Panduan Perlindungan Lonjakan Arus Listrik Untuk Perangkat Elektronik Di Rumah Dengan Surge Protector

Peralatan listrik, peralatan stereo, dan sistem komputer yang ada saat ini jauh lebih penting untuk kehidupan kita sehari-hari daripada yang dapat kita bayangkan. Komputer yang kita miliki saat ini merupakan penghubung kita ke dunia di sekitar kita. Mereka telah menjadi titik pusat dalam kehidupan sehari-hari banyak keluarga. 

Coba Anda pikirkan sejenak, apa yang akan Anda lakukan pada saat komputer Anda terbakar komponen atau mainboardnya? Bisakah Anda menggantinya dalam waktu sekejap, lalu bagaimana dengan semua data berharga yang disimpan di dalamnya? 

Atau ketika televisi plasma yang Anda miliki di rumah mengalami kerusakan,  seketika Anda akan merasa mati gaya karena salah satu perangkat hiburan Anda rusak. Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk melindungi peralatan elektronik Anda yang berharga, dengan alat pelindung lonjakan arus yang tepat.


Apa itu surge protector?

surge protector
Stop kontak yang dilengkapi dengan surge protector. Foto wikimedia/Santeri Viinamäki

Surge protector merupakan garis pertahanan pertama Anda terhadap terjadinya lonjakan arus atau lonjakan tegangan pada sistem kelistrikan yang ada di rumah atau kantor Anda. Biasanya, "lonjakan" ini terjadi ketika tegangan di rumah Anda sedikit meningkat dan berlangsung selama sekitar tiga nanodetik. Seperti diketahui, "Spike" adalah peningkatan tegangan yang berlangsung selama satu hingga dua nanodetik. Spike ini memiliki efek merusak pada perangkat elektronik  Anda jika tidak dilindungi dengan baik..

Surge protector tersedia di pasaran dalam berbagai ukuran, bentuk, dan variasi. Sekring juga dapat digunakan sebagai pengaman ketika terjadi lonjakan arus listrik. Ketika lonjakan tegangan berlangsung lebih lama dari yang seharusnya, sekring akan lepas atau terputus dan memutuskan sambungan sebelum lonjakan tegangan dapat merusak peralatan Anda. 

Banyak surge protectot yang saat ini telah dilengkapi dengan pelindung sirkuit bawaan, semacam pemutus sirkuit sebelum pemutus panel listrik. Ada tombol yang terletak di pelindung, yang ketika arus listrik naik di atas kapasitas yang mampu ditanganinya maka akan memutus aliran listrik yang menuju ke beban.  


Jenis-Jenis Perangkat Surge Protector

Seperti dilansir dari blog.klikmro.com, surge protector dapat dibagi menjadi beberapa macam seperti di bawah ini:

  1. Surge Protector Strips merupakan alat yang dicolokkan ke stop kontak dan memungkinkan Anda untuk melindungi beberapa perangkat sekaligus

  2. Pelindung Lonjakan Titik Energi (Point-of-Energy Surge Protectors) dirancang untuk melindungi seluruh fasilitas Anda dari lonjakan arus eksternal

  3. UPS (Uninterruptible Power Supplies) bertujuan untuk menyediakan cadangan daya yang dibutuhkan agar arus tetap stabil, khususnya ketika terjadi lonjakan arus turun ataupun arus terputus. UPS akan bekerja dengan menggunakan cadangan daya yang stabil agar perangkat / mesin dapat berjalan dengan mulus.

  4. Wall-Mount Surge Protectors merupakan versi portabel dari Surge Protector Strips, dimana perangkat ini tidak menggunakan kabel dan dapat dicolokkan langsung ke stop kontak pada dinding. Perangkat ini ideal untuk ruangan yang tidak dapat mengakomodasi soket ekstensi.


Apa yang menyebabkan terjadinya lonjakan arus dan lonjakan tegangan?

Lonjakan arus dan lonjakan tegangan dapat dipicu oleh berbagai faktor. Petir merupakan salah satu  penyebab potensial terjadinya lonjakan arus dan lonjakan tegangan ketika menyambar di dekat saluran listrik, meskipun kejadian tersebut sebenarnya relatif jarang terjadi.

Kerusakan yang terjadi pada trafo atau komponen lainnya pada jaringan distribusi listrik juga dapat memicu terjadinya lonjakan arus dan fluktuasi tegangan. 

Perlu diketahui bahwa lonjakan arus listrik ini dapat terjadi tidak hanya pada saluran listrik, namun juga pada kabel koaksial dan saluran telepon. Banyak alat pelindung lonjakan arus yang lebih canggih menyertakan pelindung kabel  telepon di samping pelindung listrik itu sendiri.

Nah tunggu apa lagi? Setelah mengetahui manfaatnya yang besar, Anda dapat mempertimbangkan untuk memasang surge protector pada sistem kelistrikan di rumah Anda, untuk melindungi berbagai perangkat elektronik di rumah Anda.

Belum ada Komentar untuk " Panduan Perlindungan Lonjakan Arus Listrik Untuk Perangkat Elektronik Di Rumah Dengan Surge Protector"

Posting Komentar

Bisnis Cafe Sederhana dan Kekinian - Mendulang Rupiah di Pelosok Pedesaan

Ada banyak solusi bisnis yang sekarang ini bisa Anda kembangkan. Bahkan, walaupun Anda di desa sekalipun, tetap bisa menjalankan banyak ide ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel