Pengen Rantai Motormu Awet? Begini Cara Membersihkannya

Sepeda motor saat ini tidak lagi menjadi barang mewah yang hanya bisa dibeli oleh kalangan tertentu. Sekarang dengan uang sebesar setengah juta rupiah atau bahkan kurang, dealer motor dengan senang hati akan mengantarkan ke rumah Anda. Jadi yang masih percaya dengan kalimat "Piye Kabare,...enak jamanku toh?" jepret aja pakai karet gelang.

cara membersihkan rantai motor

Terlepas dari kemudahan memiliki sepeda motor,  yang paling penting adalah bagaimana cara merawatnya. Sepeda motor yang digunakan secara terus menerus, performanya akan menurun. Selain melakukan servis rutin dan ganti oli, ada bagian lain yang perlu mendapatkan perhatian, yaitu rantai roda. 

Rantai roda harus rutin untuk diperiksa dan dibersihkan agar tetap bekerja dengan optimal. Sangat penting, karena rantai roda menghubungkan dan meneruskan energi dari mesin menuju roda agar sepeda motor dapat berjalan. Bagian ini juga cepat kotor karena terpapar debu, pasir atau kotoran lain, sehingga harus sering dibersihkan, minimal setiap 4000 km. 

Cara membersihkan rantai roda

cara membersihkan rantai roda

Ada banyak bahan yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan rantai roda sepeda motor, seperti bensin, minyak tanah atau solar. Caranya dengan menyapukan cairan tersebut pada rantai roda menggunakan kuas. Ada tapinya, setiap bahan pembersih yang Anda gunakan ada plus minusnya. Seperti bensin misalnya, cairan yang digunakan untuk bahan bakar ini sangat mudah terbakar, baunya menyengat dan kalau kena tangan itu berasa panas dan gatal, jadi skip.

Kemudian minyak tanah, sejak program konversi minyak tanah menjadi gas di era presiden SBY, harga minyak tanah melambung tinggi. Bukan karena ada kenaikan harga, tapi karena memang subsidinya dicabut. Harga minyak tanah saat ini kurang lebih dua kali lipat harga pertalite per liternya.

Pakai solar? ribet ah, mesti bawa jerican ke SPBU buat ngecer seliter.

Pengen yang nggak ribet? beli sekaleng chain cleaner di toko asesoris motor/ mobil. Tapi lagi mager nih bang ! elaah bisa pesen online dul !

Semprotin aja itu rantai roda pakai chain cleaner sampai bersih. Setelah yakin nggak ada kotoran menempel, kasih pelumas dengan rata, karena bagaimanapun, rantai roda adalah bagian yang selalu bergerak, jadi harus diberikan pelumas agar gesekan yang timbul tidak bikin aus roller rantai atau gear sepeda motor Anda.

Kalau dirasa rantainya terlalu "tegang", Anda bisa setel kekencangan rantai roda sepeda motor Anda dengan mengendorkan baut As roda, dan mengaturnya pada baut pengatur, kemudian kencangkan kembali baut as roda motor Anda.

Membersihkan rantai sepeda motor Anda itu mudah, yang sulit adalah melawan rasa malas Anda untuk melakukannya. Salam

Belum ada Komentar untuk "Pengen Rantai Motormu Awet? Begini Cara Membersihkannya"

Posting Komentar

Cara Pengajuan dan Syarat Kartu Kredit BCA Secara Online

Pada postingan sebelumnya, saya telah membahas Cara membuka rekening BCA secara online , dan kali ini kita akan membahas Cara pengajuan dan ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel