Kartu ATM Anda Tertelan Atau Tidak Mau Keluar, Waspada Kejahatan Mengintai, Ini Langkah Amannya

Kejahatan bisa terjadi kapan saja dan di mana saja (Mengutip Bang Napi), termasuk ketika Anda mengambil uang di ATM. Walaupun ATM sudah dilengkapi dengan beberapa kamera CCTV, tidak membuat para pelaku kejahatan itu takut. Para pelaku dapat mengecoh CCTV dengan mengenakan topi, helm atau masker ketika berada di ruangan ATM. 

Ada beberapa modus kejahatan di ATM di antaranya:

Skimming

tips dan langkah aman ketika kartu ATM Anda tertelan atau tidak bisa keluar
Modus skimming pada mesin ATM, foto via read.id


Modus kejahatan skimming dilakukan dengan menggunakan alat yang disebut dengan skimmer. Alat skimmer ini berfungsi menyalin data yang ada di kartu ATM, terutama ATM yang masih menggunakan strip pita magnetik. Untuk itu, bagi Anda yang masih menggunakan ATM dengan strip pita magnetik disarankan untuk mengganti kartu ATM dengan model chip di dalamnya. 

Alat ini ditempelkan di mulut tempat keluar kartu ATM, dengan bentuk menyerupai bentuk mulut slot kartu ATM, sekilas terlihat sama dan menyatu dengan bentuk mesin ATM. Ketika kartu dimasukan ke mesin ATM dan melalui alat skimmer tersebut, maka skimmer kemudian akan merekam informasi/ data dari kartu tersebut. Selanjutnya, spy camera yang diletakkan pelaku kejahatan secara tersembunyi akan merekam saat Anda memasukkan PIN pada keyboard di mesin ATM


Modus ganjal ATM

Modus ganjal kartu ATM dimaksudkan agar ketika selesai bertransaksi ATM, kartu ATM tersebut tidak bisa keluar. Biasanya para pelaku kejahatan memanfaatkan kepanikan dan ketidak tahuan para pemilik ATM, caranya dengan menempelkan stiker call center palsu dan membuang stiker call center asli. Jadi ketika pemilik ATM tersebut kartunya tidak bisa keluar, pemilik kartu ATM tersebut akan menelpon call center palsu. Selanjutnya bisa ditebak, dalam sekejab isi tabungan si pemilik ATM tersebut akan terkuras habis.


Tips Ketika Kartu ATM Anda Tertelan Atau Tidak Mau Keluar

Berikut ini tips ketika kartu ATM Anda tertelan atau tidak mau keluar dari ATM;

  • Jangan panik, kepanikan hanya akan membuat Anda bertindak di luar kesadaran Anda.
  • Perhatikan nomer call center, nomer call center resmi biasanya unik dan pendek, contoh call center BCA 1500 888, call center Mandiri 14000, call center BNI 1500 046 dan lain sebagainya. Jika Anda menjumpai call center menggunakan angka seperti nomer ponsel kebanyakan, misal 082244140300, 081212345555, dipastikan itu adalah call center palsu. Tidak ada salahnya Anda menyimpan nomer call center resmi di ponsel Anda.

    stiker call center palsu
    Stiker call center palsu, foto via lampost.co

  • Tinggalkan ATM, tidak usah kuatir, selama Anda tidak memberikan informasi nomer pin kartu ATM Anda, maka isi rekening tabungan Anda aman.
  • Datangi bank penerbit kartu ATM Anda dan minta diterbitkan kartu baru. 
Anda dapat saja mendatangi security di lokasi ATM tempat kartu ATM Anda tertelan atau tidak mau keluar, tapi sebatas untuk mendapatkan informasi pelaporan. Jangan minta security untuk membongkar mesin ATM untuk mengambilkan kartu ATM Anda, tentunya tidak bisa dan menyalahi kewenangannya.

Nah demikian tips dan langkah aman ketika kartu ATM Anda tertelan atau tidak bisa keluar dari mesin ATM. Mudah-mudahan bermanfaat.





Belum ada Komentar untuk "Kartu ATM Anda Tertelan Atau Tidak Mau Keluar, Waspada Kejahatan Mengintai, Ini Langkah Amannya"

Posting Komentar

Cara Pengajuan dan Syarat Kartu Kredit BCA Secara Online

Pada postingan sebelumnya, saya telah membahas Cara membuka rekening BCA secara online , dan kali ini kita akan membahas Cara pengajuan dan ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel