Analisa Peluang Usaha Service HP - Menguntungkan Sepanjang Jaman

Konten [Tampil]
service hp

HP sekarang ini telah menjadi peralatan pokok dalam berkomunikasi. Baik dalam hal keseharian maupun bisnis, HP sekarang telah mengantongi banyak perubahan fitur ke arah yang lebih canggih. Karena saking banyaknya para pengguna HP baik yang terdahulu maupun ponsel pintar, peluang usaha service HP ternyata masih memungkinkan untuk dicoba.

Perkembangan teknologi tentang ponsel memang mengalami banyak perubahan dan percepatan dalam kemajuan. Tidak hanya pada fitur dan merk belaka, harga yang ditawarkan dari setiap vendor ponsel sekarang ini sudah terjangkau. Tak heran jika satu orang saja bisa memiliki HP lebih dari satu.

Untuk memulai bisnis ini ada banyak hal yang dapat dipersiapkan. Yang jelas, hal utama yang menjadi pokok adalah terkait ilmu dalam pendalaman service HP. Misalnya terkait ilmu komponen maupun perbaikan. Untuk peralatan, saya rasa masih bisa untuk dimiliki yang paling pokok dulu. Misalnya terkait obeng, dryer, multitester dan komputer.

Analisa Peluang Usaha Service HP


Service HP ini ada 2 jenis yaitu service bagian hardware dan service bagian software. Kalau service bagian hardware memang butuh peralatan yang telah saya sebutkan diatas. Namun untuk service software hanya butuh laptop maupun komputer untuk sebagai pendeteksi kerusakan maupun pergantian software flashing.

Kalau yang paling mudah tentu usaha service HP pada bagian software. Selain perangkat yang dibutuhkan lebih mudah dan simple, harga juga lebih murah dan ilmunya lebih mudah dipelajari. Jika Anda sudah tahu dengan sistem, akan lebih mudah mempelajari sistem Android maupun IOS.

Pergantian software dilakukan ketika ponsel mengalami hal-hal seperti bootloop, stuck logo,. hang, blank dan sering crash. Untuk pergantian software smartphone memang membutuhkan firmware dari setiap jenis handphone yang ada di pasaran. Namun sekarang ini sudah banyak yang menjual berbagai kumpulan firmware yang sudah dikumpulkan di dalam satu hardisk lengkap dengan cara installnya.

Hal ini tentu dapat mempermudah dalam pergantian software smartphone. Kalau memang Anda mempunyai minat untuk membuka usaha ini, sebaiknya juga dibarengi dengan penjualan aksesoris maupun keperluan ponsel jika memang sudah ada tempat khusus untuk buka usaha service HP. Misalnya mulai dari paket data, pulsa, kartu perdana dan aksesoris lainnya.

Jika memang ingin membuka usaha di rumah, solusi yang bagus ada pada jasa flashing ponsel. Hal ini lebih mudah dan untuk modal hanya laptop dan berbagai jenis firmware saja. Tapi Anda harus paham dengan jenis kerusakan ponsel. Karena memang dalam identifikasi yang sama belum tentu kerusakan bisa diperbaiki dengan flashing.

Misalnya saja pada kerusakan seperti bootloop. Kalau di analisa secara sepintas saja kadang hanya butuh flashing. Namun kalau di flashing tidak bisa, bisa juga karena IC nya sudah lemah. Bahkan bisa juga ada pada konsleting komponen lain.

Tarif Jasa Usaha Service HP

Kalau masalah tarif tentu tergantung dari tingkat kerumitan maupun jenis kerusakan pada ponsel yang diperbaiki. Bahkan itupun juga tergantung dari daerah tempat service. Yang relatif sama hanya pada flashing dan penanganan terkait firmware. Biasanya harga yang paling dominan antara 50 sampai 100 ribu dalam sekali flashing.

Peluang usaha service HP pada bagian software saya rasa akan banyak Anda temui di sekitar tempat tinggal Anda. Misalnya kadang ada juga yang lupa kata sandi, lupa pola Android atau bahkan bootloop maupun stuck di logo booting. Kerusakan dan trouble semacam ini yang kadang membuat orang panik dan langsung pergi ke tukang service HP. Untuk dipelajari pun, kalau Anda mengerti sistem smartphone dan komputer saja sudah bisa memperbaiki. Modal pun hanya laptop dan kabel data saja.

Bagaimana, apakah Anda minat ingin membuka usaha ini ? Peluangnya jelas besar dan target market orang disekitar Andal. Bisa juga ditambahkan untuk pengisian dan penginstallan game maupun voucher internet.

JUNIANTO

Conten Writer, Blogger

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak