Konsumsi Asam Folat Untuk Ibu Hamil, Penting ! Jangan Disepelekan

Ibu hamil membutuhkan asupan asam folat, nutrisi yang dihasilkan dari ikatan-ikatan sekelompok genetik folasin dan folat yang berperan dalam transportasi pecahan-pecahan karbon tunggal dalam metabolisme asam amino dan sintesis asam mukleat. Asam folat ini merupakan zat yang sangat penting bagi tubuh karena asam folat merupakan golongan vitamin B, khususnya B12. Biasanya untuk orang yang defisiensi atau mangalami kekurangan asupan asam folat ini disebabkan karena kekurangan vitamin B12. 

Konsumsi Asam Folat Untuk Ibu Hamil


Dalam keadaan mengandung, kebutuhan asam folat sang ibu akan meningkat sebanyak 800 mikrogram per harinya, di mana dalam keadaan normal tubuh membutuhkan asam folat 50 mikrogram. Mengkonsumsi asam folat untuk ibu hamil sangatlah penting untuk perkembangan janin di dalam rahim.

Anda dapat menemukan kandungan asam folat pada sayuran-sayuran hijau seperti kacang-kacangan, brokoli juga bayam, namun sayuran yang mempunyai kandungan asam folat tinggi adalah bayam, disetiap 2 ikat bayam terdapat 200 mikrogram asam folat. Oleh karena itu sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi sayuran bayam setiap harinya untuk memenuhi asupan asam folat untuk ibu hamil. 

Selain terdapat di sayur-sayuran, asam folat juga dapat ditemukan di buah-buahan seperti jeruk, strawberry, alpukat, dan pisang. Selain itu juga dapat ditemukan di telur, gandum, umbi-umbian dan susu. Untuk itu,  Ibu hamil sangat dianjurkan untuk meminum susu setiap harinya. 

Namun ada hal penting yang harus diperhatikan karena asam folat juga terdapat di hati sapi, akan tetapi hati sapi tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, karena hati sapi mengandung vitamin A yang sangat tinggi dan dikhawatirkan akan mengganggu kesehatan janin.

Adapun beberapa manfaat yang didapat setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat terutama bagi ibu hamil. Asam folat untuk ibu hamil dapat mencegah anemia dan menurunkan resiko NTD (Neural Tube Deffects) bagi ibu hamil. Karena jika ibu hamil kekurangan asam folat, ibu hamil akan mengalami kekurangan darah, letih, lesu, mudah lelah serta dapat mengakibatkan keguguran. Tentu anda tidak ingin hal ini terjadi bukan? Mudah sekali, hanya dengan meminum 2 (dua) gelas susu ibu hamil akan mendapatkan asupan asam folat 400 mikogram karena 400 mikogram asam folat setara dengan 2 (dua) gelas susu.

Untuk ibu hamil, jangan sampai mengalami kekurangan asam folat karena jika ibu hamil kekurangan asam folat, ini akan berimbas ke janin itu sendiri. Kekurangan asupan asam folat dapat menyebabkan kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Kecacatan yang dimaksud meliputi kecacatan pada otak serta sumsum tulang belakang, bibir sumbing, memiliki berat badan rendah dibawah standar berat badan bayi pada umumnya, bayi juga akan mengalami kelainan pembuluh darah. Maka dari itu jagalah selalu asupan gizi, jangan terlalu lelah, jaga kandunagn dengan sangat baik, dan ketahui tentang kandungan asam folat untuk ibu hamil yang di butuhkan.


Sumber: tipsibuhamil.com


Maaf, artikel sebelumnya saya hapus, karena dapat surat cinta dari mbah,....

Belum ada Komentar untuk "Konsumsi Asam Folat Untuk Ibu Hamil, Penting ! Jangan Disepelekan"

Posting Komentar

Cara Pengajuan dan Syarat Kartu Kredit BCA Secara Online

Pada postingan sebelumnya, saya telah membahas Cara membuka rekening BCA secara online , dan kali ini kita akan membahas Cara pengajuan dan ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel