Simak! Ini 7 Orang Kapten Bajak Laut Yang Melegenda Hingga Saat Ini

Bagi kalian penggemar "Pirates Of The Carribean" dengan tokoh sentralnya yaitu Capt. Jack Sparrow tentu tak asing lagi dengan sebutan "Bajak Laut", dan sebagian di antara kalian mungkin berpikir "Ah itu hanya film buatan Hollywood" atau "Masih percaya ada bajak laut? dongeng itu"

Pada kenyataanya bajak laut itu ternyata memang benar-benar ada. Pada tahun 1600-1700, mereka pernah berjaya di 7 samudra di dunia, menyebar teror dan merampok kapal dagang kolonial. Mereka adalah bajak laut yang terkenal pada masanya dan memberikan banyak inspirasi hingga saat ini. Nah berikut adalah 7 Orang Kapten Bajak laut paling terkenal di dunia..


Henry Morgan -The King of All Pirates

7 Orang Kapten Bajak Laut Yang Melegenda
Henry Morgan, foto via Royal Museums Greenwich

Henry Morgan atau Morgan 'the terrible' adalah salah satu bajak laut yang paling kejam dari semua bajak laut yang ada di dunia. Dengan keberani, kebrutalan, dan kecerdasan yang dimiliki Henry, membuanya menjadi bajak laut yang paling ditakuti, dan dihormati sepanjang masa di kalangan bajak laut. 

Awalnya, Hendry adalah seorang Welsh Admiral dan privateer, mungkin juga salah satu yang terkenal dan sukses di antara privateers dari Wales. Privateers adalah  ‘bajak laut’ yang disahkan oleh suatu negara pemerintah dengan surat marque untuk menyerang pelayaran asing dan membantu tugas dari negara. Henry Morgan meninggal dunia pada tahun 1688


Bartholomew Roberts - 'Great Pirate Roberts' - Black Bart 

Legenda Bajak Laut
Sketsa Bartholomew Roberts di depan dua kapalnya, The Royal Fortune and The Ranger, foto via Stringer/Getty Images

Bartholomew Roberts, dikenal dengan sebutan 'Great Pirate Roberts', menjelajahi laut pada awal abad ke-18. Roberts menjelajahi pantai-pantai Amerika Utara dan Selatan. Roberts dikenal menyimpan begitu banyak kebencian bagi orang-orang di pulau Martinique dan Barbados. Karenanya ia menciptakan bendera hitam untuk menggambarkan hal itu. 

Roberts adalah bajak laut yang sukses besar pada masa Golden Age of Piracy. Dia merampas kapal lebih banyak daripada beberapa bajak laut terbaik dari era tersebut, seperti Blackbeard atau Kapten Kidd. Roberts diperkirakan telah menangkap lebih dari 470 kapal. 

Pada akhir hayatnya Kapten Roberts terbunuh oleh grapeshot (sejenis meriam kapal) yang mengenainya, ketika dia berdiri di dek. Setelah itu dia dikuburkan di dalam laut oleh para awak kapalnya, setelah jasadnya dibungkus menggunakan layar kapal.

Kematian Roberts 'mengejutkan dunia bajak laut, serta Angkatan Laut Inggris. Para pedagang lokal dan warga sipil bahkan berpikir jika dia tak terkalahkan, dan beberapa menganggapnya seorang pahlawan. Kematian Roberts dianggap banyak sejarah bahwa ini sebagai akhir Golden Age of Piracy.


William Kidd - 'Captain Kidd'

bajak laut paling terkenal


Pada awalnya Captain Kidd adalah seorang ‘Privateer’ yang direkrut kerajaan Inggris untuk menumpas bajak laut. Kidd dibekali dengan kapal legendaris nya yaitu the Adventure Galley. Kapal tersebut dipersenjatai dengan 34 meriam dan mampu membawa 80 ABK, tapi kemudian Kapten Kidd berubah menjadi bajak laut yang bringas, cerita ini muncul setelah Kid dituduh Inggris membajak kapal.

Quedagh Merchant adalah kapal harta karun terbesar yang pernah dirampas oleh Kid. Di dalam kapal tersebut terdapat banyak Satin, Emas, Muslins, Perak dan beberapa barang dagangan dari Hindia Timur. Ini membuat dirinya menjadi salah satu bajak laut yang memiliki harta karun yang paling banyak. William Kidd menjadi inspirasi karakter Eustass Kidd pada anime One Piece.


Edward Teach, 'Blackbeard' 

bajak laut paling terkenal
Edward Teach, Foto via https://blackbeardedwardteachpirate.weebly.com/


EdwardTeach tidak diragukan lagi adalah salah satu bajak laut yang paling ditakuti dan paling dibenci sepanjang masa. Dengan perawakan yang mengerikan, memiliki janggut hitam lebat yang hampir menutupi seluruh mukanya. Dia adalah bajak laut Inggris yang beroperasi di sekitar Hindia Barat dan pantai timur Amerika pada awal abad 18. Dia memiliki kapal kebanggaan yang bernama, Queen Anne's Revenge.

Edward dikenal selalu membawa 2 pedang, berbagai belati dan pistol-pistol sebagai senjatanya. Ia telah merampas lebih dari 40 kapal dagang di perairan Karibia. Ia juga tidak segan membunuh para tawanan nya. Edward Teach juga menjadi inspirasi dari karakter Teach di anime One piece.


Anne Bonny

bajak laut wanita


Anne Bonny adalah salah satu dari dua wanita yang menjadi bajak laut. Ketangguhan dan keperkasaan Anne Bonny tidak diragukan lagi karena ia bergabung dengan Jolly Rogger Pirate. Jolly Rogger Pirate merupakan salah satu kelompok bajak laut yang sangat disegani. Dalam sepak terjangnya di dunia bajak laut Anne Bonny berduet dengan rekannya sesama wanita yaitu Mary Read. Agar bisa bergabung dalam perjalanan Rackham, Anne menyamar menjadi pria. Walaupun seorang wanita, tapi Anne juga mengikuti peperangan dan melakukan kegiatan lainnya selayaknya pria. Bahkan kru-kru Rackham 'The Revenge' menghormati Anne Bonny. Sama dengan Kidd dan Blackbeard, Anne Bonny menjadi inspirasi terciptanya karakter Jewelry Bonney dalam serial One Piece.


John Rackham - 'Calico Jack' 

Bajak Laut Yang Melegenda


Calico Jack adalah seorang Kapten Bajak Laut Inggris yang beroperasi di Bahama pada awal abad 18. Jack terkenal karena kisahnya yang memiliki dua awak perempuan ( Maria Read dan kekasihnya Anne Bonny ) yang tidak biasa pada saat itu waktu dan menciptakan gambar bendera bajak laut yaitu kepala tengkorak dengan pedang bersilang, kelak menjadi inspirasi untuk kisah bajak laut lainnya.

Calico Jack dan krunya pernah membajak 'Kingston', sebuah kapal Jamaika dan akhirnya menjadi kapal andalan mereka. Kemudian dia menaklukan di beberapa daerah Hindia Barat, mengambil beberapa kapal-kapal besar di daerah Bermuda. Calico Jack juga dianggap sebagai inspirasi dari karakter Jack Sparow. Selain itu ia juga memiliki kapal pertama dari Jack Sparow, Black Pearl.


Olivier Levasseur - The Buzzard

Bajak Laut Yang Melegenda


Olivier Levasseur, dengan nama panggilan La Buse atau Bouche (The Buzzard), julukan ini dikarenakan Olivier memiliki kecepatan dan kesenyapan ketika menghabisi musuh-musuhnya. Pada awalnya Olivier adalah seorang perwira angkatan laut setelah menerima pendidikan militer. Setelah perang Spanyol (1701-1714) berakhir, Olivier diperintahkan untuk kembali dengan kapalnya, tetapi dia malah bergabung dengan Benjamin Hornigold. Benjamin Hornigold adalah sebuah organisasi bajak laut yang ada pada 1716. Olivier membuktikan dirinya sebagai pemimpin yang baik di atas kapal, meskipun dia memiliki bekas luka di satu mata yang membatasi penglihatannya.

Pada tahun 1720, luka pada salah satu matanya menjadi semakin parah sehingga tidak dapat melihat sama sekali, sehingga Olivier mulai mengenakan penutup mata, sehingga di kemudian hari, bajak laut identik dengan penutup salah satu matanya.  

Puncak kejayaannya Olivier terjadi pada saat ia merampas kapal milik portugis yaitu Galeon Nostra Senhora do Cabo yang berisikan penuh dengan barang berharga. Ketika jarahan dibagi, masing-masing bajak laut menerima setidaknya £ 50.000 guinea emas (disesuaikan dengan inflasi untuk 2008: £ 7.500.000), serta masing masing mendapat 42 berlian. Kemudian Levasseur membagi sisa emas, perak, dan benda-benda lainnya, sedangkan Levasseur sendiri mengambil salib emas

Belum ada Komentar untuk "Simak! Ini 7 Orang Kapten Bajak Laut Yang Melegenda Hingga Saat Ini"

Posting Komentar

Panduan Perlindungan Lonjakan Arus Listrik Untuk Perangkat Elektronik Di Rumah Dengan Surge Protector

Peralatan listrik, peralatan stereo, dan sistem komputer yang ada saat ini jauh lebih penting untuk kehidupan kita sehari-hari daripada yang...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel