Blog ini disponsori oleh :

Quotex Broker : Platform Investasi Cerdas Untuk Orang Cerdas 

Alarm Mobil Berbunyi Sendiri? Jangan Panik, Ini Cara Mengatasinya

Bagi Anda pemilik mobil mungkin sering mengalami kondisi di mana mobil sedang parkir namun alarmnya berbunyi sendiri. Hal ini tentunya harus segera diatasi, mengingat bunyi alarm dapat mengganggu lingkungan di sekelilingnya.

Nah, apa sajakah kendala teknis yang sering dialami dan menyebabkan alarm mobil kerap berbunyi sendiri?

Dikutip dari Auto2000, ada lima penyebab mengapa alarm tiba-tiba aktif sendiri. Mulai sensitivitas sampai pertanda kerusakan.

Berikut ini cara mengidentifkasi dan  mengatasi alarm mobil berbunyi sendiri:

penyebab alarm berbunyi sendiri


 1. Pintu mobil belum menutup rapat

Penyebab alarm mobil berbunyi sendiri yang pertama adalah kondisi pintu kendaraan yang belum tertutup sempurna.

Terkadang saat menutupnya, tampak sudah menutup sempurna walau sebetulnya belum. Kondisi inilah yang menyebabkan alarm mobil tiba-tiba berbunyi sendiri.

Anda sebaiknya melakukan pemeriksaan pintu sekali lagi dan menutup pintu dengan sempurna untuk solusinya.


2. Modul alarm terlalu sensitif

Penyebab alarm mobil berbunyi sendiri bisa dipicu dari salah satu komponennya, yaitu modul alarm. Modul alarm bertugas menangkap getaran yang ada di sekitar mobil. Bisa berupa suara, kendaraan lain, hingga gerakan objek yang melintas di sekitar mobil.

Semakin tinggi tingkat sensitivitas modul alarm, maka semakin tinggi pula kepekaan dalam menangkap getaran di sekitar kendaraan kita. Getaran kecil seperti gerakan hewan yang melintas pun dapat tertangkap dan membuat bunyi alarm terdengar. Hasilnya, alarm akan langsung berbunyi.

Untuk mengatasinya, bisa dengan cara menurunkan tingkat sensitivitas modul alarm mobil. Anda dapat mengatur sendiri tingkat sensitivitas alarm mobil Anda.


3. Baterai central lock bermasalah

Central lock merupakan komponen yang bertugas mengunci semua pintu pada mobil dari satu switch. Namun, central lock ternyata bisa menyebabkan alarm mobil berbunyi sendiri. Penyebabnya adalah karena baterai central lock habis.

Jika baterai central lock habis, maka Anda harus membuka pintu mobil secara manual. Inilah penyebab alarm kendaraan berbunyi sendiri.

Untuk mengatasinya, Anda dapat mengganti baterai central lock mobil Anda.


4. Terdapat kerusakan pada komponen alarm

Penyebab alarm mobil berbunyi sendiri dapat berasal dari sistem alarm. Bisa jadi ada komponen alarm yang rusak sehingga alarm berbunyi.

Lakukan pemeriksaan pada sistem alarm untuk mendeteksi kerusakan ini.

Kerusakan komponen akan menyebabkan sistem alarm tidak bekerja secara normal. Dampaknya, alarm mengeluarkan bunyi tidak pada situasi yang tepat. Untuk mengatasinya, sebaiknya ganti komponen alarm yang rusak.


5. Kerusakan pada sensor kap mesin

Kemudian yang terakhir, kasus alarm yang sering berbunyi sendiri juga bisa diakibatkan oleh kerusakan pada sensor kap mesin. Sensor kap mesin yang rusak akan menganggap kap mesin mobil selalu dalam kondisi terbuka. Sinyal dari sensor kap mesin pun akan terbaca oleh alarm hingga akhirnya berbunyi.

Kondisi ini bisa diatasi dengan membuka dan menutup kembali kap mesin. Selanjutnya, tekan tombol gembok (kunci) pada remote mobil.

Jika tidak berhasil, maka sensor perlu diganti.

Belum ada Komentar untuk "Alarm Mobil Berbunyi Sendiri? Jangan Panik, Ini Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Keuntungan dan Kerugian Day Trading

Apakah yang dimaksud dengan day trading dan apakah keuntungan dan kerugian day trading? Yang dimaksud dengan day trading adalah proses perda...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel