Cara Mendapatkan Uang Dari Saham

Konten [Tampil]

Mungkin Anda para pemula yang baru terjun di bidang investasi saham bertanya-tanya, mengapa investasi saham bisa menguntungkan? Bagaimana sebenarnya Cara Mendapatkan Uang Dari Saham ? Artikel ini akan membahas mengenai hal ini.

Ada dua cara mendapatkan uang dari saham. Tergantung dari tujuan Anda berinvestai saham, mungkin salah satu di antara dua cara ini lebih cocok untuk Anda. Bukan tidak mungkin pula Anda mendapatkan uang dengan gabungan kedua cara ini.


1. Keuntungan dari kenaikan harga saham (apresiasi)

Cara Mendapatkan Uang Dari Saham

Ini adalah cara yang umum untuk memperoleh keuntungan dari investasi saham Anda. Prinsipnya sama seperti perdagangan biasa, Anda membeli dengan harga ynag lebih murah dan menjual kembali dengan harga yang lebih tinggi. Hanya saja bedanya yang diperdagangkan bukanlah barang, melainkan “kepemilikan” suatu perusahaan dalam bentuk saham. Strategi atau cara ini umumnya lebih untuk “jangka pendek” bagi para investor yang khawatir jika harga saham akan turun lagi.

Bagi Anda para investor yang ekstrim, cara ini bisa menjadi cara mendapatkan uang yang sangat menguntungkan, dengan melakukan “day trading”. Yang dimaksud dengan day trading ialah Anda berjual beli banyak saham dalam sehari dengan tujuan mencari keuntungan dari kenaikan atau penurunan harga saham dalam periode hari yang sama. Biasanya setelah hari itu selesai dan pasar saham sudah tutup, Anda sudah tidak punya saham di tangan lagi. 

Bukan hal yang jarang seorang investor saham yang menggunakan cara ini bisa memperoleh puluhan juta rupiah dalam seharinya. Tetapi, bukan tidak mungkin pula Anda kehilangan jumlah yang sama juga dalam sehari. Tentu saja, selama persentase Anda “untung/menang” lebih tinggi daripada persentase Anda “rugi/kalah”, cara ini oke-oke aja Anda lakukan. Walaupun mungkin bagi sebagian orang cara ini sangatlah beresiko, selama Anda tahu betul apa yang Anda lakukan dan bukan hanya sekedar coba-coba atau ikut-ikutan saja, ini bisa menjadi aktivitas yang sangat menguntungkan (dan juga menegangkan )


2. Keuntungan dari Dividen (Bagi Hasil)

Ini adalah cara untuk memperoleh keuntungan melalui saham dalam jangka panjang. Dengan memiliki saham Anda sebenarnya memiliki sebagian dari perusahaan tersebut. Karena itu, di akhir tahun Anda juga “berhak” memperoleh bagian dari keuntungan perusahaan tersebut. Tentu saja besarnya pembagian keuntungan yang Anda peroleh tergantung dari jumlah saham yang Anda miliki, jumlah saham yang beredar, dan juga kebijakan perusahaan tersebut mengenai cara pembagian keuntungan untuk para pemegang saham. Cara ini biasanya digunakan oleh investor yang ingin lebih “main aman”.

Tentu saja supaya Anda memperoleh dividen, Anda harus membeli saham dari perusahaan yang sudah terbukti memiliki keuntungan setiap tahunnya berdasarkan laporan keuangannya. Ini biasanya dilakukan untuk perusahaan-perusahaan besar (atau biasanya dikenal dengan istilah “blue chip company”).  Syarat lainnya juga adalah, Anda harus memiliki saham perusahaan tersebut pada hari pembagian hasil keuntungan saham. Bukan hal yang jarang untuk perusahaan-perusahaan yang bagus, selain bisa memberikan Anda keuntungan dari dividen, juga bisa memberikan keuntungan dari kenaikan harga saham setelah setahun.

Demikian pembahasan mengenai cara mendapatkan uang dari saham. Di pembahasan berikutnya, kita akan belajar cara mengevaluasi saham.



Sumber: investasisaham.net

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak