalam jumlah yang sedikit. Yang termasuk dalam unsur  hara mikro adalah:


1.Khlor (Cl)

Khlor bermanfaat untuk pembentukan serat pada batang dan buah, serta berperan dalam proses fotosintesis


2.Boron (B)

Boron berperan  sebagai sarana pensuplai asupan unsur  lain, seperti karbohidrat ke seluruh bagian pada tanaman, mulai dari akar sampai ke pucuk daun.


3.Seng/ Zink (Zn)

Zink berfungsi merangsang pertumbuhan buah, menjaga keseimbangan dalam pertumbuhan.


4. Besi (Fe).

Unsur besi diperlukan untuk membantu dalam penyusunan klorofil, enzim dan protein.


5. Molibdenum (Mo)

Unsur Molibdenum membantu mengikat Nitrogen dalam proses makanan.

Demikian pembahasan mengenai pengertian unsur hara dan jenis-jenis unsur hara pada tanaman, semoga bermanfaat 

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Unsur Hara Pada Tanaman dan Jenis-Jenis Unsur Hara"

Posting Komentar

Cara Menanam Lidah Buaya Untuk Rumahan dan Skala Perkebunan

Lidah buaya atau aloe vera merupakan tanaman yang masuk dalam famili xanthorrhoeaceae dan masuk genus aloe. Tanaman ini mudah ditemui di kaw...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel