Usaha Ikan Gabus, Usaha Kekinian Paling Profit

Anda pasti sangat meremehkan dengan jenis ikan yang satu ini. Yah, ikan gabus memang kadang hanya menjadi jenis ikan yang sia-sia bahkan sebagian orang beranggapan tidak ada gunanya. Namun, ikan yang satu ini banyak diburu bagi orang yang sehabis menjalani operasi medis. Jadi usaha ikan gabus menjadi peluang yang paling profit sekarang ini.

Mau tidak mau, kalau telah berpikiran tentang uang pasti akan banyak yang menjalankannya. Usaha ikan gabus bisa menjadi solusi pada masa yang ekonomi yang sulit ini. Bahkan hasilnya cukup menggiurkan, banyak juga yang telah menopang dan menghidupi keluarganya dengan cara menjadi peternak ikan gabus.

Ikan gabus juga ada di berbagai tempat, selokan, sawah, sungai maupun kolam ikan. Kebanyakan memang menganggap jenis ikan ini sebagai hama, apalagi bagi para peternak ikan.

Namun jika Anda bisa mengambil peluang, jenis ikan ini sangat banyak yang mencarinya. Cuan dan profit bisa Anda dapatkan.

Cara Bisnis dan Usaha Ikan Gabus dengan Profit yang Melimpah

Usaha Ikan Gabus
Ikan gabus, foto; https://diskan.kutaibaratkab.go.id/

Baca juga:
4 Langkah Usaha Ternak Lele Untuk Pemula, Auto Panen Besar !

Ada banyak cara untuk bisa bisnis ikan Gabus, yang terpenting Anda mau untuk memulainya. Beberapa hal berikut ini bisa menjadi opsi Anda untuk memulai usaha ikan gabus. Diantaranya,

Mencari Ikan Gabus di Sawah, Sungai maupun Selokan

Kalau Anda masih tinggal di pedesaan dan masih banyak sungai serta area sawah, potensi mendapatkan ikan ini sendiri tentu masih besar. Anda bisa mencarinya dengan teknik memancing, menangkapnya dengan cara manual atau menggunakan cara Anda sendiri. 

Bahkan kalau Anda mencarinya sendiri, keuntungan jelas 100 % ada di tangan Anda.Teknik dalam memancing ikan ini juga sangat mudah, bahkan umpan saja bisa berkali-kali Anda gunakan untuk memancing ikan gabus yang lain. 

Mudah dalam penangkapan, walaupun Anda dengan cara manual pun juga mudah. Biasanya ikan gabus akan bersembunyi di balik lubang-lubang pinggiran sungai, kali maupun selokan.

Namun tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaan ikan gabus di alam sekitar kita semakin hari semakin langka, sehingga akan lebih sulit untuk mendapatkan ikan gabus dari alam.

Berternak Ikan Gabus

Kalau mau cara yang lebih genius lagi tentu Anda menjadi peternak. Kalau mencarinya susah, Anda bisa membeli bibit ikan gabus dan membesarkannya. Apakah bisa langsung usaha ikan gabus panen raya ? Tentu saja tidak, sama halnya dengan jenis ikan yang lain, ikan gabus ini juga butuh perawatan baik pakan dan perhatian Anda dengan kondisi airnya setiap hari.

Oke sekarang mungkin Anda akan memilih menjadi peternak ikan gabus. Teknik jitu juga sangat Anda perlukan dalam merawat ikan. Anda bisa memberi makan ikan ini dua kali saja, saya yakin ternak ikan gabus ini lebih mudah daripada ikan yang lain.

Beternak ikan gabus di kolam terpal

  • Gali tanah dengan ukuran sekitar 7 meter, lebar 4 meter dan ketinggian kurang lebih 2 meter.
  • Buatlah kerangka kolam dengan menggunakan bambu atau kayu dengan ukuran yang sama.
  • Pasang terpal dengan rapi dan ikat dengan kuat pada rangka, kemudian isi terpal dengan air dan biarkan selama 3-4 hari untuk menghilangkan kandungan zat-zat kimia yang terkandung dalam terpal. 
  • Berikan kotoran hewan pada kolam dan campurkan air dengan bakteri probiotik, dan biarkan selama beberapa hari agar tumbuh plankton yang nantinya dapat dijadikan pakan dari benih ikan gabus yang alami.
  • Selanjutnya, benih ikan gabus dapat ditebarkan pada kolam, dan biarkan selama 2 hari tanpa diberikan pakan.
  • Untuk kebutuhan pakan dapat diatur komposisi dan jumlahnya disesuaikan dengan pertumbuhan ikan.

Untuk budidaya ikan gabus pada kolam beton, kolam tanah mapun budidaya ikan gabus pada ember pada prinsipnya sama dengan budidaya ikan menggunakan kolam terpal, hanya media untuk budidayanya saja yang berbeda.

Membeli dari Para Peternak Maupun Pencari Ikan

Kalau tidak mau mencarinya sendiri dan tidak ingin untuk berternak ikan gabus, karena mungkin memang Anda sendiri tidak pandai dalam usaha ikan gabus, Solusinya ya menjadi reseller. Anda bisa mengambil ikan gabus dari para pencari ikan, atau bisa juga mengambil dari peternak ikan gabus. Kemudian Anda menjualkannya kembali. Sangat mudah bukan ?

Keuntungannya sedikit ?

Itu tergantung Anda dalam pemasaran, yang jelas kalau mau banyak untung dan profit dalam usaha ikan gabus, Anda harus menggabungkan semua teknik diatas. Anda menjadi reseller, Peternak, dan Anda cukupkan waktu untuk mencarinya sendiri. Kalau ketiganya Anda mainkan, cuan tentu lebih banyak dan Anda akan cepat mempunyai nama terkait usaha Anda.

Seperti yang telah saya amati pada teman saya, yang telah beberapa waktu lalu memulai bisnis ini. Hasilnya cukup lumayan, setiap harinya ia bisa menghabiskan 5 kg lebih ikan gabus. Bahkan tidak ada stok yang tersisa, semua pemesanan via online dan bahkan pre order. Tidak membutuhkan lokasi usaha, karena cukup dari rumah saja. 

Untuk harga per 1 kg ikan gabus saat ini mencapai Rp 85.000 dari peternak usaha ikan gabus maupun pencari ikan. Kalau sudah masuk pasar tentu bisa lebih. jadi kesimpulanya, kapan Anda memulai usaha ?

Belum ada Komentar untuk "Usaha Ikan Gabus, Usaha Kekinian Paling Profit "

Posting Komentar

Peluang Usaha Nasi Box Atau Catering Paling Menguntungkan

Peluang usaha nasi box antara di desa dan di kota tentu jelas berbeda. Namun peluang ini masih banyak dan masih minim untuk kompet...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel