Blog ini disponsori oleh :

Quotex Broker : Platform Investasi Cerdas Untuk Orang Cerdas 

10 Cara Terbaik untuk Mengurangi Polusi Udara & Hidup Dengan Udara Bersih

Polusi udara saat ini menjadi permasalahan krusial yang dihadapi oleh hampir seluruh negara di dunia. Polusi udara bahkan berada di tahap yang mengkhawatirkan karena memicu efek gas rumah kaca, yang berimbas pada meningkatnya pemanasan global. Selain itu, polusi udara juga membahayakan kesehatan. Sudah selayaknya kita melakukan segala macam upaya untuk mengurangi polusi udara dan kembali pada kehidupan dengan udara bersih. Bagaimana caranya? Kita akan membahas cara terbaik untuk mengurangi polusi udara.

10 Cara Terbaik untuk Mengurangi Polusi Udara

10 Cara Terbaik untuk Mengurangi Polusi Udara


1. Menggunakan transportasi umum

Tak dapat dipungkiri, penggunaan transportasi umum adalah cara singkat yang pasti untuk mengurangi polusi udara karena menyerap lebih sedikit gas dan energi. Selain mengurangi pengeluaran bahan bakar dan gas, menggunakan transportasi umum juga dapat membantu menghemat uang. Dengan penggunaan moda transportasi umum, maka penggunaan kendaraan pribadi dapat dikurangi, sehingga berimbas pada berkurangnya kemacetan, serta meningkatkan produktivitas serta perekonomian masyarakat.


2. Mematikan lampu saat tidak digunakan

Kampanye hemat energi tidak hanya pada penghematan pemakaian bahan bakar fosil, tapi juga pada penggunaan energi listrik. Konsumsi listrik yang lebih sedikit dapat menghemat energi, serta mengurangi pencemaran udara. Hal ini dikarenakan berkurangnya penggunaan batubara pada pembangkit listrik tenaga uap yang saat ini masih beroperasi di Indonesia. Gunakan lampu  hemat energi untuk membantu lingkungan.


3. Daur Ulang dan Penggunaan Kembali (Re-cycle dan Re-Use)

Konsep daur ulang dan penggunaan kembali tidak hanya melestarikan sumber daya tetapi juga membantu polusi udara karena membantu mengurangi emisi polusi. Produk daur ulang juga membutuhkan lebih sedikit daya untuk dikembangkan menjadi produk lain.


4. Kurangi penggunaan kantong plastik

Penggunaan produk plastik bisa sangat berbahaya bagi lingkungan karena produk berbahan plastik membutuhkan waktu yang sangat lama untuk bisa terurai, karena bahannya terbuat dari minyak. Penggunaan kantong kemasan yang dapat didaur ulang merupakan alternatif yang lebih baik karena mudah terurai dan ramah lingkungan.


5. Penanganan kebakaran hutan dan kabut asap

Kebakaran hutan merupakan problem rutin yang dihadapi pemerintah saat ini. Hal ini terkait kebiasaan masyarakat ataupun beberapa perusahaan nakal yang membuka lahan dengan cara dibakar. Selain itu, pengumpulan sampah dan membakarnya di musim kemarau atau daun kering yang terbakar merupakan faktor besar penyebab polusi udara. Di samping kebiasaan merokok juga menyebabkan polusi udara dan menyebabkan kualitas udara memburuk serta jelas merusak kesehatan seseorang.


6. Mengurangi pemakaian Air Conditioner

Penggunaan AC membutuhkan banyak energi listrik dan mengeluarkan banyak  panas yang berdampak buruk bagi lingkungan. Walaupun di negeri khatulistiwa yang kaya cahaya matahari ini, AC menjadi sebuah kebutuhan, namun kita harus sedikit demi sedikit mengurangi pemakaian AC, atau membuat desain ruang kita dengan sirkulasi yang baik, sehingga dapat membuang panas yang ada di dalam ruangan secara alami dan efektif.  


7. Gunakan filter untuk cerobong asap

Gas yang dikeluarkan dari perapian di rumah dan pabrik sangat berbahaya bagi polusi udara dan sangat merusak kualitas udara. Penggunaan filter harus digunakan setidaknya jika konsumsi tidak dapat dikurangi, ini akan membantu mengurangi efek gas berbahaya yang terserap di udara.


8. Kurangi penggunaan kembang api

Penggunaan kembang api selama festival dan even acara, sayangnya merupakan salah satu kontributor terbesar polusi udara, yang menyebabkan lapisan asap yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Kembang api meningkatkan konsentrasi debu dan polutan di udara. Setelah pembakaran, debu dan polutan yang dikemas dengan bahan kimia seperti Sulfur, seng, tembaga, dan natrium mengendap di area yang terbuka dan debu serta polutan ini mulai merusak lingkungan kita dan dengan mudah membahayakan kesehatan kita.Jadi, praktek penggunaan kembang api harus dihindari atau dikurangi.


9. Hindari penggunaan produk yang mengandung bahan kimia

Produk yang menggunakan bahan kimia dalam penggunaannya atau berbau kuat, seperti cat atau parfum sebaiknya lebih sedikit digunakan. Bisa juga menggunakan  alternatif produk dengan kandungan kimia yang lebih rendah dan bersifat organik.


10. Terapkan Penghijauan

Yang terakhir, tanam dan tumbuhkan pohon sebanyak mungkin. Kegiatan menanam pohon memberikan banyak manfaat bagi lingkungan dan membantu pelepasan oksigen.

Nah demikian 10 Cara Terbaik untuk Mengurangi Polusi Udara & Hidup Dengan Udara Bersih. Yuk kita mulai dari diri kita masing-masing dan keluarga terdekat kita, demi lingkungan yang lebih baik.


Sumber: https://www.aqi.in/ 

Belum ada Komentar untuk "10 Cara Terbaik untuk Mengurangi Polusi Udara & Hidup Dengan Udara Bersih"

Posting Komentar

Keuntungan dan Kerugian Day Trading

Apakah yang dimaksud dengan day trading dan apakah keuntungan dan kerugian day trading? Yang dimaksud dengan day trading adalah proses perda...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel