Ingin Perjalanan Jarak Jauh Anda Aman dan Lancar, Lakukan Hal Ini!

Awal bulan Juli yang lalu saya berkesempatan melakukan perjalanan jarak jauh dengan rute Banjarnegara - Tangerang - Kediri dengan total jarak kurang lebih 1100km. Dan sungguh melelahkan, karena saya berkendara seorang diri tanpa driver pengganti menembus pos-pos PPKM di rute yang saya lewati. Detail proses perjalanan saya tidak akan saya bahas di sini.  Di artikel ini saya akan membahas tentang persiapan yang harus dilakukan sebelum melakukan perjalanan jarak jauh.

pengecekan kendaraan sebelum perjalanan jarak jauh

Perjalanan jarak jauh tidak akan terlaksana dengan baik jika tidak didukung kondisi mesin yang prima. Untuk itu sebelum berkendara, Anda disarankan untuk melakukan pengecekan kendaraan sebagai berikut;

  1. Buka kap mesin Anda dan perhatikan dengan seksama, pastikan tidak ada rembesan atau kebocoran yang ada di kolong mesin kendaraan anda.
  2. Periksa batas cairan untuk seluruh bagian mesin, misal oli mesin, cabut dip stick oli dan perhatikan apakah oli Anda cukup dan masih bagus, kemudian level air coolant radiator, apakah masih di atas batas lower, kemudian air wiper apakah masih cukup dan sebagainya. 
  3. Cek V-belt yang ada, tidak boleh terjadi kendur atau terlalu tegang. Karena jika kendur banyak yang akan tidak berfungsi, seperti AC tidak hidup atau aki tidak berfungsi dengan baik. Namun jika V-belt mobil anda terlalu kencang atau tegang, itu akan berakibat putusnya tali V-belt anda yang membuat perjalanan mudik anda dalam masalah besar.
  4. Cek soket – soket kelistrikan seperti kepala accu dan sikring, jika kepala accu kendur dan terjadi juga pada sikring maka mobil anda akan mati dan tidak bisa menyala. Periksa seluruh lampu indikator, apakah menyala semua atau ada salah satu yang mati. Jika ada lampu yang mati, segera ganti bohlam lampu Anda.
  5. Karet wiper, pastikan kondisi karetnya dalam kondisi baik dan tidak getas. Karena wiper akan sangat berguna ketika anda berkendara kondisi hujan, selain itu biasanya anda melewati jalan yang kotor atau tebing – tebing dengan debu berterbangan, jika wiper anda tidak berfungsi, maka penglihatan anda akan terganggu dan itu menjadi bencana saat berkendara.
  6. Kelengkapan kendaraan, seperti STNK, segitiga pengaman, dongkrak, Pemadam kebakaran (APAR), P3K, tools.
  7. Fitur Keselamatan, pastikan tersedia dan berfungsi dengan baik seperti Safety belt, airbag.
  8. Kurangi variasi/modifikasi interior yang berlebihan, karena justru akan membuat perjalanan anda tidak nyaman dan aman.
cek kendaraan sebelum melakukan perjalanan jauh


Demikian pembahasan mengenai persiapan yang harus dilakukan sebelum melakukan perjalanan jarak jauh. Sampai berjumpa kembali di artikel yang lain.

Belum ada Komentar untuk "Ingin Perjalanan Jarak Jauh Anda Aman dan Lancar, Lakukan Hal Ini!"

Posting Komentar

Cara Pengajuan dan Syarat Kartu Kredit BCA Secara Online

Pada postingan sebelumnya, saya telah membahas Cara membuka rekening BCA secara online , dan kali ini kita akan membahas Cara pengajuan dan ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel