Blog ini disponsori oleh :

Quotex Broker : Platform Investasi Cerdas Untuk Orang Cerdas 

Bisnis Cafe Sederhana dan Kekinian - Mendulang Rupiah di Pelosok Pedesaan

Ada banyak solusi bisnis yang sekarang ini bisa Anda kembangkan. Bahkan, walaupun Anda di desa sekalipun, tetap bisa menjalankan banyak ide bisnis kekinian. Misalnya saja bisnis cafe sederhana.

Cafe tidak hanya di kota saja, belakangan ini memang ada pembatasan mengenai waktu dan wilayah untuk keluar rumah. Apalagi yang biasanya pergi jalan-jalan malam, semenjak pandemi tentu banyak larangan untuk nongkrong maupun hanya sekedar ngopi. 

Kalau yang ada di pedesaan pastinya akan jenuh, sedangkan telah menjadi kebiasaan kalau malam nongkrong sambil minum kopi, yang kalau orang Jawa Timur menyebutnya dengan sebutan "cangkrukan". Peluang semacam ini bisa Anda manfaatkan untuk membuka usaha konsep bisnis cafe sederhana.

Konsep Bisnis Cafe Sederhana dan Keuntungannya

Bisnis Cafe Sederhana dan Kekinian
Bisnis kafe di pedesaan dengan menu sederhana, foto: Yati Agus

Kalau di desa pastinya masih jarang yang menggunakan konsep bisnis jualan kopi ini. Bisnis cafe memang menguntungkan, namun juga ada strategi jitu untuk bisa menarik banyak pelanggan. 

Beberapa waktu lalu saya mencoba mengidentifikasi bisnis ini secara langsung kepada yang punya cafe. Jam operasionalnya saja cuma dari jam 18.30 sampai jam 01.00 dini hari. Karena memang waktu - waktu jam ini banyak yang masih keluyuran.

Konsep yang digunakan tentu menggunakan ala cafe beneran, cuma untuk harga kopi masih terjangkau untuk kalangan pedesaan. Ditambah lagi dengan gorengan dan beberapa makanan ringan lainnya.

Ada juga bagi yang memang terlanjur lapar bisa memilih menu nasi goreng atau mie rebus, dan ini umum seperti yang ada di cafe lainnya. Hal khusus dan sederhana bisa merubah omset menjadi lebih baik. Celah kecil bisa menghasilkan banyak cuan.

Hanya cukup menerapkan wifi gratis saja sudah bisa mendapatkan ratusan pembeli, bahkan sampai tempat penuh dan sampai mengantri bergantian. Kebanyakan orang memang nongkrong sambil menggunakan wifi. Kondisi pedesaan yang kadang susah dengan jaringan internet, tentu menjadi lokasi yang pas.

Setelah mencoba bertanya dengan yang punya cafe mengenai berapa omset dalam satu malam saja ? Menurutnya kalau sampai penuh dan stabil sampai jam tutup bisa mencapai 800 ribuan. Ini cuma buka sekitar 6 sampai 7 jam saja. Untuk stabilnya sekitar 500 ribuan minimal dalam sehari.

Desain Bisnis Cafe Sederhana

Bisnis Cafe Sederhana dan Kekinian
Foto: Eny Mimi

Untuk desain dari ruangan cafe juga memang terlihat estetik. Mulai dari tempat duduk ala klasik dengan kayu jati, serta model lesehan dengan beberapa hiasan khas warung klasik. Untuk bagian samping hanya menggunakan kulit kayu yang dibuat pagar seperti halnya diluar negeri. Terlihat lebih klasik dan lebih menarik memang. Serta untuk biaya tempat bisnis cafe sederhana ini juga sangat terjangkau. 

Alat yang ada tentu seperti halnya sebuah cafe pada umumnya. Seperti penggiling kopi dan berbagai perasa maupun komposisi kopi dari berbagai wilayah.

Bagi para pecinta kopi, pasti akan mendatangi tempat seperti ini walaupun dengan jarak lokasi yang jauh. Sekarang waktunya Anda mulai menentukan konsep bisnis cafe seperti apa yang ingin Anda terapkan.

Kalau mengusung konsep yang ada di desa tentu mengacu pada jenis produk yang sesuai. Dengan kata lain tentang masalah harga, berikan harga yang terjangkau. Terutama fasilitas dan fitur seperti wifi gratis, alat musik gitar akustik maupun layar lebar yang memutar berbagai film terbaru, atau Anda juga dapat menyajikan konsep nonton bareng/ nobar sepakbola Liga Inggris yang banyak disukai orang.

Teknik menarik pelanggan kalau masih di area pedesaan tentu masih banyak cara kekinian. Yang terpenting masalah kompetitor juga masih jarang. Peluang besar jika di wilayah Anda belum ada tempat khusus untuk ngopi dan nongkrong bareng di malam hari.

Belum ada Komentar untuk "Bisnis Cafe Sederhana dan Kekinian - Mendulang Rupiah di Pelosok Pedesaan"

Posting Komentar

Keuntungan dan Kerugian Day Trading

Apakah yang dimaksud dengan day trading dan apakah keuntungan dan kerugian day trading? Yang dimaksud dengan day trading adalah proses perda...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel