Cara Menanam dan Merawat Bunga Matahari dari Biji Untuk Pemula

Bunga matahari, siapa yang tidak mengetahuinya? Bunga cantik dengan kelopak berukuran besar dan warna kuning yang mencolok ini cocok dijadikan tanaman hias di rumah Anda. Tak hanya itu, jika Anda hendak menanam bunga Matahari dengan skala besar untuk menambah income Anda, sangat memungkinkan. Ya, karena bunga Matahari memiliki nilai ekonomi yang cukup menggiurkan, sebagai tanaman hias ataupun dimanfaatkan biji kuacinya untuk dikonsumsi.

Kita akan membahas bagaimana cara menanam dan merawat bunga matahari, tahap demi tahap, agar mudah dipahami, sekalipun untuk Anda yang masih pemula.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Matahari dari Biji Untuk Pemula

Persiapan Lahan Tanam Bunga Matahari

Agar bunga Matahari dapat tumbuh dengan baik, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Hal ini penting dan tidak dapat Anda abaikan agar bunga Matahari yang Anda tanam dapat tumbuh dengan baik dan pada akhirnya memberikan nilai ekonomi untuk Anda,

Yang pertama kali harus Anda perhatikan adalah PH tanah. Tanah yang akan digunakan untuk menanam bunga Matahari sebaiknya tanah yang gembur dan memiliki pH antara 6,0 hingga 7,5.

Kemudian perhatikan juga kondisi lingkungan di sekitar area penanaman. Tanamlah bunga Matahari pada tempat yang teduh dan terlindungi dengan baik, terutama dari hembusan angin yang dapat mengakibatkan bunga Matahari roboh.

Tidak kalah penting yaitu intensitas cahaya yang didapat. Sama seperti tumbuhan lainnya, bunga Matahari memerlukan cahaya matahari yang cukup untuk melakukan fotosintesis, sehingga bunga Matahari yang Anda tanam dapat tumbuh dengan baik.

Selanjutnya adalah kebutuhan air. Agar dapat terpenuhi, Anda dapat mengatur asupan air untuk tanaman bunga Matahari Anda dengan sistem drainase yang dapat Anda sesuaikan, sehingga bunga Matahari yang Anda tanam dapat tumbuh dengan baik.


Musim Tanam Bunga Matahari

Indonesia, dengan iklim tropis yang dimilikinya merupakan keuntungan tersendiri, khususnya untuk Anda yang hendak menanam bunga Matahari. Salah satu alasannya adalah, bunga Matahari dapat tumbuh dengan subur pada iklim tropis.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda sebaiknya menanam bunga Matahari pada saat musim kemarau, karena di musim ini, bunga Matahari mendapat intensitas sinar matahari yang cukup untuk pertumbuhannya.

Bunga Matahari juga mudah ditanam, tidak pilih pilih tempat, apakah di dataran rendah, maupun di dataran tinggi. Hal ini tentunya meudahkan kita dalam merawat bunga Matahari.


Jenis Bunga Matahari yang Ditanam

Agar dapat memulai menanam bunga Matahari dalam skala besar, di samping perlu memperhatikan persyaratan tumbuh dan pemilihan musim tanam yang tepat, Anda juga perlu untuk memilih jenis bunga Matahari yang sesuai dan mudah untuk ditanam.

Ada beberapa pilihan jenis bunga matahari yang dapat direkomendasikan untuk Anda yang ingin mengembangkan budidaya bunga Matahari skala besar untuk diambil kuaci atau minyak bunga Matahari.

Berikut ini merupakan jenis bunga Matahari yang banyak ditanam di Indonesia, antara lain:

Mamoth 
Mamoth merupakan jenis bunga Matahari yang ketika mekar memliki diameter mencapai 30 cm

Autum beauty 
Jenis bunga Matahari yang memiliki kombinasi warna bunga orange, coklat dan merah, diameter saat mekar mencapai 15 cm, tinggi mencapai 2 meter.

Fiesta del sol : 
Jenis bunga matahari ini memiliki ciri khas berwarna mencolok merah, orange, tinggi tanaman bisa mencapai 1 meter

Big smile
Jenis bunga matahari ini memiliki tinggi tanaman hanya 30 cm, cocok pada lahan yang sempit

Sunbeam : 
Jenis bunga matahari ini memiliki tinggi tanaman mencapai 1 meter dengan diameter bunga saat mekar mencapai 10 cm


Pemilihan Bibit Unggul Bunga Matahari

Bunga Matahari yang berkualitas diperoleh dari bibit yang berkualitas juga. Untuk itu Anda harus menentukan jenis bunga Matahari yang akan Anda tanam dan memilih bibit yang tentunya berkualitas.

Indukan bunga Matahari yang berkualitas memiliki ciri-ciri antara lain sebagai berikut:
  • Memiliki batang dengan ketinggian 1-3 meter
  • Batang berkualitas berbentuk basah
  • Daun bunga matahari tunggal, berbentuk hati
  • Bunga yang dihasilkan memiliki ukuran yang besar

Berikut ciri benih dari beberapa varietas :
  • Mammoth grey, benih bunga Matahari berwarna putih, memiliki ukuran besar dan corak garis hitam-coklat
  • Evening sun, benih bunga Matahari dengan variasi wana mulai dari putih sampai hitam
  • Velvet queen, benih bunga Matahari yang memiliki ukuran yang lebih kecil

Penyemaian Bibit Bunga Matahari Secara Tepat

Cara Menanam dan Merawat Bunga Matahari dari Biji Untuk Pemula
Foto: gdm.id


Kita telah melalui pemilihan benih bunga Matahari yang berkualitas, maka tahapan berikutnya adalah menyemai benih tersebut. Tujuannya adalah untuk menyeragamkan benih bunga Matahari yang akan ditanam.

Tahapan penyemaian;

Periksa suhu, 
Suhu yang diperlukan agar bunga Matahari dapat tumbuh dengan subur berkisar pada 64 – 91°F atau 18 – 33°C.
 

Rendam dalam cairan pupuk organik
Sebelum melakukan penyemaian, ada baiknya benih bunga Matahari terlebih dahulu direndam dengan pupuk organik cair.


Pengeringan
Setelah benih bunga Matahari direndam dengan pupuk organik cair, tahapan berikutnya adalah dengan mengeringkan benih tersebut dan meletakannya pada tisu. Selanjutnya basahi tisu secukupnya untuk menjaga kelembaban dan merangsang pertumbuhan tunas.
 
Proses tumbuhnya benih sampai muncul ke permukaan tanah membutuhkan waktu sekitar 11 hari.

Selanjutnya Anda dapat memotong tepi kulit biji (jika perlukan), jika dalam 2-3hari tidak tumbuh maka potong tepi bijinya hati-hati agar tidak merusak benih bagian dalam. Selanjutnya teteskan air agar tetap agar lembab.


Persiapan Media Tanam Bunga Matahari

Setelah melakukan proses penyemaian, berikutnya adalah menyiapkan media tanam. Jika Anda menanam bunga Matahari pada areal lahan yang luas, maka ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, agar pertumbuhan bunga Matahari optimal nantinya.

Selain pada areal lahan, Anda juga dapat menanam bunga Matahari pada pot maupun polibag. 

Di bawah ini beberapa tahapan yang harus Anda persiapkan.


Cara Pengolahan Lahan Tanam Secara Tepat

Media tanam untuk bunga matahari terdiri tersusun dari kombinasi tanah dan kompos yang di campur dengan campuran perbandingan 3:1.
Kompos kaya akan nutrisi yang dibutuhkan bunga Matahari. Selain itu adanya kandungan unsur hara mikro dan makro akan membuat lahan yang akan ditanami menjadi subur.

Persiapan Media Tanam Dalam Pot atau Polybag 

Budidaya bunga Matahari skala besar juga dapat Anda lakukan dengan menggunakan pot ataupun polybag. 

Tidak ada persyaratan khusus yang diperlukan ketika menanam bunga Matahari, namun usahakan untuk menggunakan tanah yang gembur agar mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut tahapan menanam bunga matahari dalam pot:

Tancapkan secara vertikal ujung benih kuaci yang runcing, namun jangan dibenamkan semua, sisakan bagian atas agar tetap muncul di atas permukaan tanah.

Pembibitan bunga matahari dapat di semaikan pada polybag atau pot. Untuk media tanah, kompos dan arang sekam dicampur dengan perbandingan 1:1:1  

Selanjutnya siram dengan air secukupnya dan tempatkan pada ruang yang tidak terkena sinar matahari langsung. Penyiraman dilakukan rutin agar tanaman tetap lembab.


Cara Menanam Bibit Bunga Matahari

Jarak tanam Bibit bunga matahari

Setelah semaian bibit siap untuk ditanam, tahapan selanjutnya adalah memindahkan bibit bunga Matahari tersebut ke dalam lahan yang telah disiapkan. Perlu Anda ketahui Bunga matahari membutuhkan sinar matahari 6 – 8 jam/hari.

Tanam bunga Matahari pada kedalaman tanah 2,5 – 5 cm dengan jarak tanam 15 cm setiap tanaman agar tidak mengganggu tanaman lain. Jika menanam sekumpulan besar bunga matahari berikan jarak 76 cm setiap lubang.

Lakukan pemindahan bibit dengan berhati hati, pastikan ketika memindahkan bibit bunga Matahari tersbut, semua akarnya ikut tercabut, kemudian masukkan ke dalam lubang tanam, dan tekan secara perlahan agar tanaman masuk dengan baik ke dalam lubang tanam yang telah disiapkan.

Budidaya Bunga Matahari Menggunakan Pot

Untuk menanam bunga Matahari menggunakan pot, caranya adalah dengan memindahkan bibit yang sudah disemai ke dalam pot dengan hati-hati menggunakan centong tanah. Pastikan seluruh akarnya ikut tercabut dan tidak ada yang rusak. Baru kemudian Anda masukkan secara perlahan ke dalam pot agar bibit tersebut tidak rusak.


Cara Merawat Bunga Matahari

Untuk merawat bunga Matahari secara optimal, lakukan tahapan perawatan bunga Matahari sebagai berikut:
  • Jaga kelembaban tanah sampai tunas muncul dengan menyiramnya seara rutin. Namun yang perlu diingat, siramlah pada jarak 7,5 – 10 cm jauh dari tanaman karena tunas masih kecil dan mudah rapuh hanyut terbawa air.
  • Frekuensi penyiraman dapat Anda kurangi menjadi seminggu sekali pada saat tanaman bunga Matahari sudah membentuk batang. 
  • Potong tanaman bunga yang dirasa mengganggu pertumbuhan bunga yang lain agar berkembang dengan maksimal dan rapi serta tidak saling berebut nutrisi.
  • Tambahkan pupuk organik agar bunga Matahari dapat tumbuh dengan subur dan terbebas dari cemaran kimia pestisida.

Teknik Pengendalian Hama atau Penyakit

Siput merupakan musuh alami dari bunga Matahari, untuk mencegah siput dari merusak tanaman adalah dengan memberinya umpan. Dan ketika tanaman bunga Matahari sudah mencapai tinggi 1 meter, Anda dapat memasang pagar di sekeliling tanaman.

Penggunaan pupuk yang tepat juga dapat meminimalkan serangan hama dan penyakit pada tanaman bunga Matahari. Selain menutrisi pertumbuhan tanaman bunga matahari, pupuk juga dapat memperbaiki kualitas tanah atau areal lahan yang ditanami bunga Matahari
 

Cara Panen Bunga Matahari

Untuk memanen bunga Matahari, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda ketahui, termasuk mengetahui ciri-ciri bunga Matahari siap panen.
  • Bunga matahari akan bertahan 30 – 45 hari dengan ciri bagian belakang kepala bunga matahari berubah warna dari hijau menjadi coklat.
  • Jika ingin dikeringkan tutupi bunga dengan kantung kertas untuk melindungi dari burung. Potong bunga dengan sedikit miring, Kemudian gantung kelopak bunga selama berminggu – minggu dan bijinya sudah dapat di ambil cukup di sodok dengan kayu atau dengan jari biji akan rontok dengan mudah.
Budidaya bunga Matahari cukup mudah untuk dilakukan, asalkan mengikuti petunjuk bagaimana cara merawatnya, dan memberikan pupuk yang tepat agar pertumbuhan bunga Matahari dapat lebih maksimal. 


Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam dan Merawat Bunga Matahari dari Biji Untuk Pemula"

Posting Komentar

Cara Menanam Lidah Buaya Untuk Rumahan dan Skala Perkebunan

Lidah buaya atau aloe vera merupakan tanaman yang masuk dalam famili xanthorrhoeaceae dan masuk genus aloe. Tanaman ini mudah ditemui di kaw...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel