Tips Memilih dan Membeli Karpet Yang Sesuai Dengan Kebutuhan Anda

Konten [Tampil]

Menentukan barang apa yang pas dan cocok agar rumah tampak lebih indah memang bukan hal yang mudah. Kita harus memastikan barang yang kita inginkan terjangkau harganya namun mampu bertahan lama. Jangan sampai kita menyesal di kemudian hari karena barang tersebut ternyata cepat rusak. Maka dari itu, sangat penting untuk kita kita memperhatikan setiap sudut, dan melakukan riset terhadap rumah kita serta menentukan apa isi rumah yang kita dengan benar. Dengan cara mencari informasi sebanyak – banyaknya mengenai barang – barang yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan untuk rumah kita.

Anda mungkin berpikir kalau karpet merupakan barang yang sepele, namun jangan salah, karpet dapat mempengaruhi tampilan isi rumah Anda. Karpet dapat menciptakan dampak maksimum di rumah Anda, menambah daya tarik visual dan juga dapat mempertegas suatu area. Model karpet yang ada saat ini juga sangat beragam. Agar Anda tidak terlalu bingung dalam memilih karpet, Anda dapat mengikuti tips berikut ini untuk menentukan Karpet yang tepat untuk rumah Anda.

Tips Memilih Karpet

Tips Memilih dan Membeli Karpet


Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda pertimbangkan ketika memilih dan membeli karpet;

Perhatikan kualitas karpet

Langkah pertama kita tentukan adalah mengetahui kualitas karpet yang akan kita beli, dengan mempertimbangan usia  karpet agar lebih tahan lama, Anda dapat membeli karpet buatan tangan dari pengrajin karpet. Namun karpet buatan tangan harganya lebih tinggi dari pada buatan mesin.


Kenyamanan

Akan menjadi hal yang percuma dan sia-sia ketika kita membeli barang tapi ternyata tidak nyaman ketika kita gunakan. Untuk itu, kita harus tetap mempertimbangkan faktor kenyamanan. Hal ini sangat penting terutama untuk anak-anak yang memiliki kulit yang sensitif. Anda dapat memilih karpet yang nyaman dan tidak terlalu keras.


Kebiasaan dekorasi

Kadang ada orang yang memiliki kebiasaan mengubah jenis dan model dekorasi rumah dari waktu ke waktu mungkin sering bosan ataupun karena lain hal. Jika Anda termasuk tipe ini, maka Anda tidak harus memilih karpet yang harganya  mahal, toh nantinya juga tidak digunakan dalam waktu yang lama. Untuk itu, Anda dapat Membeli karpet dengan pilihan harga yang lebih murah. Anda bisa mendapatkan karpet sintetis seperti yang terbuat dari polypropylene atau nilon. Karpet dari bahan biodegradable dapat Anda pertimbangkan untuk dicoba. Anda dapat memilih karpet yang memiliki gaya yang indah dan memiliki warna yang sesuai dengan ruangan Anda.


Menyesuaikan ukuran

Perhatikan ukuran ruangan rumah Anda dan tempat di mana Anda akan menempatkannya. Memasang karpet tidaklah harus sama dengan ruangan rumah Anda. Namun juga jangan terlalu kecil, karena akan terlihat tidak serasi dan tidak menjadi titik focus ruangan Anda. Jika Anda akan mendapatkan area karpet yang sangat besar, mungkin hanya akan membuat ruangan terlihat ramai, bukan membuatnya menarik. Anda bisa memasang karpet hanya untuk area tertentu saja, misalnya untuk area tempat duduk ruang tamu. Tentukan ukuran yang Anda butuhkan untuk ruang Anda dan cobalah untuk membayangkan bagaimana jika karpet itu berada di rumah Anda.


Memilih warna yang tepat

Saat memilih warna karpet, tentukan dengan menyesuaikan dekorasi rumah Anda. Anda bisa menyesuaikan dengan warna barang – barang lain, wallpaper ataupun dinding rumah Anda. Namun tidak harus sama persis. Anda bisa mencocokkan warna apa yang serasi dan matching. Karpet dengan warna cerah bisa membuat ruangan rumah Anda tampak luas, sebaliknya warna yang gelap akan tampak ruangan menjadi sempit.


Pertimbangkan tekstur dan pola karpet

Cocokanlah pola karpet yang akan Anda pilih dengan barang – barang di rumah Anda. Jika ruangan Anda sudah menggunakan dinding dengan pola, gambar, mural atau wallpaper, pilihlah karpet yang polos atau yang memiliki pola kecil dan sederhana. Jika ruangan menggunakan warna polos di sebagian besar area, maka karpet dengan pola besar dan meriah akan lebih cocok.


Bentuk karpet

Selain bentuk persegi masih ada bentuk yang lain seperti bulat atau oval. Bahkan ada karpet yang berbentuk seperti mobil, bunga, binatang dan banyak lainnya. Cobalah berbagai bentuk sehingga Anda dapat menemukan bentuk karpet yang sesuai. Bentuk yang unik benar-benar terlihat manis.


Bahan karpet

Bahan penyusun karpet akan menentukan kualitas dan harga. Serat bisa berupa serat sintetis atau serat alami. Serat yang biasa digunakan sebagai bahan dasar karpet misalnya kapas, rami, rumput laut, sutra, dan wol untuk sisal serat alami. Untuk yang sintetis, misalnya nilon, poliester dan polipropilena.


Frekuensi penggunaan

Perhatikan area yang akan Anda tutupi dengan karpet. Apakah sering dilewati orang atau tidak. Jika area tersebut sering dilewati oleh orang, maka pilihlah karpet dengan pola karena akan lebih mudah untuk dirawat karena kotoran tidak mudah terlihat. Mungkin Anda juga bisa memilih dengan harga yang tidak terlalu mahal,  karena sering dilewati akan lebih cepat mudah rusak. Selain itu gunakan karpet yang terbuat dari bahan katun, nilon, poliester, rumput laut, sisal dan wol karena lebih tahan lama. Untuk area yang tidak terlalu padat, Anda bisa memilih karpet yang terbuat dari sutra, polypropylene dan goni.


Perhatikan pengguna

Pikirkan para pengguna karena mereka akan terpengaruh dengan jenis serat karpet yang Anda pilih. Anda mungkin memiliki hewan peliharaan atau anak-anak yang menggunakannya. Pilihlah bahan yang tidak mengiritasi kulit. Selain itu, pastikan Anda selalu menjaga kebesihan karpet untuk menghindari alergi seperti asma terutama untuk anak-anak. Untuk Anda yang mempunyai hewan peliharaan, pilih bahan karpet yang memiliki serat yang kuat agar tidak mudah rusak.


Demikian tips memilih dan membeli karpet untuk dipasang di rumah Anda, semoga bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak