Nggak Pede Karena Mulut Bau? Ini Tips Dan Cara Menghilangkan Bau Mulut Tidak Sedap

Bau mulut adalah hal yang cukup mengganggu. Biasanya, mereka yang berada di sekitar seseorang yang memiliki masalah bau mulut merasa terganggu, dan tentunya ini sangat mempengaruhi interaksi mereka dengan orang tersebut. Masalahnya, pada saat-saat tertentu, timbulnya bau mulut menjadi sulit untuk dicegah. Contohnya, pada bulan puasa, banyak orang yang sebenarnya tidak memiliki masalah bau mulut, menjadi memiliki masalah ini. 

Penyebab Bau Mulut

Seperti dikutip dari alodokter.com, bau mulut tidak melulu hanya disebabkan oleh masalah kesehatan gigi, gusi, dan makanan yang berbau menyengat. Ada beberapa kondisi kesehatan lain yang turut  menjadi penyebab bau mulut di antaranya:

  • Xerostomia, yaitu kondisi mulut kering yang terjadi karena gangguan produksi air liur akibat bakteri menumpuk di rongga mulut.
  • Gangguan saluran pencernaan, seperti infeksi bakteri H.pylori yang menyebabkan sakit maag dan penyakit asam lambung (GERD).
  • Sinusitis yang menghasilkan post nasal drip atau aliran cairan kental dari rongga sinus ke tenggorokan.
  • Pengaruh kondisi lain, seperti diabetes, gangguan hati, atau infeksi saluran pernapasan.

Selain beberapa kondisi kesehatan di atas, bau mulut juga bisa diakibatkan oleh kebiasaan merokok, kurangnya menjaga kebersihan mulut, asupan makanan atau minuman tertentu, dan diet yang berlebihan sehingga menyebabkan kekurangan karbohidrat.


Cara menghilangkan bau mulut tidak sedap

Tips Dan Cara Menghilangkan Bau Mulut Tidak Sedap


Ada banyak cara menghilangkan bau mulut yang cukup mudah untuk dilakukan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mengatur pola makan

Secara umum, cara-cara menghilangkan bau mulut terbagi menjadi dua jenis, yaitu alami dan tidak alami, atau menggunakan produk-produk kesehatan rongga mulut yang ada di pasaran. Bagi mereka yang mencari cara yang alami, mengatur pola makan adalah cara yang paling sederhana. Memang, banyak yang belum menyadari bahwa pola makan sangat berpengaruh terhadap kesehatan rongga mulut. Sebaiknya, makanan-makanan seperti bawang, durian, dan jengkol dihindari. Selain itu, makanan yang kandungan gulanya tinggi juga sebaiknya dihindari. Ada baiknya jika konsumsi buah dan sayur ditambah. Buah dan sayur dapat meningkatkan produksi air liur, yang membantu mencegah bau mulut dengan membuat mulut tetap lembab. Untuk mencegah penyakit dan munculnya bakteri penyebab bau mulut, sebaiknya kita juga mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin c.


2. Menggosok gigi secara teratur

Menggosok gigi secara teratur adalah cara lain untuk menghilangkan bau mulut yang sangat mudah untuk dilakukan. Sebaiknya kita menggosok gigi saat bangun tidur, sesudah makan, dan saat hendak tidur di malam hari. Bagi mereka yang memang mulutnya cenderung berbau kurang sedap, menggosok gigi dapat dilakukan lebih sering. Walaupun memang, menggosok gigi bukanlah cara yang praktis untuk menghilangkan bau mulut. Terkadang sangat sulit dan tidak praktis bagi kita untuk membawa sikat gigi dan pasta gigi kemana-mana, dan pergi ke kamar mandi untuk menyikat gigi.


3. Minum ramuan madu dan air jeruk nipis

Cara ini adalah cara alami untuk menghilangkan bau mulut yang belum banyak diketahui. Padahal, cara ini sangat mudah, murah, dan cukup efektif. Yang perlu kita lakukan hanyalah mencampur sedikit madu dengan air jeruk nipis. Ramuan ini harus kita minum secara teratur setiap hari. Dengan minum ramuan ini, mulut akan menjadi terasa lebih segar dan tentunya tidak berbau.


4. Berkumur dengan air daun sirih

Daun sirih menawarkan khasiat yang cukup ampuh untuk menghilangkan bau mulut. Cara menggunakan daun sirih untuk menghilangkan bau mulut juga sangat mudah. Pertama-tama, daun sirih segar diremas-remas untuk mengeluarkan getahnya. Kemudian, daun sirih direbus dan airnya kita gunakan untuk berkumur. Mungkin cara ini tidak praktis seperti menggunakan obat kumur yang dapat dengan mudah kita beli di supermarket ataupun apotek. Tapi, cara ini sudah pasti lebih alami, dan juga jauh lebih murah.


Demikian Tips Dan Cara Menghilangkan Bau Mulut Tidak Sedap, semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "Nggak Pede Karena Mulut Bau? Ini Tips Dan Cara Menghilangkan Bau Mulut Tidak Sedap"

Posting Komentar

Mangga Arum Manis, Bentuk Buah, Habitat, Nutrisi dan Manfaat Untuk Kesehatan

Mangga Arum manis berasal dari daerah Probolinggo, Jawa Timur– mangga ini merupakan salah satu varietas unggul yang telah dilepas oleh Mente...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel