Cara Mudah Mengenali Penipuan di Instagram, Baca Biar Nggak Tertipu

Penipuan, dengan berbagai modusnya datang silih berganti dalam kehidupan bermasyarakat. Motif ekonomi menjadi alasan utamanya. Ogah kerja tapi pengen duit banyak. 

Ketika mendengar penipuan online, pikiran saya langsung tertuju pada satu daerah di Sulawesi Selatan, yaitu Kabupaten Sidenreng Rappang yang lebih dikenal dengan nama Sidrap. Ya, Sidrap merupakan surga bagi penipu online. Tapi saya tidak membahas tentang Sidrap kali ini. 

Di sini saya akan membagikan sedikit tips sederhana mengenali penipuan di Instagram. Mengapa di Instagram? Karena banyak penipu yang berkumpul di situ, dan sudah ada banyak korbannya juga, walaupun di platform media sosial lainnya tidak kalah banyak penipunya. 

Instagram ini magnet, siapapun punya akun instagram saat ini. Sehingga banyak yang menjadikan instagram sebagai ajang bersosial di dunia maya, setelah facebook tentunya. Dari sekedar pasang status, posting video reel, hingga jualan. Nah yang terakhir ini yang akan kita bahas -jualan.

Sebenarnya kalau dirunut, salah korban juga mengapa mau bertransaksi di Instagram, karena Instagram sejatinya adalah media sosial, bukan marketplace. Nggak ada ceritanya rekening bersama di Instagram. Modal percaya gitu aja, lalu transfer uang ke rekening seller. Seller tertawa bahagia, lalu ganti nama profile toko dan urlnya. Semudah itu seller menghilang.

Cara Mengenali Penipuan di Instagram

Kebanyakan prolognya, kapan dimulai tipsnya?
Oke kita mulai, coba perhatikan gambar di bawah ini, ...

Cara Mengenali Penipuan di Instagram

Dengan jumlah pengikut mencapai 16,6 ribu, tampak meyakinkan bukan? nggak ada keliatan akun penipuan, bahkan akun Instagram saya yang dibuat sejak 2014 lalu pengikutnya nggak lebih dari 200 orang! 

Dalam akun tersebut si pelaku mempromosikan jualan tabung oksigen, yang memang saat ini jadi barang super langka dan harganya melonjak fantastis. Doi memanfaatkan momentum pandemi buat nipu orang. Emang b4ngs4t manusia ini.

Abaikan jumlah followernya, perhatikan link whatsapp yang saya lingkari warna merah..
Kita intip sebentar profil whatsappnya

Cara Mengenali Penipuan di Instagram
Skip...

Cara Mengenali Penipuan di Instagram


Eittss...jangan langsung ngejudge itu foto penipunya. Bukan, itu foto mantan sales perusahaan resmi yang menjual tabung oksigen. Si pelaku mencomot foto bang sales buat dijadikan DP WA si Pelaku.
Kita copy nomer si pelaku,...
Masukkan ke aplikasi Getcontact,...

Cara Mengenali Penipuan di Instagram

Buat yang belum install segera install, ada versi freenya kok, walaupun dijatah. Tapi tetep lumayan lah buat ngecek nomer-nomer "bermasalah"
Dan ini adalah hasil pelacakan yang didapat dari aplikasi getcontact;

Cara Mengenali Penipuan di Instagram

Hohoho...selain menipu di instagram, dia rupanya menipu juga di michat, menyasar korban yang rata-rata laki-laki mesum yang mudah sange kalau udah liat daleman rok cewek.
Sebenarnya mudah kan caranya? Tapi kalau nggak dibikin artikel seperti ini, mungkin di antara Anda banyak yang tidak terpikir sampai ke situ.

Cara ini bisa digunakan untuk menghindari penipuan via sms, telpon atau berbagai celah lain yang mungkin dimanfaatkan pelaku.

Selanjutnya apa?

Kalau Anda udah kadung jadi korban penipuan, ya bikin laporan di SPKT Kepolisian dengan membawa bukti-bukti yang menguatkan.
Anda juga dapat melaporkan nomer rekening dan nomer telpon si pelaku. Untuk memblokir nomer rekening pelaku, Anda akan diminta surat keterangan dari Kepolisian oleh bank tempat rekening pelaku dibuat.

Anda juga bisa melaporkan nomer telpon yang digunakan si pelaku agar tidak jatuh korban yang lain dengan membuat laporan di aduan konten BRTI. Caranya silahkan google atau kalau mau sabar, akan saya buatkan artikelnya secara terpisah he he.

Beberapa waktu lalu, sebenarnya saya sudah membuat daftar akun penipu di Instagram lengkap dengan urlnya, ke hotline Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, namun karena saya bukan korban jadi mungkin tidak ada kelanjutannya. akun-akun penipu itu masih bergentayangan di Instagram.
Ah sudahlah.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Mengenali Penipuan di Instagram, Baca Biar Nggak Tertipu "

Posting Komentar

Cara Pengajuan dan Syarat Kartu Kredit BCA Secara Online

Pada postingan sebelumnya, saya telah membahas Cara membuka rekening BCA secara online , dan kali ini kita akan membahas Cara pengajuan dan ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel