Membasmi Jentik Nyamuk Menggunakan Buah dan Biji Pare

Mengendalikan jentik nyamuk dalam rangka memutus mata rantai penyebaran penyakit demam berdarah penting untuk dilakukan. Berbagai cara dapat dilakukan seperti halnya menutup genangan air yang ada di sekitar kita, menguras bak mandi, dan sebagainya. 

Pada penelitian yang dilakukan oleh 5 mahasiswa Fakultas Biologi Universitas Gajah Mada, berhasil menemukan larvasida yang mampu mengendalikan jentik nyamuk ramah lingkungan serta tidak menimbulkan resistensi. Uniknya, larvasida ini tidak dibuat dari bahan kimia, namun dari buah dan biji pare.

Membasmi Jentik Nyamuk Menggunakan Buah dan Biji Pare

Dalam buah dan biji pare mengandung senyawa alkaloid, flavonoid, saponin, dan terpenoid yang cukup tinggi dan memiliki kemampuan untuk membunuh jentik nyamuk. Senyawa alkaloid, flavonoid, saponin, dan terpenoid ini bisa mematikan syaraf dan menyerang sistem pernafasan yang bisa mengakibatkan kematian pada hewan-hewan kecil seperti jentik nyamuk. 

Penelitian ini menggunakan nyamuk jenis aedes aegepty yang diperoleh dari Balai Litbang P2B2 Banjarnegara. Jentik nyamuk aedes aegepty tersebut selanjutnya direndam dalam ekstrak biji dan juga ekstrak buah pare yang telah dilarutkan dengan etanol. Perendaman dilakukan selama 48 jam. Hasilnya menunjukkan bahwa bahwa ekstrak buah dan biji pare mampu membunuh jentik nyamuk.

“Hasil optimal untuk pemberian ekstrak buah pare pada konsentrasi 0,2 gr/100ml mengakibatkan kematian larva hingga 100 persen. Sementara untuk biji pare dengan konsentrasi lebih tinggi yaitu 0,5 gr/100ml,”

Dengan adanya hasil penelitian ini diharapkan akan mengurangi penggunaan bahan kimia dalam mengendalikan jentik nyamuk dan memutus mata rantai penyebaran penyakit demam berdarah dengue yang mematikan. Selain bahan-bahan tersebut juga mudah didapatkan di sekitar kita.

Belum ada Komentar untuk "Membasmi Jentik Nyamuk Menggunakan Buah dan Biji Pare"

Posting Komentar

Cara Pengajuan dan Syarat Kartu Kredit BCA Secara Online

Pada postingan sebelumnya, saya telah membahas Cara membuka rekening BCA secara online , dan kali ini kita akan membahas Cara pengajuan dan ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel